7 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur

Sabtu, 2 April 2022 | 00:01:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

7 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sahur

Makanan Vitamin D (Special)

Ladiestory.id - Beberapa hari lagi Kamu akan bertemu dengan bulan Ramadan. Bulan yang mana seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa. Tidak hanya puasa, umat muslim juga dianjurkan untuk menjalankan ibadah sunah lainnya, salah satunya sahur, tadarus dan salat Tarawih.

Puasa secara teknis didefinisikan sebagai kondisi di mana seseorang menahan rasa haus dan lapar dari sebelum fajar hingga matahari terbenam (magrib). Tidak hanya rasa haus dan lapar saja, namun hawa nafsu lainnya juga harus ditahan saat berpuasa.

Untuk menahan rasa haus dan lapar, Kamu pasti perlu memperhatikan beberapa hal, salah satunya makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur. Supaya Kamu lancar dalam berpuasa, sebaiknya hindari beberapa makanan dan minuman berikut ini.

Kopi

Foto: Ladiestory.id

Ketika bangun tidur untuk melaksanakan sahur pada dini hari, pasti Kamu masih merasa sangat mengantuk. Nah, untuk menghilangkan rasa kantuk, biasanya meminum kopi menjadi cara paling ampuh.

Namun, Kamu harus menghindari minuman yang satu ini. Mengapa? Karena dalam kopi terdapat zat dalam kafein yang disebut zat diuretic. Hal itu dapat menyebabkan Kamu cepat haus. Selain cepat haus, Kamu juga akan merasa seperti ingin buang air kecil terus-menerus.

Sambal

Perbedaan sambal matah dan sambal dabu-dabu (Special)

Makanan seperti tempe goreng, tahu goreng, ikan goreng jika tanpa sambal pasti kurang sedap. Lalu, bagaimana jika Kamu makan sahur dengan sambal. Sebaiknya hentikan kebiasaan itu ya. Hal itu karena sambal mengandung rasa pedas yang cukup tinggi, di mana itu akan membuat lambung Kamu bermasalah dan menimbulkan beberapa penyakit, salah satunya diare.

Selain diare, ternyata sambal juga bisa membuat Kamu merasa cepat haus. Ingatlah, jika lambung juga sangat sensitif dengan rasa pedas. Jangan sampai setelah sahur, Kamu justru diare dan menjadi lemas.

Permen Karet

Permen Karet (Special)

Biasanya yang sering mengonsumsi permen karet ini adalah anak anak dan remaja. Namun, tidak menutup kemungkinan apabila orang dewasa juga sering melakukan hal tersebut. Meskipun memiliki manfaat untuk membersihkan gigi dan menyegarkan nafas, tetapi Kamu tidak dianjurkan mengunyah permen karet saat sahur.

Karena dengan mengunyah permen karet, Kamu akan membuat lidah menghasilkan air liur dalam jumlah yang cukup banyak. Air liur inilah yang menyebabkan kenaikan kadar asam pada lambung, sehingga memicu Kamu rentan mengalami maag.

Cokelat

Foto: Ladiestory.id

Cokelat memanglah menjadi makanan kesukaan semua orang, Selain rasanya yang manis, cokelat juga dapat meningkatkan energi. Namun, ada fakta tersembunyi lainnya dari makanan yang satu ini.

Cokelat dapat menyebabkan peningkatan asam pada tubuh. Tidak hanya itu, cokelat ini ternyata juga tidak mudah untuk dicerna, sehingga menyebabkan Kamu menjadi cepat lesu dan lemas dalam menjalani aktivitas. Jadi hindari memakan cokelat saat Kamu sahur ya!

Gorengan

Ilustrasi makan gorengan. (Special)

Bagi pecinta gorengan, makanan favorit saat Ramadan ini dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Tidak hanya itu, bahkan minyak yang terkandung dalam makanan tersebut bisa melukai tenggorokan dan menimbulkan radang. Di mana jika Kamu puasa dan mengalami radang tenggorokan pasti sangat mengganggu.

Es Krim dan Kue

Foto: Ladiestory.id

Es krim dan kue memang mengandung zat gula yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, mungkin dengan mengonsumsi es krim dan juga kue dapat membuat Kamu merasa lebih baik dan lebih berenergi.

Tetapi energi yang Kamu hasilkan ini ternyata juga bisa menguap dan memudar lama-kelamaan. Akibatnya, dalam waktu 3-4 jam kemudian Kamu akan merasa lapar kembali. Selain itu, kandungan gula yang tinggi dalam makanan tersebut juga bisa menyebabkan diabetes.

Makanan Instan dan Cepat Saji

Foto: Ladiestory.id

Terkadang jika Kamu telat bangun untuk sahur, Kamu akan melakukan cara-cara alternatif untuk bisa sahur. Bisa dengan memasak masakan instan atau cepat saji. Akan tetapi jika Kamu memakan makanan instan atau cepat saji, maka rasa kenyang Kamu tidak akan bertahan lama.

Sehingga di tengah-tengah Kamu berpuasa, Kamu akan merasa lapar kembali. Selain itu, makanan instan dan cepat saji mengandung lemak yang tinggi, sehingga dapat menambah berat badan.