Olahraga Baru, Kenali 5 Manfaat Battle Rope bagi Tubuh

Kamis, 21 Juli 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Olahraga Baru, Kenali 5 Manfaat Battle Rope Bagi Tubuh

Ilustrasi Battle Rope. (Special)

Ladiestory.id - Battle rope merupakan sakah satu jenis olahraga kardio. Namun, memang battle rope ini jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Biasanya, olahraga ini hanya dilakukan di tempat pusat kebugaran atau gym saja. Battle rope merupakan olahraga kardio yang menggunakan tali tambang. Tali yang digunakan biasanya memiliki ukuran 10 meter dengan diameter 2 inci. 

Kemudian, tali tambang tersebut diikatkan pada satu tiang. Sehingga, kamu dapat menggerakan tali tambang tersebut dengan beberapa gerakan. Sebenarnya, battle rope menjadi olahraga yang baru. Pasalnya, olahraga ini baru muncul 2006 yang diperkenalkan oleh seorang pelopor pelatih kekuatan fisik, yakni John Brookfield.

Sehingga, tak heran jika olahraga ini belum banyak dilakukan. Padahal, battle rope memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Gerakan Seluruh Tubuh 

Ilustrasi Battle Rope. (Special)

Jika dilihat, olahraga battle rope memang menggerakan tangan saja. Namun, sejatinya olahraga ini mampu menggerakan seluruh tubuh. Pasalnya, otot-otot yang berada di bahu, tubuh, lengan, punggung, hingga bagian bawah tubuh juga ikut bergerak. Kondisi ini bisa terjadi, lantaran tangan bisa diayunkan dengan berbagai cara, bergantung bagian otot mana yang ditargetkan. 

Misalnya, kamu ingin menggerakan otot pada bagian punggung. Maka kamu bisa menggunakan gerakan gelombang bilateral. Gerakan ini merupakan kedua tangan yang mengayunkan tali secara bersamaan. Contoh lain, jika kamu ingin menggerakan otot di tulang belakang, maka kamu bisa menggunakan gerakan unilateral, di mana gerakan ini mengayunkan kedua lengan. 

Minimalisir Cedera

Ilustrasi Battle Rope. (Special)

Beberapa olahraga bisa mengakibatkan seseorang cedera. Bahkan, semudah bersepeda pun bisa membuat seseorang terjatuh. Namun, manfaat yang bisa kamu dapat saat berolahraga battle rope adalah minimalisir risiko cedera. Bahkan, olahraga ini disebut aman untuk para perempuan. 

Bagaimana tidak, battle rope memiliki gerakan yang stabil. Hal ini membuat tekanan di persendian pun nyaris tidak ada. Battle rope mampu membantu oksigen yang mengalir ke jantung tidak terhambat pembuluh darah. Inilah yang membuat aman dari cedera.

Bakar Lemak dengan Cepat

Ilustrasi Battle Rope. (Special)

Olahraga ini sangat cocok dilakukan bagi Kamu yang sedang menjalani program diet. Battle rope mampu membantu berat badan terjaga hingga angkanya menurun. Pasalnya, manfaat battle rope yang paling banyak disukai adalah mampu membakar lemak dengan cepat. Tercatat, battle rope mampu membakar lemak paling tidak 300 hingga 500 kalori setiap harinya. 

Kamu bisa melakukan battle rope secara rutin empat kali dalam seminggu. Setiap melakukan battle rope, kamu bisa menggulang gerakan whipping, dragging, slamming, drumming sebanyak lima hingga sepuluh kali. 

Selain mampu membakar lemak dengan cepat, battle rope menjadi favorit bagi perempuan sibuk. Pasalnya, kamu masih bisa tetap berolahraga meskipun sibuk dengan kerja ataupun mengurus anak. Battle rope hanya membutuhkan waktu 15 hingga 20 menit saja. 

Otot Jadi Lebih Kuat 

Ilustrasi Battle Rope. (Special)

Manfaat lain dari olahraga battle rope adalah memperkuat otot. Saat rutin melakukan olahraga ini, maka otot akan semakin terbentuk dan menjadi lebih kencang. 

Beberapa gerakan seperti whipping, dragging, slamming, drumming tak hanya baik untuk membakar lemak. Namun, pada gerakan yang sama, kamu bisa mendapat manfaat lain, yakni otot menjadi lebih kencang. Gerakan tersebut akan memperkencang otot di bagian paha, bisep, dan bahu

Kesehatan Jantung 

Ilustrasi Battle Rope. (Special)

Beberapa orang yang mengidap penyakit jantung dibatasi dalam olahraga. Pasalnya, beberapa olahraga, seperti lari mampu membuat kondisi jantung tidak baik-baik saja. Nah, salah satu olahraga yang cocok bagi penderita jantung adalah battle rope. Justru olahraga ini membawa manfaat bagi kesehatan jantung. 

Saat seseorang melakukan battle rope, maka darah akan terpompa dan mengalir ke seluruh tubuh termasuk jantung. Sehingga, olahraga battle rope mampu memperkuat jantung dan meningkatkan kesehatan kardiorespirasi.