Makanan yang Bikin Gemuk Untuk Golongan Darah O, Ini Daftarnya!

Rabu, 8 September 2021 | 10:50:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Makanan yang Bikin Gemuk Untuk Golongan Darah O, Ini Daftarnya!

Foto: Ladiestory.id

Beberapa tahun belakangan ini ada penemuan baru seputar program penurunan berat badan berdasaerkann golongan darah. Program diet ini pertama kali dicetuskan oleh Dr. Peter J.D’Adamo selama beberapa tahun yang lalu. Meski diklaim efektif, namun ada beberapa pihak yang mengeritik serta mempertayaka bukti ilmiah dari program yang satu ini.

Namun meski demikian masih banyak orang yang tetap menjalankan program diet ini dan mereka tidak menemui masalah apapun. Diet golongan darah ini mengharuskan Anda untuk tyidak makan-makanan tertentu sesuai dengan golongan darah.

Jika dilanggar, maka akan berdampak pada kegegagalan diet dan naiknya berat badan. Lalu jenis makanan apa saja yang bikin gemuk untuk golongan darah O? Berikut liputan lengkapnya.

Jenis Makanan yang Bikin Gemuk Untuk Golongan Darah O

Makanan yang Bikin Gemuk
Foto: Ladiestory.id

Agar lebih berhati-hati saat menjalankan program diet, berikut adalah beberapa makanan yang pantang dikonsumsi oleh pemilik golongan darah O:

Hindari Mengkonsumsi Aneka Jenis Ikan Laut

Makanan pertama yang harus dihindari oleh pemilik golongan darah O adalah beberapa jenis ikan seperti ikan lele, kaviar dan barakuda. Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis seafood seperti kerang dan gurita.

Tidak hanya membuat berat badan naik, beberapa jenis ikan tersebut juga membuat fungsi dari kelenjar tiroid menjadi tidak stabil.

Kurangi Mengkomsi Bayam, Terong dan Kol

Sayur adalah jenis makanan yang menyehatkan, namun ada beberapa jenis sayur yang justru membawa dampak buruk khususnya untuk pemiliki golongan darah O.

Sayuran tersebut antara lain adalah bayam, kol dan terong. Selain membuat badan jadi gemuk, sayuran ini dapat memicu penyakit berbahaya seperti pembekuan darah, masalah pencernaan hingga tiroid.

Kurangi Mengkonsumsi Jenis Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Makanan yang Bikin Gemuk
Foto: Ladiestory.id

Meski terbilang tidak terlalu rewel terhadap beberapa jenis makanan namun pada faktanya golongan darah O tidak bisa terlalu banyak konsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi.

Hal ini disebabakan karena sistem pencernaan golongan darah O tidak terlalu cepat dalam mencerna makanan dengan karbohidrat tinggi. Jika ini dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan berat badan Anda akan terus naik hingga menyebabkan obesitas.

Hindari Terlalu Banyak Konsumi Makanan yang Mengandung Susu

Terakhir adalah makanan yang terlalu banyak mengandung susu seperti mentega, keju mozzarella dan keju kambing. Selain berdampak pada masalah kesehatan tertentu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung susu juga dapat menyebabkan kegemukan hingga menggagalkan program diet.

Jika terlalu banyak pantangan lalu jenis makanan apa dong yang boleh dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah O? Menurut beberapa saran dari dokter penggagas diet, orang dengan golongan darah O boleh mengkonsumsi jenis makanan seperti kacang-kacangan, sayur selain yang disebutkan diatas serta buah-buahan. Hindari banyak konsumsi makanan mengandung gula, gluten, ekstrak buah serta jenis buah seperti kiwi dan juga melon.