Jangan Kasih Kendor! Ini 3 Tips Jaga Sistem Imun

Jumat, 10 Juni 2022 | 00:01:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Jangan Kasih Kendor! Ini 3 Tips Jaga Sistem Imun

Tips tingkatkan sistem imun (Special)

Ladiestory.id - Daya tahan tubuh atau sistem imun berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah infeksi. Untuk itu perannya sangat tidak bisa disepelekan. Apalagi di tengah banyaknya varian virus yang semakin mengkhawatirkan. Mulai dari virus Covid-19 yang masih belum usai, hepatitis misterius, bahkan sampai cacar monyet.

Kondisi dunia saat ini memang memprihatinkan. Virus Covid-19 masih belum selesai, muncul lagi hepatitis misterius yang membingungkan karena masih belum diketahui pasti apa penyebabnya. Kemudian baru-baru ini dikabarkan virus cacar monyet yang mulanya muncul di negara Republik Demokratik Kongo pada 1970 kembali mewabah di negara-negara non-endemik.

Hal ini tentunya sangat meresahkan masyarakat. Untuk itu, kita perlu melakukan tindakan preventif supaya terhindar dari virus-virus berbahaya tersebut. Salah satunya dengan menjaga sistem imun.

Jika sistem imun kita menurun, maka tubuh akan rentan terkena penyakit. Turunnya sistem imun dapat dipengaruhi berbagai faktor, seperti kekurangan nutrisi, kurang makan sayur dan buah, konsumsi makanan tinggi lemak, kurang tidur, stress, merokok, hingga kurangnya olahraga.

Nah, berikut Ladiestory.id sudah merangkum beberapa tips untuk menjaga sistem imun.

Konsumsi Makanan Bergizi

Menu Makanan. (Special)

Sistem imun sangat bergantung pada apa yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk itu, perlu kesadaran diri untuk menjaga makanan yang akan kita konsumsi.

Makanan dengan kandungan zinc, zat besi, serta vitamin A, B12, B6, C, dan E akan sangat membantu tubuh kita untuk meningkatkan sistem imun.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Ilustrasi perempuan sehat. (Special)

Berdasarkan penelitian yang sudah ada, konsumsi buah dan sayur dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Sayur dan buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dapat membantu memperkuat sistem imun untuk melawan virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Untuk cara konsumsinya bervariatif. Kamu bisa mengkonsumsi secara langsung buah atau sayur, atau juga bisa mengkonsumsinya dalam olahan jus. Tapi pastikan takaran gulanya juga tidak berlebih ya. Akan lebih bagus lagi jika jus tidak ditambah campuran gula atau air.

Istirahat yang Cukup

Tidur yang Cukup. (Special)

Saat tidur, tubuh akan memproduksi sitokin. Sitokin adalah protein yang dapat memperkuat sistem imun. Untuk memaksimalkan produksi sitokin ini, kita harus mendapat jam tidur yang cukup. Umumnya orang dewasa membutuhkan jam tidur 7-9 jam per harinya.

Itu dia beberapa tips untuk meningkatkan sistem imun. Sebisa mungkin juga hindari stress dan rajin berolahraga ya! Supaya tubuh tetap segar dan bugar.

s