Jangan Sembarangan! 5 Campuran Buah Ini Tidak Boleh Dibuat Jus Secara Bersamaan

Thursday, 22 Jul | 19:18:56

LS Health

Penulis : LS Health

Jangan Sembarangan! 5 Campuran Buah Ini Tidak Boleh Dibuat Jus Secara Bersamaan

Foto: Ladiestory.id

Ketika Anda mengonsumsi buah, tubuh bisa menerima asupan gizi yang sehat, baik dari mencegah obesitas, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan risiko penyakit, sampai menjaga kesehatan organ tubuh.

Itu semua diperoleh sebab banyaknya nutrisi yang ada pada buah.

Bagi Anda yang malas mengonsumsi buah dengan bentuk utuh, kreasi olahan kombinasi buah menjadi jus yang boleh dicoba nih.

Namun Anda perlu berhati hati ketika mengolah jus tersebut.

Campuran jus buah yang tidak baik untuk ubuh perlu Anda waspadai. Buah dan sayur memang memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Tetapi, terdapat sebagian buah dan sayur yang tidak boleh Anda campurkan sebab tidak baik bagi tubuh.

Memakan buah dan sayuran secara langsung terkadang dinilai berat dan susah ditelan untuk kebanyakan orang.

Oleh sebab itu, mengonsumsi buah dan sayur dengan bentuk jus menjadi solusi tepat. Selain segar, rasanya pun juga nikmat sebab telah dikombinasikan dengan es dan susu. Campuran jus buah yang tidak baik untuk tubuh mesti Anda hindari.

Dikatakan, jika kita mencampur beberapa buah dan sayuran ini bukannya membuat sehat tubuh tapi justru menimbulkan racun dan dapat membunuh. Di bawah ini adalah buah yang tidak boleh dicampur untuk jus.

1. Nanas dan Susu

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Kandungan bromelain pada nanas yang dipadukan dengan susu tak baik untuk tubuh. Bromelain sendiri merupakan enzim protease yang bisa membantu proses pencernaan protein. Jenis makanan yang mengandung enzim yaitu nanas.

Bagian dari buah nanas yang paling banyak mengandung bromelain yakni bagian batang. Bila Anda mengkombinasikan dua bahan ini maka serangkaian masalah akan timbul. Baik dari mual, sakit perut, diare dan sakit kepala.

2. Jeruk dan Wortel

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Pasti kalian bertanya-tanya, mengapa jeruk dan wortel tidak boleh dicampur, ya? Karena kombinasi keduanya memang lazim dan telah banyak dijual di toko jus buah.

Kenyataannya, perpaduan jeruk dan wortel ini bisa mengakibatkan refluks empedu, dan membuat naiknya asam lambung.

Dengan begini, setelah Anda mengonsumsinya, perut akan terasa mulas. Bahkan risiko paling bahaya yaitu bisa merusak ginjal.

3. Pepaya dan Lemon

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Campuran jus buah yang tidak baik untuk tubuh selanjutnya yaitu pepaya dan lemon.

Dari kelihatannya saja dua buah-buahan ini memang tidak cocok untuk dicampur menjadi satu. Ternyata hal itu dianggap benar.

Selain memengaruhi kadar hemoglobin, campuran pepaya dan lemon juga meningkatkan risiko anemia.

Jus Pepaya dan lemon juga disarankan dokter untuk tidak dikonsumsi bagi anak-anak.

4. Jambu dan Pisang

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Siapa yang tidak suka dengan jambu dan pisang? Kedua buah ini sangat mudah dijumpai, baik dari gerai buah, dibuat pada kemasan minuman, sampai ditanam di pekarangan rumah.

Tetapi, campuran jambu dan pisang nyatanya memiliki khasiat buruk untuk tubuh.

Jika Anda mencampurkan keduanya, hal yang bisa terjadi adalah menyebabkan risiko peningkatan kadar keasaman dalam darah. Dengan demikian, kalian akan merasakan sakit kepala sampai mual.

5. Tomat dan Timun

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Tomat yang mengandung sumber vitamin C tidak baik dikombinasikan dengan timun, yang pada dasarnya mengandung penyerapan vitamin C.

Bila keduanya dikonsumsi dengan bersamaan, maka vitamin C yang seharusnya berkhasiat untuk tubuh justru menjadi masalah.

Dengan demikian, perpaduan tomat dan timun menjadi jus bukanlah pilihan yang baik karena akan membuat saluran pencernaan Anda bermasalah.

Jangan sembarang dalam mencampurkan buah ketika membuat jus ya.

Berita Terkait