8 Jenis Makanan yang Harus Dihindari saat Menstruasi

Rabu, 25 Mei 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

8 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Saat Menstruasi

Ilustrasi tanda menstruasi. (Special)

Ladiestory.id - Menstruasi merupakan salah satu siklus yang umum dialami oleh perempuan setiap bulannya. Ketika sedang menstruasi, banyak perempuan mengeluhkan sakit seperti nyeri perut hingga kram. Bahkan terkadang juga perempuan menjadi mudah berubah suasana hatinya ketika sedang mengalami menstruasi. Gejala tersebut normal terjadi. 

Ketika sedang mengalami menstruasi, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi. Hal ini dimaksudkan agar gejala menstruasi yang dialami tidak menjadi semakin parah.

Pada dasarnya, makanan yang harus dihindari tersebut adalah jenis makanan yang tidak sehat. Misalnya makanan dengan kandungan garam tinggi, makanan pedas, hingga mengandung kafein. Ladiestory.id telah merangkum delapan jenis makanan yang harus dihindari saat menstruasi. Yuk simak!

Makanan Tinggi Garam

Makanan Asin Tinggi Gula (Special)

Jenis makanan pertama yang harus dihindari saat menstruasi adalah makanan yang memiliki kandungan garam cukup tinggi. Garam dapat menyebabkan penumpukan air di lambung.

Sehingga mengonsumsi makanan tinggi garam saat sedang menstruasi akan membuat perutmu menjadi lebih sakit karena perutmu akan lebih mudah mengalami kembung. Contoh makanan tinggi garam yang harus kamu hindari adalah snack, keripik, ataupun makanan cepat saji.

Makanan Tinggi Gula

Ilustrasi kue lebaran. (Special)

Mengonsumsi makanan manis yang mengandung kadar gula cukup tinggi juga tidak disarankan saat sedang menstruasi. Makanan dengan kandungan gula yang tinggi dapat membuat suasana hati cepat berubah. Selain itu, juga akan rentan mengalami mood swing.

Minuman Mengandung Kafein

Foto: Ladiestory.id

Minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi juga sebaiknya tidak dikonsumsi ketika sedang menstruasi. Kandungan kafein dalam jenis minuman tersebut dapat menyebabkan perut menjadi kembung dan juga menyebabkan sakit kepala.

Bahkan, bila gejala menstruasi disertai dengan diare, maka mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dapat membuat diare menjadi lebih parah. Hal ini dikarenakan kafein juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Minuman Beralkohol

Ilustrasi minuman beralkohol. (Special)

Minuman dengan kandungan alkohol juga sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang menstruasi. Minuman beralkohol akan membuat keadaanmu menjadi lebih parah saat sedang mengalami menstruasi. Kamu mungkin akan mengalami perut kembung, sakit kepala, dehidrasi, atau bahkan gangguan pencernaan lainnya seperti mual dan muntah. Hal itu merupakan efek samping dari alkohol yang dikonsumsi.

Makanan Pedas

Ilustrasi mie pedas. (Special)

Makanan pedas memang menggugah selera untuk dimakan. Namun, makanan pedas juga dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan pedas saat sedang menstruasi. Hal ini dikarenakan makanan pedas dapat memperparah kondisi kram perut yang Kamu alami saat menstruasi.

Daging Merah

Ilustrasi daging. (Special)

Daging merah merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari saat sedang menstruasi. Daging merah termasuk daging sapi dan kambing dapat menyebabkan peningkatan kadar prostaglandin. Prostaglandin merupakan salah satu hormon yang ada dalam tubuh dan berperan dalam masa menstruasi.

Hormon prostaglandin membuat rahim berkontraksi sehingga darah menstruasi akan luruh. Jika kadar hormon prostaglandin dalam tubuh meningkat maka akan menyebabkan kram perut dan tentunya akan membuatmu semakin tidak nyaman selama masa menstruasi.

Makanan dengan Kandungan Lemak Trans

Ilustrasi orang makan kentang goreng. (mcdonalds.co.id)

Makanan yang memiliki kandungan lemak trans juga harus Kamu hindari selama masa menstruasi. Makanan yang mengandung lemak trans dapat menyebabkan sakit perut dan memperparah kondisi tersebut. Contoh makanan yang mengandung lemak trans dan perlu Kamu hindari adalah segala macam gorengan termasuk juga kentang goreng.

Olahan Produk Susu

Ilustrasi keju. (Special)

Segala macam produk olahan yang berasal dari susu seperti keju, yogurt dan yang lainnya sebaiknya Kamu hindari saat menstruasi. Produk olahan yang berasal dari susu memiliki kandungan asam arakidonat. Kandungan ini dapat menyebabkan kram perut dan membuatmu merasa tidak nyaman dan kesakitan selama masa menstruasi.

s