Ingin Haid Tetap Lancar? Konsumsi 5 Makanan Ini!

Jumat, 22 Juli 2022 | 00:01:00

Reza Fauchi Santya

Penulis : Reza Fauchi Santya

Ingin Haid Tetap Lancar? Konsumsi 5 Makanan Ini!

Ilustrasi haid. (Special)

Ladiestory.id - Tidak sedikit perempuan yang mendapati bahwa siklus haid atau menstruasi tidak lancar setiap bulannya. Hal ini membuat sebagian perempuan terkadang merasakan kekhawatiran.

Perlu diketahui, terlambat haid atau haid kurang lancar tidak melulu terkena masalah kesehatan. Tenyata, haid yang kurang lancar bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti stres dan gaya hidup.

Jika kamu mengalami haid kurang lancar, ada beberapa hal yang bisa kamu usahakan agar siklus menstruasi tidak terlambat, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut.

Nanas

Ilustrasi nanas. (Special)

Nanas ternyata termasuk dalam salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi agar haid tetap lancar. Hal ini karena nanas memiliki kandungan bromelain, yang dipercaya bisa memengaruhi hormon esterogen dalam tubuh.

Jahe

Ilustrasi jahe. (Special)

Jahe memang cukup banyak dikonsumsi karena disebut berkhasiat bagi tubuh. Bahkan, jahe banyak dijadikan sebagai obat herbal untuk beberapa masalah kesehatan tubuh.

Ternyata, jahe juga bisa digunakan agar haid lancar, lho. Ini karena kandungan dalam jahe bisa melindungi tubuh dari peradangan. Selain itu, orang-orang juga banyak mengonsumsi jahe untuk meredakan rasa nyeri akibat haid.

Kacang Kedelai

Ilustrasi kacang kedelai. (Special)

Ternyata, kacang kedelai juga salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi jika kamu merasa bahwa haid tidak lancar. Hal ini karena kacang kedelai mengandung vitamin, protein, dan juga fitoestrogen, yaitu berupa isoflavon. Kandungan tersebut bisa melancarkan sikus haid.

Vitamin C

Ilustrasi buah mengandung vitamin C. (Special)

Seperti diketahui, vitamin C memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya melindungi tubuh dari adanya kerusakan sel-sel. Selain baik bagi kesehatan tubuh, ternyata vitamin C juga dianjurkan untuk dikonsumsi agar haid tetap lancar. Beberapa buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C antara lain, buah beri, jeruk, brokoli, kiwi, bayam, dan tomat.

Kunyit

Ilustrasi kunyit. (Special)

Mengonsumsi kunyit secara rutin ternyata juga bisa membantu siklus haid tetap lancar, lho. Kunyit dikenal sebagai sumber esterogen yang juga bisa memicu haid agar lebih normal. Bahkan, kunyit juga disebut-sebut bisa menjadi pereda nyeri saat sedang haid.

Selain mengonsumsi makanan di atas, ada baiknya kamu menemui ahli dan berkonsultasi mengenai haid yang tidak lancar.

s