Wajib Tahu, Ini Segudang Manfaat Kimchi bagi Kesehatan Tubuh

Kamis, 28 Juli 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Wajib Tahu, Ini Segudang Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat kimchi bagi kesehatan. (Special)

Ladiestory.id - Kimchi merupakan salah satu makanan khas Negeri Ginseng yang kerap muncul di drama Korea Selatan. Bahkan, hidangan yang termasuk banchan ini diibaratkan seperti sambal jika di Indonesia. Artinya, tak ada kimchi, makan pun serasa tak lengkap.

Kimchi memiliki beberapa macam varian, mulai dari kimchi lobak, kimchi sawi, hingga kimchi pir. Orang asing kerap takut mencoba kimchi lantaran memiliki warna yang sangat merah. Kebanyakan mereka takut kepedesan saat mengonsumsi kimchi.

Namun, rupanya kimchi memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh loh. Apa saja itu?

Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat kimchi bagi kesehatan. (Special)

Rupanya kimchi juga bermanfaat untuk mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung. Hal tersebut pun langsung diungkapkan oleh negara asal kimchi itu sendiri.

Para peneliti di Korea Selatan menemukan kimchi mengandung asam propionat. Selain itu, kimchi juga mengandung anti-aterosklerosis yang berasal dari aktivitas penurunan lipid, anti-inflamasi dan antioksidan.

Berbagai kandungan inilah yang mampu membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Penelitian tersebut dilakukan melibatkan beberapa tikus.

Hewan yang dianggap menjijikan itu dibagi menjadi dua kelompok. Selama dua minggu, dua kelompok tikus itu mengonsumsi dua makanan yang berbeda.

Kelompok tikus pertama diberikan ekstrak metanol kimchi. Sementara kelompok tikus kedua diberikan air suling. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok pertama menunjukkan konsentrasi plasma dan lipid hati lebih rendah dibandingkan kelompok kedua.

Itu artinya, kimchi mampu menjaga kesehatan jantung, termasuk manusia.

Tingkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat kimchi bagi kesehatan. (Special)

Kimchi sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi di masa pandemi. Pasalnya, kimchi mampu meningkatkan imunitas tubuh seseorang.

Hal ini disebabkan lantaran kimchi mengandung probiotik, klorofil, karotenoid, fenol dan vitamin C. Semua kandungan tersebut sangat berpengaruh bagi sistem imunitas tubuh.

Terlebih kandungan vitamin C yang dikenal mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin jenis ini mampu melawan infeksi, terutama saat bergabung dengan antioksidan lainnya.

Selain itu, kandungan di dalam vitamin C juga berfungsi untuk kesehatan kulit. Terbukti kimchi yang dikonsumsi memiliki sifat anti-aging.

Pasalnya, kandungan Vitamin C yang bercampur dengan antioksidan mampu merangsang produksi kolagen. Diketahui sendiri, kolagen menjadi sumber utama agar kulit tetap terlihat elastis dan kenyal. Sehingga mengonsumsi kimchi mampu memperlambat proses penuaan dini.

Turunkan Berat Badan

Manfaat kimchi bagi kesehatan. (Special)

Apakah kamu sedang menjalankan program diet? Jika iya, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kimchi. Ya, makanan pedas asam ini dapat menjadi alternatif lain atau sebagai makanan pendamping saat mengonsumsi dada ayam yang hambar.

Bahkan, banyak wanita Korea Selatan yang menggunakan kimchi sebagai salah satu metode menurunkan berat badan. Rupanya makanan yang melalui proses fermentasi seperti kimchi ini mampu menurunkan berat badan.

Selain itu, kimchi dikenal mengandung kalori yang rendah. Namun, tinggi akan serat dan banyak pribotik di dalamnya sehingga aman untuk menjaga kesehatan maupun berat badan.

Turunkan Kolesterol

Manfaat kimchi bagi kesehatan. (Special)

Tak hanya membantu kesehatan jantung. Mengonsumsi kimchi juga berperan bagi kesehatan tubuh lainnya. Disebutkan mengonsumsi kimchi secara rutin mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Beberapa penelitian menyebut mengonsumsi kimchi dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) yang lebih rendah. Hal ini disebabkan lantaran kimchi dibuat dari berbagai bahan yang menawarkan potensi manfaat kesehatan tubuh.

Bantu Perbaiki Sistem Pencernaan

Manfaat kimchi bagi kesehatan. (Special)

Alih-alih takut perut mules, rupanya mengonsumsi kimchi mampu memperbaiki sistem pencernaan tubuh. Pasalnya, kimchi memiliki kandungan probiotik yang banyak.

Diketahui makanan yang melalui proses fermentasi memiliki kandungan probiotik yang baik. Selain yogurt, makanan yang melalui tahap fermentasi bisa didapatkan melalui kimchi.

Saat seseorang mengonsumsi kimchi, maka sama saja sedang mengurangi risiko munculnya masalah pencernaan.

s