Jangan Disepelekan, Ini 5 Alasan Penting Gunakan Primer Saat Make Up

Kamis, 25 Agustus 2022 | 19:30:00

Jangan Disepelekan, Ini 5 Alasan Penting Gunakan Primer Saat Make Up

Ilustrasi cara atasi jerawat di kulit kering. (Special)

Ladiestory.id - Primer menjadi  salah satu rangkaian make up yang sering kali disepelekan. Biasanya, mereka beralasan karena wajah sudah menggunakan skin-prep sebelum make up.

Primer adalah dasar pada foundation atau riasan yang membuat hasil make up menjadi lebih halus dan tahan lama. Fungsi primer pada umumnya adalah membantu menyamarkan pori-pori, sehingga make up yang menempel pada wajah akan terlihat flawless.

Berikut 5 Alasan penting menggunakan primer saat make up.

Samarkan pori-pori wajah

Ilustrasi pori-pori wajah. (Special)

Bagi kamu yang memiliki pori-pori wajah besar, kamu perlu untuk menggunaan primer. Saat kamu menggunakan make up dengan kondisi kulit wajah yang memiliki pori-pori besar, akan membuat make up tidak menempel dengan sempurna.

Biasanya, orang yang memiliki pori-pori besar adalah pemiliki jenis wajah berminyak. Hal ini disebabkan oleh produksi sebun yang berlebihan pada kulit wajah. Kandungan primer dapat mengecilkan pori-pori kulit wajahmu tanpa menyumbatnya.

Oleh karena itu, penggunaan primer sangatlah penting untuk kulit berminyak agar make up dapat hasil yang sempurna. Selain itu, primer juga dapat mencegah minyak berlebih pada wajah dengan jangka waktu yang lama. Orang yang memiliki jenis kulit berminyak, akan terlihat jelas saat menggunakan make up. Jadi, kamu bisa cegah itu dengan penggunaan primer.

Mencegah crack saat make up

 

Ilustrasi perempuan make up. (Special)

Saat menggunakan make up, tanpa sadar make up menjadi crack atau berlapis di area wajah. Tentu, ini menyebabkan kamu tak percaya diri dan membuat make up terlihat berantakan.

Make up yang crack biasanya terjadi pada kulit wajah kering. Awalnya, ingin menutupi dark circle atau garis halus di wajah, nyatanya malah make up jadi crack parah. Namun, kamu tak perlu khawatir. Kamu bisa gunakan primer untuk mencegah crack pada make up. Kamu bisa gunakan primer sebelum menggunakan complexion dan kamu bisa tambahkan concealer.

Meratakan kulit

Ilustrasi hasil make up. (Special)

Banyak wanita yang masih menyepelekan penggunaan primer. Pemakaian primer sangatlah penting agar make up kamu terlihat flawless. Selain itu, primer juga dapat meratakan kulit. Kamu bisa gunakan primer pada area bekas jerawat dan T zone yang cenderung berminyak.

Kamu akan mendapatkan hasil make up yang berbeda dibanding tidak menggunakan primer. Karena primer sendiri dapat menciptakan dasar atau lapisan antara kulit dan make up.

Make up tahan lama

Ilustrasi make up. (Special)

Padatnya aktivitas seharian sering menyebabkan make up terhapus atau cepat oksidasi. Hal ini biasanya disebabkan oleh udara di luar atau pun keringat di kulit wajah. Kamu dapat mengandalkan fungsi primer agar make up dapat tahan lama.

Pengganti pelembab

Memakai skincare. (Special)

Jika moisturizer atau pelembab kamu habis saat ingin makeup, kamu tak perlu khawatir!

Kamu bisa aplikasikan primer untuk mengganti pelembab. Tujuan primer, selain menyamarkan pori dan kerutan, juga dapat menghidrasi kulit wajah. Sangatlah penting untuk membuat kulit wajah lembab, apalagi kamu yang memiliki jenis wajah kering.