Kurang Oksigen dalam Darah? Ini Cara Menaikkan Saturasi Oksigen Secara Alami

Kamis, 23 Desember 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Kurang Oksigen Dalam Darah? Ini Cara Menaikkan Saturasi Oksigen Secara Alami

Ilustrasi wanita sedang rebahan. (Special)

Ladiestory.id - Terdapat beberapa cara meningkatkan kadar oksigen dalam darah secara alami. Hal ini khususnya berfungsi untuk seseorang yang sedang mengalami keadaan kekurangan oksigen dalam darah atau hipoksemia.

Cara Menaikkan Saturasi Oksigen

Ilustrasi sedang dirawat. (Special)

 

Kekurangan oksigen dalam darah sendiri bisa diketahui melalui pemeriksaan mengenakan alat pulse oximeter, tes gas darah, maupun tes pernapasan.

Untuk seseorang yang mengalami kekurangan oksigen dalam darah karena keadaan apa pun, begitu juga penyakit Covid-19, sangat penting guna dapat meningkatkan kadarnya ke ambang normal.

Layaknya yang kita ketahui, kekurangan oksigen dalam darah dapat mengganggu kinerja tubuh. Berikut cara menaikkan saturasi oksigen secara alami.

1. Perbaiki Sirkulasi Udara

Mengutip dari Lung Health Institute, ketika cuaca memungkinkan, coba buka jendela kamu. Akses ke udara segar penting sekali guna bernapas lebih mudah. Akan tetapi, ingat jika penting untuk lebih dulu memantau kualitas udara di luar.

Bila kamu tinggal di kawasan perkotaan dan tidak bisa membuka tempat akibat polusi atau kabut asap, pertimbangkan guna menyediakan sistem penyaringan udara pada ruangan maupun alat-alat yang dapat memurnikan udara di rumah secara alami.

Ketika memilih pembersih udara elektronik ini, kamu dianjurkan guna cermat dan bijak sebab di antaranya menghasilkan ozon yang mengiritasi paru-paru.

2. Ubah Cara Bernapas yang Salah

Mungkin terasa aneh, namun secara umum banyak orang tidak tahu cara bernapas yang benar. Entah itu ketika berlari, meditasi, angkat besi, atau bahkan melahirkan. Kita kerap kali perlu diinstruksikan dalam bernapas dengan benar.

Faktanya, pernapasan yang tidak tepat bisa mengakibatkan penurunan kadar oksigen darah sekitar 20 persen. Guna mengatasi hal ini, coba melatih pernapasan dalam yang berguna dalam menciptakan energi, membersihkan paru-paru serta meningkatkan jumlah oksigen pada darah.

3. Olahraga Rutin

Olahraga begitu penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan, begitu juga memperbaiki sistem pernapasan. Olahraga tidak hanya meningkatkan kapasitas paru-paru, namun juga bisa menjaga berat badan tetap ideal dan jantung lebih sehat.

Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai pilihan olahraga terbaik yang dapat kamu lakukan dalam meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Namun secara umum, cara terbaik dalam memulai olahraga yaitu melalui latihan aerobik.

Salah satu latihan aerobik berefek rendah terbaik di luar sana yaitu berjalan kaki. Bangun rutinitas yang baik guna meningkatkan oksigen ini dengan olahraga rutin setidaknya 30 menit tiap hari.

4. Perbaiki Pola Makan

Selain olahraga, pengaturan pola makan maupun diet penting pun dilakukan dalam menunjang kesehatan. Tubuh kamu memerlukan beragam nutrisi penting serta vitamin supaya bisa berguna dengan baik.

Jadi sangat penting untuk kesehatan kamu dalam memberikan setiap organ keseimbangan yang tepat dari bahan kimia yang diperlukannya. Guna membangun oksigen di dalam tubuh, coba perbanyak konsumsi makanan kaya antioksidan serta zat besi.

Antioksidan dipercaya bisa membantu tubuh untuk memakai oksigen lebih efisien sehingga memasuki aliran darah dengan jumlah yang tepat. Guna antioksidan yang baik, coba tambahkan blueberry, cranberry, kacang merah, stroberi, plum, serta blackberry ke dalam diet kamu.

Sedangkan, diet tinggi zat besi bisa meningkatkan kemampuan tubuh kamu guna memproses oksigen dan membuat kamu merasa lebih bertenaga. Sejumlah makanan yang sanggup menyediakan zat besi lumayan yaitu daging sapi, daging unggas, ikan, kacang-kacangan serta sayuran berdaun hijau (kangkung, brokoli, dan seledri).

Nah, itu dia cara menaikkan saturasi oksigen, ladies. Kamu dapat mencobanya sendiri di rumah.