Kelamaan Main HP Bisa Sebabkan Kifosis, Apa itu?

Kamis, 8 September 2022 | 00:01:00

Andi Afifah

Penulis : Andi Afifah

Kelamaan Main Hp Bisa Sebabkan Kifosis, Apa Itu?

Ilustrasi Kifosis (Special)

Ladiestory.id - Ketika kamu aktif bermain HP, secara tak sadar tulang belakang atau punggung akan sedikit membungkuk dan kepala menunduk ke arah HP. Lama-kelamaan, punggung akan berubah posturnya. Jika kamu sedang membaca artikel ini dengan HP, segera tegakkan kepala dan luruskan punggungmu.

Kelainan pada tulang belakang yang membuat punggung bagian atas tidak normal atau bengkok ini disebut kifosis. Orang yang terkena kifosis punggungnya akan melengkung hingga 50 derajat. Padahal normalnya itu kisaran 25 hingga 45 derajat.

“Secara umum, semua orang dewasa akan memiliki beberapa derajat kifosis, tetapi kelengkungan yang berlebihan dan tidak normal akan memberikan tampilan punuk pada tubuh jika dilihat dari samping,” kata Ajun Associate Professor Jacob Oh, wakil kepala Departemen Ortopedi dan Kepala Layanan. (Operasi Tulang Belakang) di Rumah Sakit Tan Tock Seng.

Kebiasaan menundukkan kepala untuk bermain HP dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus akan memperburuk kifosis dan menyebabkan lengkungan lebih menonjol seperti punuk onta.

Dilansir dari Channel News Asia pada Rabu (7/08/2022), Xu Weijie, Kepala Fisioterapi Senior mengatakan bahwa postur rubuh yang buruk dapat melemahkan otot punggung dan ligamen tulang belakang. Lebih dari 80% orang yang bekerja didepan komputer atau menggunakan hp dalam jangka waktu yang panjang akan terkena kifosis.

Ilustrasi Kifosis (Special)

Selain itu, faktor usia juga dapat menyebabkan kifosis. Kebanyakan dari mereka yang terkena kifosis berusia 70 tahun dan perempuan.

“Perempuan juga sering terkena kifosis karena dikaitkan dengan osteoporosis,” kata Jacob Oh.

Untuk mencegah kifosis lakukan olah raga secara teratur dan lakukan peregangan saat menggunakan komputer atau HP dalam jangka waktu yang panjang.