Jangan Rakus! Ini 8 Cara Detox Wajah Berjerawat

Rabu, 1 September 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Jangan Rakus! Ini 8 Cara Detox Wajah Berjerawat

Foto: Ladiestory.id

Jerawat merupakan satu hal yang menjengkelkan bagi semua orang terutama kaum hawa. Tentu dengan adanya jerawat dapat membuat kepercayaan diri menurun.

Bagaimana Cara Detox Wajah Berjerawat?

Banyak cara dilakukan akan jerawat hilang, mulai dari rutin memakai skincare hingga perawatan muka dengan harga jutaan rupiah. Sebenarnya ada hal sederhana yang bisa membantu kita untuk menghilangakan jerawat. Salah satunya adalah dengan cara detox wajah berjerawat.

Detox wajah adalah adalah proses membersihkan kulit dari kotoran yang menempel. Kotoran ini bisa dari udara yang kotor ataupun polutan. Hal ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati dan untuk memperbarui dan merevitalisasi kulit kembali seperti biasanya.

Makanan yang Harus Dihindari Untuk Detoks Wajah Berjerawat

Terutama detox wajah ini sangatlah membantu untuk menghindari bahkan menghilangkan jerawat di muka. Salah satu cara detox wajah berjerawat adalah dengan memperhatikan apa yang kita makan dan minum. Lalu apa saya yang harus dikonsumsi selama proses detox wajah berjerawat?

Agar proses detoks lebih maksimal, beberapa makanan perlu untuk dihindari. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari untuk detoks wajah berjerawat.

1. Batasi konsumsi gula

Cara Detox Wajah Berjerawat
Foto: Ladiestory.id

Rupanya gula merupakan salah satu makanan yang harus dihindari agar dapat men-detox wajah berjerawat. Hal ini bukan berarti tidak mengonsumsi gula ya. Namun membatasi gula yang kita konsumsi.

Terlebih jika kamu sedang dalam proses untuk detox wajah berjerawat, maka perlu berhati-hati jika mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula. Coba batasi konsumsi gula selama beberapa hari dan lihat hasilnya kemudian.

2. Kurangi makanan cepat saji

Cara Detox Wajah Berjerawat
Foto: Ladiestory.id

Memang makanan cepat saji menjadi favorit kebanyakan orang terutama kaum milenial. Namun siapa sangka, makanan ini menjadi pemicu timbulnya jerawat. Hal ini disebabkan makanan cepat saji biasanya mengandung minyak yang dapat memicu inflamasi dan menyebabkan jerawat.

Jika kamu sedang menjalani detox wajah berjerawat, maka sebaiknya hindari makanan cepat saji. Jika memang harus mengonsumsi makanan tersebut, setidaknya imbangi dengan perbanak minum air putih dan buah-buahan.

3. Hindari mengonsumsi susu sapi berlebih

Cara Detox Wajah Berjerawat
Foto: Ladiestory.id

Susu sapi yang terkenal memiliki banyak gizi rupanya menjadi salah satu hal yang tidak boleh dikonsumsi ketika detox wajah berjerawat. Hal ini juga sudah disebutkan dalam sebuah penelitian tahun 2010.

Bahwa  susu sapi bisa meningkatkan gula darah yang berdampak pada meningkatnya risiko inflamasi. Kadar insulin pun bisa meningkat sehingga meningkatkan produksi minyak pada kulit atau sebum.

Sebab susu sapi memiliki kandungan dan manfaat yang baik untuk tubuh, jadi bukan dimaksud untuk melarang minum susu sapi. Namun lebih tepatnya, jangan mengonsumsi susu sapi secara berlebihan.

4. Hindari makanan dengan glikemik tinggi

Cara Detox Wajah Berjerawat
Foto: Ladiestory.id

Roti, nasi, kue kering, dan keripik merupakan contoh makanan dengan glikemik tinggi. Nah, makanan tersebut rupanya juga dapat memicu timbulnya jerawat.

Oleh sebab itu, disarankan untuk menganti pilihan makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti memperbanyak sayur, kentang, dan mengganti nasi putih dengan beras merah atau ubi.

Berikut menu diet untuk detoks wajah berjerawat.

1. Sarapan dengan mengonsumi banyak serat

Cara Detox Wajah Berjerawat
Foto: Ladiestory.id

Sarapan merupakan hal yang penting dan tidak boleh ditinggalkan. Meski sederhana, namun jangan biarkan perut kosong sebelum memulai aktivitas.

Untuk kamu yang sedang detox wajah berjerawat, menu sarapan tepat adalah makanan yang kaya serat untuk membersihkan kelebihan lemak dan kolesterol. Sedangkan untuk minumannya kamu bisa memilih  jus lemon dan air hangat, tambahkan sedikit madu jika dirasa perlu.

2. Minum jus untuk detox wajah

Cara Detox Wajah Berjerawat
Foto: Ladiestory.id

Kamu perlu memenuhi kebutuhan antioksidan dengan mengkonsumsi jus buah tanpa gula. Buah yang disarankan untuk dibuat jus antara lain acai-berry, cranberry dan blueberry.

Selain itu, agar detox wajah secara maksimal, minumlah jus pahit. Kamu bisa mencampurkan labu segar, buah bit, wortel, tomat dan lobak sebagai minuman jus untuk detox wajah.

3. Perbanyak konsumsi buah-buahan

Cara Detox Wajah Berjerawat
Foto: Ladiestory.id

Buah-buahan tentu sangat penting bagi tubuh manusia. Terlebih bagi kamu yang sedang melakukan proses detox wajah berjerawat. Maka dari itu, kamu harus mengonsumsi buah segar tiap hari terutama anggur, jeruk bali, limun dan blewah.

4. Jangan lewatkan sayur-sayuran mentah

Cara Detox Wajah Berjerawat
Foto: Ladiestory.id

Rupanya lalapan dan sayur mentah memiliki vitamin dan mineral yang tidak boleh dilewatkan. Oleh sebab itu, kamu bisa menambahkan lalapan atua sayuran mentah ke menu makan siang kamu.

Ataupun kamu bisa membuat salad dari bayam, wortel, brokoli, timun, tomat, ubi jalar, kubis merah dan yoghurt asam sehingga rasa lebih nikmat.

5. Konsumsi buah untuk camilan sebelum tidur

Cara Detox Wajah Berjerawat
Foto: Ladiestory.id

Sebelum tidur malam, kamu juga harus menyiapkan cemilan sebagai salah satu cara detox wajah berjerawat. Kamu bisa meracik buah-buahan seperti apel, semangka, buah persik, plum, alpukat dan aprikot untuk dikonsumsi.

Inilah cara detox wajah berjerawat yang bisa dilakukan. Memang hasilnya tidak dapat dilihat secara instan. Untuk itu butuh konsisten dalam menjalankan proses detox wajah ini.

Berita Terkait