5 Makanan dan Minuman dengan Tingkat Gula Tinggi, Yuk Kurangi Konsumsi!

Senin, 29 Agustus 2022 | 20:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Makanan Dan Minuman Dengan Tingkat Gula Tinggi, Yuk Kurangi Konsumsi!

Ilustrasi Minuman Kadar Gula Tinggi. (Pinterest)

Ladiestory.id - Mengonsumsi makanan dan minuman manis dapat memberikan sensasi yang menyegarkan di tenggorokan dan tubuh. Namun, di balik hal itu, ternyata makanan dan minuman manis juga memilki tingkat kadar gula tinggi yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, lho.

Kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan seseorang mengalami komplikasi, gagal ginjal, obesitas hingga diabetes. Untuk itu, kurangi mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi agar kesehatanmu tetap terjaga.

Namun, apa saja makanan dan minuman yang memilki kadar gula tinggi? Berikut lima makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi yang bisa kamu kurangi.

Minuman Bersoda

Ilustrasi Minuman Bersoda. (Pinterest)

Minuman bersoda memberikan sensasi yang menyegarkan dan menggairahkan. Namun, minuman bersoda juga memilki tingkat kadar gula yang tinggi, sehingga tidak baik bila dikonsumsi terlalu sering.

Ladies, tahukah kamu jika satu kandungan botol soda mengandung 33 gram gula? Cobalah cermati dan cek informasi nilai gizi yang tertera pada bagian kemasan.

Yuk, mulai sekarang kurangi mengonsumsi minuman bersoda dan beralih ke minuman alami yang tentunya menyehatkan tubuhmu!

Manisan

Ilustrasi Manisan. (Pinterest)

Camilan manis satu ini juga bisa menjadi panganan santai kala senggang. Namun, di balik manisnya makanan ini, terdapat bahaya yang bisa timbul dari mengonsumsi manisan.

Pasalnya, pengolahan manisan biasanya dilakukan dengan bahan pengawet agar tahan lama. Tak hanya itu, komposisi gula dalam manisan juga tergolong tinggi, sehingga dapat mengganggu kesehatan.

Biasanya, setengah ons manisan mengandung 27 gram gula tambahan di dalamnya. Jika kamu ingin merasakan sensasi makanan manis, kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi buah-buahan alami, ya.

Kopi Susu

Ilustrasi Kopi Susu. (Pinterest)

Penikmat kopi juga harus waspada dengan kadar gula tinggi dalam minuman kopi susu. Pasalnya, kopi susu juga mengandung 45 gram gula. Untuk itu, sebaiknya kamu membatasi untuk mengonsumsi kopi susu setiap harinya.

Granola

Ilustrasi Granola. (Pinterest)

Salah satu makanan lezat yang terbuat dari oat, kacang-kacangan, buah kering serta biji-bijian ini juga memiliki jumlah kadar gula tinggi yang dapat meningkatkan kalori. Walaupun memiliki kandungan oat yang baik bagi tubuh, seperti karbohidrat, lemak, maupun protein, ternyata setiap 50 gram granola mengandung 14 gram gula dan 195 kalori.

Maka dari itu, kamu pun bisa beralih untuk mengurangi jumlah gula dari makanan ini dengan memilih makanan yang tidak menggunakan bahan pemanis buatan.

Yoghurt

Ilustrasi Yoghurt. (Pinterest)

Salah satu minuman sehat selanjutnya yang memiliki kadar gula tinggi adalah yoghurt. Namun, yang harus diketahui jika tidak semua jenis yoghurt mengandung bahan pemanis buatan.

Yoghurt yang memiliki kadar rendah lemak justru mengandung gula yang tinggi, lho. Hal ini bertujuan untuk memberi tambahan rasa manis dalam kandungan yoghurt itu sendiri.

Maka dari itu, kamu harus teliti sebelum membeli dan mengonsumsi yoghurt agar tidak salah memilih kadar gula tinggi dalam kandungannya.