Lebih Mencintai Diri Sendiri, Ini 5 Tips Jitu Hadapi Body Shaming

Minggu, 14 Januari 2024 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Lebih Mencintai Diri Sendiri, Ini 5 Tips Jitu Hadapi Body Shaming

Ilustrasi Body Shaming. (Freepik)

Ladiestory.id - Ladies, body shaming merupakan tindakan kurang menyenangkan yang dapat memberikan dampak serius bagi para korbannya. Body shaming sendiri merupakan tindakan untuk mengatakan atau mengomentari seseorang dengan nada negatif terhadap tubuh seseorang.

Hal ini bisa tentang tubuhmu sendiri ataupun orang lain, komentarnya bisa tentang personal size seperti  bentuk dan berat badan tubuh, kondisi dan masalah kulit, usia, rambut atau pakaian yang dikenakan seseorang. Body shaming dapat mengakibatkan masalah kesehatan mental yang serius pada korbannya termasuk eating disorders, depresi, kecemasan, kurang percaya diri dan body dysmorphia serta munculnya perasaan benci terhadap tubuh seseorang.

Ladies, apabila kamu menghadapi kejadian yang kurang menyenangkan akibat body shaming, jangan membuat dirimu merasa semakin terpuruk dan bersalah. Sebaiknya, kamu dapat menjadi pribadi yang berani untuk mengatasi masalah body shaming ini agar lebih percaya diri dan mencintai diri sendiri dengan lima tips jitu berikut ini, lho. Simak yuk!

1. Fokus Terhadap Diri Sendiri

Ilustrasi Fokus Pada Diri Sendiri. (Freepik)

 

Ladies, memiliki tubuh tertentu hanyalah bagian dari diri yang patut disyukuri. Pahamilah bahwa dirimu adalah keseluruhan, kombinasi dari kekuatan, hingga ketidaksempurnaan yang kamu miliki. 

Dibalik kekurangan yang kamu miliki tentunya ada kegembiraan yang patut kamu rayakan dan lebih mencintai dirimu sendiri. Saat kamu merasa direndahkan, cobalah alihkan perhatianmu terhadap diri sendiri serta dapat menerima tubuhmu apa adanya.

2. Alihkan Pada Kesehatan dan Berolahraga

Ilustrasi Wanita Berolahraga Yoga. (Freepik)

 

Ladies, daripada terus-terusan mengeluh tentang kekurangan dari dirimu sendiri, alangkah lebih baik kamu bisa mengubah pikiran negatifmu untuk melakukan kegiatan positif dan bermanfaat untuk bisa menjadi peluang untuk mengubah diri. 

Nah, jika kamu ingin membalas omongan negatif orang-orang yang mem-bully mu dengan tindakan positif dan menginspirasi, kamu bisa fokus pada kesehatan dan menjaga kebugaran tubuh dengan menjaga pola makan sehat dan berolahraga. 

Dengan begitu kamu bisa memandang keburukan menjadi  kesempatan untuk berubah menjadi lebih sehat dan baik dari sebelumnya.

3. Jangan Takut untuk Melawan Pelaku Body Shaming

Ilustrasi Wanita Marah. (Freepik)

 

Sering kali seseorang dengan seenaknya mempermalukan orang lain dengan mengomentari kehidupan seseorang agar mereka dapat makan lebih sedikit, menurunkan berat badannya, serta melakukan banyak latihan agar menjadi lebih baik. Namun, tanpa disadari hal ini dapat memberikan dampak buruk tanpa disadari, lho.

Alih-alih ingin memotivasi si korban, justru hal ini dapat memberi rasa kecewa pada dirinya karena ia merasa dinilai buruk oleh orang lain.

Menurut ahli, “Sebaiknya jika anda mengalami hal ini maka jangan takut ungkapkan perasaan dan pikiranmu saat seseorang mulai mengomentari ukuran atau tipe tubuhmu. Dengan melawan kamu dapat membuat dirinya sadar akan dampak dari tindakan yang mereka lakukan padamu,”.

4. Bertemanlah  dengan Orang-orang yang Mendukungmu

Ilustrasi Kelompok Teman Wanita. (Freepik)

 

Ladies, kamu bisa bebas memilih dengan siapa kamu ingin berteman. Namun, kamu harus cerdas untuk bisa mengambil langkah keluar dari kelompok pertemanan toxic yang bisa mematahkan semangatmu atau hanya mengejek dirimu. 

Kamu harus memilih circle pertemanan dengan bijak dan bisa mendukung serta memotivasi dirimu untuk berbuat lebih baik.

5. Ciptakan Self-talk Positif

Ilustrasi Self-Talk. (Freepik)

 

Ladies, kamu tentunya menghabiskan lebih banyak waktu dengan dirimu sendiri, dengan berbicara pada diri sendiri dapat meningkatkan kualitas hidupmu. 

Berbicara dengan diri sendiri, seperti mengapresiasi diri serta menciptakan self-talk positif dapat memperkuat kebaikan dari apa yang kamu lakukan. 

Cara ini juga bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri serta lebih mencintai diri sendiri bahkan hal ini pula bisa menjadi support system terbaik bagi dirimu.

 

Sumber : https://www.healthshots.com/how-to/5-tips-to-deal-with-body-shaming/

https://www.verywellmind.com/what-is-body-shaming-5202216