Jangan Tahan Tangismu! Ini Manfaatnya Bagi Tubuh

Senin, 10 Oktober 2022 | 18:11:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Jangan Tahan Tangismu! Ini Manfaatnya Bagi Tubuh

Ilustrasi perempuan menangis. (Special)

Ladiestory.id - Setiap orang pasti pernah mengeluarkan air mata untuk meluapkan perasaannya. Sayangnya, menangis masih sering dianggap sebagai suatu bentuk kelemahan.

Menangis adalah hak yang dapat dilakukan oleh perempuan maupun laki-laki. Sehingga tak ada hubungannya antara sifat lemah dengan menangis.

Selain itu, dilansir dari berbagai sumber, menangis memiliki manfaat bagi kesehatan lho. Meskipun kamu tengah merasa sedih hingga harus menangis, namun ada hal baik yang kamu dapatkan. 

Berikut beberapa manfaat menangis yang dirangkum oleh Ladiestory.id.

Tingkatkan Suasana Hati

Ilustrasi perempuan menangis. (Special)

 Menangis merupakan cara untuk mengeluarkan emosi negatif dalam dirimu. Sehingga, saat emosi tersebut sudah keluar, kamu tentu akan merasa lebih baik.

Diketahui, ketika menangis, tubuh sedang melepaskan tubuh dari racun dan hormon dalam meningkatkan stress. Lebih jauh, menangis dapat mengontrol tekanan darah.

Kurangi Rasa Sakit

Ilustrasi perempuan menangis. (Special)

 

Sebuah studi dari Frontiers in Psychology mengungkapkan bahwa ketika menangis, hormon oksitosin dan edorfin turut lepas. Diketahui hormon ini dapat meringankan rasa sakit fisik dan emosional sehingga membuatmu merasa lebih baik.

Lebih Tenang

Ilustrasi perempuan sedih atau galau. (Special)

Menangis rupanya dapat mengaktifkan saraf-saraf parasimpatis yang dapat membuatmu lebih rileks. Sehingga, menangis dapat membuat dirimu menjadi lebih tenang. 

Umumnya, kamu juga akan lebih mudah tidur setelah menangis.

Kurangi Stres

Ilustrasi mengalami stres (Special)

Menurut penelitian, ketika menangis, tubuh akan mengeluarkan hormon stres dan bahan kimia lainnya. Sehingga menangis dipercaya juga dapat mengurangi stres.

Hal ini tentu dapat membantumu untuk lebih baik dalam menghadapi dan mengelola stres kedepannya, bukan?

Tingkatkan Penglihatan

Kesehatan Mata. (Special)

Salah satu fungsi air mata adalah menjaga kelembaban area mata. Mata yang kering tentu memberikan efek tak baik bagi penglihatan dan kesehatan.

Tahukah kamu bahwa menangis dapat dijadikan pelumas bagi mata yang membantu penglihatan menjadi lebih jelas. Hal ini diungkapkan oleh National Eye Institute.