Jangan Khawatir! 5 Makanan Ini Siap Bantu Atasi Cacar Monyet

Minggu, 14 Agustus 2022 | 17:30:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Jangan Khawatir! 5 Makanan Ini Siap Bantu Atasi Cacar Monyet

Makanan untuk mengatasi cacar monyet. (Special)

Ladiestory.id - Penyakit cacar monyet kini  menjadi salah satu wabah yang menjadi perhatian WHO. Cacar monyet sendiri merupakan infeksi virus yang ditandai dengan bintil bernanah pada kulit. Penyakit ini juga dikenal sebagai Monkeypox dan pertama kali muncul di negara Republik Demokratik Kongo pada 1970.

Mulanya, penyakit ini memiliki gejala serupa dengan cacar air. Namun, seiring berkembangnya penyakit ini, bintil yang tadinya hanya berair kini menjadi bernanah dan menimbulkan benjolan di leher, ketiak, hingga selangkangan akibat pembekakan kelenjar getah bening.

Untuk mengatasi penyakit ini, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa mengonsumsi lima makanan berikut ini.

Makanan Kaya akan Protein

Makanan untuk mengatasi cacar monyet. (Special)

Dalam menghadapi virus cacar monyet, tubuh memerlukan sebuah pertahanan yang kuat melalui nutrisi. Hal tersebut bisa kamu dapatkan pada makanan kaya akan protein. Sebab, makanan yang memiliki kandungan protein tinggi akan memperkuat kekebalan serta membantu memperbaiki kerusakan sel yang terjadi.

Mengonsumsi Telur

Makanan untuk mengatasi cacar monyet. (Special)

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi. Namun, ada juga nutrisi lain yang terkandung pada telur.  Salah satunya vitamin A, D, E, kolin, zat besi dan folat yang membantu meningkatkan Kesehatan otot, produksi energi, serta sistem kekebalan tubuh. Selain itu, telur juga memiliki sumber selenium yang merupakan nutrisi penting untuk melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif serta infeksi. Namun, untuk mengkonsumsi telur perlu memperhatikan takaran yang wajar atau konsultasikan dengan dokter.

Buah yang Mengandung Vitamin C

Makanan untuk mengatasi cacar monyet. (Special)

Buah-buahan memiliki kandungan antioksidan yang kuat, serta vitamin C yang dapat membantu pertumbuhan sel darah putih yang dapat membantu melawan penyakit dan infeksi. Sumber vitamin C ini bisa ditemukan lewat buah jeruk, lemon, kiwi, stroberi, amla, pepaya, ceri dan buah-buahan lainnya. Selain itu, kamu juga dapat mengkonsumsi multivitamin mengandung vitamin C.

Daun Kemangi

Makanan untuk mengatasi cacar monyet. (Special)

Selain untuk menambah lezat sebagai lalapan, daun kemangi memiliki sumber anti-inflamasi, antibakteri, serta antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun ini terbukti bemanfat untuk mengatasi gejala itu biasa. Selain itu, daun kemangi juga ampuh mengatasi jerawat, menjaga kesehatan sistem pencernaan, mencegah kanker, serta mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi.

Makanan Mengandung Probiotik

Makanan untuk mengatasi cacar monyet. (Special)

Sumber probiotik terbukti dapat menyembuhkan usus serta Kesehatan secara keseluruhan. Beberapa di antaranya bisa ditemukan lewat bawang putih, bawang merah dan juga buah pisang. Selain itu, bisa juga ditemukan pada makanan sejenis kismis. Makanan ini juga disebut sebagai pendingin bermanfaat, Ladies!

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi cacar monyet atau monkeypox. Selain itu, jangan lupa untuk selalu rutin olahraga dan menjaga pola hidup sehat. Selamat mencoba dan sehat selalu, Ladies!