Ketahui Dahulu Jumlah Kalori di Setiap Jenis Gorengan Sebelum Menyantapnya

Jumat, 24 Desember 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Ketahui Dahulu Jumlah Kalori Di Setiap Jenis Gorengan Sebelum Menyantapnya

Ilustrasi makan gorengan. (Special)

Ladiestory.id - Gorengan merupakan jajanan enak, gurih dan sulit ditolak. Hampir setiap hari mungkin kamu menjumpai gorengan pada menu makan sebagai lauk pelengkap makanan. Bahkan kamu mungkin mempunyai satu jenis gorengan favorit yang kerap kamu makan.

Akan tetapi, gorengan menjadi salah satu musuh terbesar untuk wanita yang tengah diet. Makanan tinggi kalori sebab prosesnya yang digoreng memakai minyak tersebut dapat menjadikan timbunan lemak pada tubuh kian banyak.

Jumlah Kalori Macam-Macam Gorengan

Sebagian dari kamu mungkin hanya memakan gorengan saat cheating. Tapi saat cheating kamu pun mesti berhati-hati mengkonsumsi gorengan supaya tidak surplus kalori. Nah, supaya tidak kebablasan, kamu mesti mengetahui jumlah kalori di tiap jenis gorengan.

Ilustrasi makan gorengan. (Special)

1. Tempe Goreng

Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang disukai hampir tiap orang. Selain ditumis, tempe umumnya diolah menjadi gorengan dan kerap dimakan oleh banyak kalangan khususnya penggemar gorengan.

Kalori yang ada di dalam satu potong tempe goreng ialah 34 kkal. Sedangkan bagi 100 gram tempe goreng, kalori yang ada di dalamnya mencapai 225 kkal. Bila tempe digoreng memakai tepung, maka kalorinya akan besar. Sebuah potong tempe goreng tepung mempunyai kalori sebanyak 72 kkal.

2. Tahu Goreng

Salah satu teman tempe yang umumnya dijual bersamaan yaitu tahu. Tahu mempunyai bahan dasar yang sama dengan tempe, yaitu sama-sama berasal dari kedelai.

Tekstur tahu yang lembut begitu enak saat digoreng terlebih diberi tambahan bumbu layaknya bawang, ketumbar, dan kaldu bubuk. Kalori yang ada dalam satu buah tahu goreng sekitar 35 kkal. Sedangkan di dalam 100 gram tahu goreng, mempunyai jumlah kalori sebanyak 271 kkal.

Berbeda lagi dengan tahu goreng isi yang memberikan isian layaknya wortel, tauge, kol, dan dibalut dengan tepung mempunyai kalori lebih banyak lagi, yaitu sekitar 134 kkal tiap potongnya.

Ilustrasi makanan gorengan. (Special)

 

3. Bakwan

Sebagian penggemar gorengan begitu menyukai bakwan yang dimakan dengan cabe rawit guna menambah rasa pedas. Berasal dari bahan utama tepung terigu, bakwan umumnya dicampur dengan sejumlah sayur seperti kol, wortel, tauge, dan sejumlah bahan tambahan semacam jagung dan udang.

Dengan bahan tepung dan campuran sejumlah sayur dan protein tersebut, tak heran satu bakwan mempunyai jumlah kalori yang tinggi yaitu 137 kkal. Padahal kamu umumnya memakan bakwan lebih dari 1 potong. Kira-kira berapa ya kalori yang masuk saat kamu memakan bakwan?

4. Pisang Goreng

Salah satu jenis buah yang kerap yaitu gorengan ialah pisang. Pisang yang dibelah setelahnya dicelupkan ke dalam adonan tepung serta digoreng sampai keemasan tersebut sangat manis dan gurih saat dikonsumsi. Terlebih ditemani secangkir kopi panas, pasti membuat nagih.

Untuk kamu penggemar pisang goreng, kamu perlu tahu walaupun berbahan dasar buah sehat, tapi bila melalui proses penggorengan maka kalori yang ada dalam pisang goreng pasti akan bertambah. Pada satu buah pisang goreng tepung memiliki kalori sebanyak 140 kkal sampai b200 kkal bergantung ukuran.

5. Risoles Goreng

Bila kamu membeli gorengan ke penjual gorengan di pinggir jalan, kamu tentu tak ketinggalan membeli risoles goreng. Gorengan dengan bentuk semacam kulit yang digulung ini pun kerap dibeli oleh penggemar gorengan.

Terbuat dari tepung, risoles goreng mempunyai jumlah kalori yang tidak kalah banyak. Pada satu potong risoles goreng mengandung kalori sebanyak 192 kkal.

Wah, ternyata gorengan memiliki banyak kalori, ya ladies?