7 Makanan Bantu Tingkatkan Daya Pikir Anak

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Makanan Bantu Tingkatkan Daya Pikir Anak

Ilustrasi anak sehat. (Special)

Ladiestory.id - Agar si kecil mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang, maka sangat perlu memerhatikan makanan penunjang kebutuhan si kecil untuk meningkatkan imunitas tubuh hingga daya pikirnya. Makanan yang dikonsumsi semasa kecil tentunya akan mempengaruhi fungsi kognitif dan konsentrasi anak hingga ia tumbuh hingga dewasa.

Untuk itu, ibu juga tidak boleh sembarang memberikan makanan kepada anak. Ibu juga bisa mendukung perkembangan otak anak dengan memberikan 7 makanan sehat berikut ini.

Ikan

Ilustrasi Daging Ikan Salmon. (Special)

Makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan daya pikir dan pertumbuhan otak pada anak adalah ikan. Kaya akan kandungan protein, omega-3, dan vitamin D, dapat mencegah anak dari sakit dan juga mencegah anak kehilangan memori berpikirnya. Jenis ikan seperti salmon, tuna, hingga sarden sangat bergizi bagi tumbuh kembang anak.

Telur

Ilustrasi telur (Special)

Telur juga kaya akan protein dan nutrisi yang dapat membantu anak untuk mudah berkonsentrasi. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang dapat membangun perkembangan memori pada anak.

Ibu juga bisa membuat varian masakan dari bahan dasar telur agar anak semakin selera untuk menyantapnya. Misalnya, ibu bisa membuat omellete, telur orak-arik, telur rebus hingga sajian olahan telur dan sayuran yang melezatkan.

Kacang-kacangan

Ilustrasi kacang-kacangan. (Special)

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga sangat baik membantu daya pikir dan konsentrasi pada anak. Kaya akan protein, asam lemak, vitamin, zinc, zat besi, asam lemak, dan mineral, makanan ini dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan juga perkembangan sistem saraf dan otak anak.

Oatmeal

Oatmeal (Special)

Mengonsumsi oatmeal juga sangat baik bagi kesehatan anak. Kandungan serat, vitamin B, vitamin E, zinc, kalium, dan protein dapat menyehatkan jantung dan sistem otak anak. Anak yang sering makan oatmeal sebagai kebutuhan penunjangnya dapat memiliki tingkat kecerdasan dan memori yang baik dibandingkan dengan mengonsumsi sereal.

Bayam

Bayam (Special)

Makanan sehat lain yang tentunya sangat baik bagi kebutuhan tubuh anak ialah sayur-sayuran, salah satunya bayam. Sayuran hijau yang satu ini memiliki kandungan asam folat tinggi serta kaya akan vitamin yang dapat mencegah anak terhidar dari penyakit demensia atau penyakit yang dapat mempengaruhi daya pikir pada anak.

Alpukat

Alpukat. (Special)

Selain sayuran, jenis buah-buahan juga memiliki sumber energi, vitamin, gizi, dan mineral yang dibutuhkan untuk tubuh anak. Salah satu buah yang dapat membantu menambah daya ingat anak ialah buah alpukat.

Alpukat kaya akan kandungan asam folat, magnesium, antioksidan,omega-3 serta vitamin A,B, C, D, E dan K yang dapat membantu meningkatkan daya pikir serta kecerdasan anak. Ibu juga bisa membuat jus atau camilan lezat dari bahan buah alpukat agar si kecil senang untuk menyantapnya di rumah.

Greek Yogurt

Ilustrasi Yogurt (Special)

Greek yogurt mengandung vitamin dan mineral yang dapat menyehatkan dan meningkatkan fungsi otak pada anak. Selain itu, kandungan probiotiknya dapat membantu menyehatkan usus dan pencernaan si kecil.

Agar anak selera untuk menyantapnya, ibu juga bisa membuat hidangan yogurt dengan menambahkan buah-buahan seperti kiwi, stroberi, hingga biji-bijian untuk menarik perhatiannya.

Itulah 7 makanan sehat yang sangat baik bagi perkembangan daya pikir, konsentrasi, dan kecerdasan anak. Selain itu, makanan sehat tersebut juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan perkembangan tubuh anak.

ehingga, hal ini sangat penting bagi ibu untuk selalu menyiapkan makanan dengan nilai gizi dan energi yang tinggi untuk terus meningkatkan kecerdasan otak anak. Selamat mencoba.