Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | JENIS KIMCHI YANG POPULER DI KOREA SELATAN

Jenis Kimchi Yang Populer Di Korea Selatan

LS Culinary
Sabtu, 26 Desember 2020 | 12:41:40
Durasi baca: 2 menit, 36 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Jenis Kimchi Yang Populer Di Korea Selatan

Merebaknya drama Korea membuat gaya hidup dari negara Ginseng menjadi kian terkenal. Salah satunya adalah soal kuliner orang Korea. Makanan Korea yang kini menjadi santapan populer di Indonesia adalah kimchi. Makanan yang satu ini sering sekali muncul di tengah-tengah adegan drama Korea. Kalau di drama biasanya kimchi dimakan bersama dengan ramen atau mie rebus.

Kimchi sendiri merupakan sejenis acar dari berbagai bahan sayuran. Warnanya merah karena dicampur dengan pasta cabai. Kimchi punya cita rasa yang cukup unik, pencampuran rasa asam, pedas, dan sensasi dingin. Tak mengherankan kalau kimchi ini jadi salah satu ikon kuliner yang populer dari Korea Selatan. Saat ini pun sudah banyak restoran Korea yang menjajakan kimchi di Indonesia. Mungkin kebanyakan dari kamu hanya mengetahui kimchi yang terbuat sawi saja. Tidak salah, memang jenis kimchi tersebut terbilang yang paling umum. Tapi tahukah kamu, ternyata makanan yang konon telah ada sejak 900 masehi ini ternyata memiliki banyak jenis. Bahan-bahan yang digunakannya pun juga beraneka ragam. Langsung saja, berikut ini adalah jenis kimchi yang populer di Korea Selatan dan wajib kamu coba.

1. Baechu kimchi

Baechu kimchi merupakan salah satu jenis kimchi yang populer. Tak ayal, hidangan yang satu ini sudah tidak asing lagi di mata orang non Korea. Kimchi ini berbahan dasar kubis yang difermentasikan dengan bumbu cabai bubuk, bawang putih, dan minyak ikan. Umumnya, hidangan ini kerap disajikan sebagai pendamping makanan utama. Tidak hanya itu saja, masyarakat di sana juga kerap menggunakannya sebagai bahan tambahan pada nasi goreng dan sup kimchi.

Baca juga: 5 Drama Korea Tentang Wanita Tangguh dan Mandiri

2. Chonggak kimchi

Kimchi dengan bahan dasar lobak ini sekilas tidak jauh berbeda seperti kimchi pada umumnya. Perbedaan dari chonggak kimchi terletak dari rasa pedas yang dihasilkannya. Kimchi jenis ini dikenal memiliki sensasi pedas yang lebih kuat. Untuk teksturnya, chonggak kimchi lebih renyah dibanding jenis lainnya karena menggunakan bahan utama lobak.

3. Oisobagi kimchi

Jika masyarakat Indonesia kerap mengolah timun sebagai acar, lain halnya bagi masyarakat Korea. Di sana, timun diolah menjadi kimchi dengan nama oisobagi kimchi. Kimchi jenis ini menggunakan bahan dasar mentimun segar yang diolah dengan cara memotongnya di bagian atas, kemudian diisi dengan potongan sayuran yang telah dibumbui. Beberapa sayuran di antaranya adalah lobak, wortel, dan kubis. Oisobagi kimchi kerap dihidangkan sebagai pelengkap menikmati sup lobak.

4. Bossam kimchi

Kata bossam bermakna dibungkus atau diperban. Sesuai namanya, kimchi jenis ini menggunakan proses pembungkusan dengan cara tersebut. Proses pembuatanya dilakukan dengan menggunakan buah-buahan dan kacang-kacangan, serta makanan laut yang dibumbui cabai bubuk, bawang putih, dan minyak ikan. Kemudian, bahan-bahan tersebut dibungkus dengan kubis. Asal kamu tahu, ternyata kimchi jenis ini merupakan salah satu jenis kimchi dengan proses pembuatan yang sulit, lho.

5. Gat kimchi

Masih menggunakan sayuran yang sama, yaitu kubis, gat kimchi menggunakan kubis hijau yang difermentasikan sebagai bahan dasarnya. Sekilas, gat kimchi memiliki proses pembuatan yang tidak jauh berbeda dengan baechu kimchi, hanya saja gat kimchi memiliki rasa yang lebih asam dan tekstur yang tidak terlalu berair. Gat kimchi kerap dihidangkan di provinsi Cholla dan menjadi hidangan populer di sana.

Nah, itulah  jenis kimchi yang populer dan disukai di Korea Selatan yang pastinya wajib kamu coba. Kira-kira, kamu pernah mencoba jenis kimchi yang mana, nih? Atau mungkin sudah mencicipi semuanya?

Baca juga: Drama Korea Cocok Menemani Waktu Ngabuburit


Sumber Foto Utama: Freepik.com

jenis kimchi Resep Kimchi Rasa Kimchi Kimchi Kimchi Korea

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle