6 Makanan Pemicu Kanker yang Paling Banyak Digemari Anak Muda

Senin, 19 Desember 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Makanan Pemicu Kanker Yang Paling Banyak Digemari Anak Muda

Ilustrasi berkata tidak. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, memiliki makanan favorit tentunya dapat membuat suasana mood menjadi lebih baik, selain mengenyangkan, mengonsumsi makanan dan camilan favorit tentu dapat membuat kondisi berat badan menjadi meningkat. Disarankan, mengonsumsi makanan favorit harus seimbang dengan kebutuhan jumlah gizi dan kesehatan.

Paling penting, makanan tersebut dapat menghindarkanmu dari gejala serangan penyakit, salah satunya adalah kanker. Agar hidup lebih sehat, berikut ini merupakan enam makanan yang dapat memicu kanker khususnya paling banyak digemari oleh anak muda, hindari yuk!

Makanan Cepat Saji

Ilustrasi makanan cepat saji. (Special)

Ladies, pasti di antara kamu ada yang suka dengan makanan cepat saji atau junk food. Selain praktis dan cepat, kamu pun tak perlu menunggu lama untuk mengonsumsinya. Makanan cepat saji juga sangat ramah dikantong anak muda. Namun, yang perlu kamu ketahui bahwa makanan cepat saji juga menjadi salah satu makanan yang dapat memicu terjadinya kanker, lho.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam makanan cepat saji juga sangat minim. Apalagi jika dikonsumsi secara terus-menerus, maka dapat beresiko menimbulkan kanker. Nah, coba kurangi mengonsumsi makanan cepat saji mulai dari sekarang dan beralihlah pada pola hidup sehat.

Makanan Kemasan

Ilustrasi mi Instan. (Special)

Mengonsumsi bahan makanan dalam kemasan juga dapat memicu terjadinya kanker. Makanan kemasan juga mengandung berbagai bahan kimia berbahaya serta dapat dikurangi asupannya seperti Monosodium glutamat (MSG), natrium benzoat, hingga sodium nitrat.

Selain itu, olahan makanan kemasan dalam proses pembuatannya disesuaikan dengan tujuannya untuk dikonsumsi, misalnya seperti mi instan ataupun produk makanan kaleng.

Makanan Tinggi Gula

Ilustrasi Donat (Special)

Mengonsumsi makanan manis memang rasanya dapat membuat candu, karena dapat memanjakan mulut dan lidah. Maka, tak heran makanan manis pun banyak digemari oleh berbagai usia. Namun yang perlu kamu ketahui, mengonsumsi makanan manis juga memiliki takarannya sendiri agar tidak dikonsumsi secara berlebihan dan berpotensi menimbulkan penyakit bagi tubuh.

Kadar asupan gula setiap harinya setara dengan asupan empat sendok teh. Jika lebih dari itu, maka dapat menyebabkan tingginya kadar glukosa dalam darah, insulin, dan dapat menimbulkan diabetes bahkan kanker.

Makanan dengan Kadar Garam Tinggi

Ilustrasi snack. (Special)

Selain mengonsumsi makanan manis yang berlebihan, mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi juga dapat memicu terjadinya penyakit kanker, lho. Bahan campuran makanan dari garam maupun penyedap rasa yang tinggi dapat menimbulkan terjadinya tekanan darah tinggi dan meningkatkan adanya risiko kanker.

Walaupun makanan yang tercampur dari garam, penyedap rasa, dan gula menjadi kebutuhan sehari-hari ketika dikonsumsi, tidak ada salahnya jika kamu dapat mengurangi takaran pemakaian untuk mengolah ataupun mengonsumsinya.

Daging Olahan

Ilustrasi nugget. (Special)

Bagi kamu penggemar makanan seperti daging olahan di antaranya sosis, nugget, hot dog maupun jenis daging yang diawetkan, diasa,p ataupun dengan pengawet kimia, makanan tersebut juga dapat memicu terjadinya kanker.

Alkohol dan Soda

Ilustrasi soda. (Special)

Selain makanan yang telah disebutkan di atas, mengonsumsi minuman beralkohol dan soda juga dapat memicu terjadinya kanker terutama kanker tenggorokan, kanker mulut, lambung, usus, hati dan payudara.

Minuman tersebut memang tidak langsung memberikan efek langsung, namun jika hal ini dikonsumsi secara berkelanjutan dan terlalu sering maka efeknya juga dapat terasa lebih cepat. Selain itu, kandungan dalam minuman bersoda juga banyak mengandung zat kimia, gula, dan pewarna buatan yang dapat menyebabkan kanker.