10 Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

Jumat, 24 September 2021 | 21:37:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

10 Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

Foto: steemit

Ladiestory.id - Bagi para wanita yang gemar memasak pasti tidak asing dengan bumbu dapur salah satunya adalah ketumbar. Ketumbar adalah salah satu jenis rempah yang banyak digunakan sebagai penyedap masakan. Tanaman herbal ini termasuk keluarga wortel (Umbelliferae) yang akar, batang, daun, serta buahnya memiliki aroma yang menenangkan.

Tak hanya memiliki aroma yang ketumbar segar, namun ketumbar kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Ketumbar adalah sumber Vitamin A dan Vitamin C yang sangat baik.

Setiap porsi daun ketumbar sarat dengan nutrisi seperti serat makanan, zat besi, mangan, kalsium, vitamin K, fosfor, dan sebagainya. Daun ketumbar sering digunakan utuh, sedangkan bijinya biasanya dikeringkan atau digiling.

Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

Tak hanya untuk memasak, namun ketumbar juga dapat bermanfaat untuk tubuh kita. Biasanya, orang-orang menggunakan air rebusan ketumbar untuk mengobati berbagai penyakit. Kira-kira apa saja ya khasiat dari ketumbar?

1. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Foto: Ladiestory.id

Khasiat ketumbar yang pertama yakni membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Pasalnya air ketumbar kaya akan antioksidan, sehingga meningkatkan kekebalan tubuh karena berfungsi untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas. Minum air ketumbar dapat membantu sistem kekebalan menjadi kuat sehingga tubuh lebih mudah melawan infeksi dan penyakit.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Air rendaman ketumbar dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan. Hal ini menjadi salah satu khasiat ketumbar yang mengandung antioksidan yang mampu membantu peregangan usus.

Air rendaman ketumbar diketahui dapat mengatasi berbagai gangguan pencernaan. seperti diare, perut kembung, cacingan, sembelit hingga sindrom iritasi pada usus besar.

3. Menurunkan kadar gula darah

Foto: Ladiestory.id

Khasiat ketumbar juga dapat dirasakan bagi para penderita diabetes. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam ketumbar membuatnya baik dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Meski demikian, sebelum mulai mengonsumsi air rendaman ketumbar, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Kamu juga dapat memeriksa kadar gula darah untuk memastikan efektivitas dari konsumsi air rendaman ketumbar.

4. Kesehatan gigi dan mulut

Manfaat air rendaman ketumbar ternyata mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini disebabkan karena sifat analgesiknya, sehingga mampu membantu meredakan sakit gigi. Selain itu juga memiliki sifat anti-bakteri yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut, sehingga gigi dan mulut bisa terhindar dari bakteri.

5. Menjaga kesehatan jantung

Foto: Ladiestory.id

Khasiat ketumbar juga dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan ketumbar dapat mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). sehingga baik untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

6. Menangkal kanker prostat dan payudara

Sebuah studi yang meneliti rempah bernama latin Coriandrum sativum ini menunjukkan bahwa ramuan mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker, terutama prostat dan payudara.

Sel-sel kanker prostat bisa dihambat pertumbuhannya dan menjadi kurang invasif. Kandungan ketumbar juga menghindari pengelompokan sel kanker yang membuat kondisi menjadi buruk.

Penelitian lain pada ketumbar juga menunjukkan efek antikanker terhadap sel kanker payudara dan menghambat kerusakan sel karena stres oksidatif.

7. Mengobati permasalahan mata

Foto: Ladiestory.id

Sebuah studi juga menemukan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam rendaman air ketumbar bisa sangat berguna dalam mengobati mata merah dan masalah mata lainnya. Ini menandakan bahwa khasiat ketumbar dapat membantu dalam pencegahan infeksi mata.

Kamu dapat menggunakan air rebusan ketumbar dengan cara merebus air dengan biji ketumbar dan dinginkan sampai suhu kamar. Lalu gunakan untuk mencuci mata sesering mungkin agar mendapatkan manfaat bagi kesehatan mata.

8. Membantu memperkuat kesehatan rambut

Ketumbar dikenal kaya akan berbagai vitamin termasuk Vitamin C, K dan A. Masing-masing vitamin tersebut memiliki manfaat untuk pertumbuhan rambut, serta memberikan kekuatan pada helai rambut Anda sehingga tidak mudah patah. Oleh sebab itu, air ketumbar dapat bermanfaat untuk memperkuat kesehatan rambut.

9. Mengatasi wasir

Foto: Ladiestory.id

Khasiat air rendaman ketumbar selanjutnya yakni dapat mengatasi wasir. Sifat analgesik dalam air rendaman ketumbar diketahui dapat meredakan sakit akibat wasir.

10. Keputihan

Biji ketumbar juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah keputihan pada perempuan. Kamu harus meminum air rendaman secara rutin selama seminggu untuk menghilangkan keputihan.

Inilah 10 khasiat ketumbar bagi kesehatan tubuh kita. Sebaiknya jangan gunakan ketumbar untuk mengobati penyakit bersamaan dengan obat yang sedang dikonsumsi. Pasalnya akan membuat efek samping, sehingga lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.