5 Manfaat Bunga Rosella bagi Kesehatan

Selasa, 11 Oktober 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Bunga Rosella Bagi Kesehatan

Ilustrasi bunga rosella. (Special)

Ladiestory.id - Pernahkah kamu menemukan bunga merah yang dikenal dengan sebutan rosella? Rosella ini ternyata menjadi salah satu tanaman yang biasa dipakai dalam industri pengolahan pangan. Biasanya, bunga rosella digunakan sebagai pewarna alami sintetis. 

Selain itu, tanaman rosella ini dikenal sebagai tanaman perdu atau semak yang biasa tumbuh di musim-musim tertentu. Tanaman rosella memiliki banyak manfaat, mulai dari batang, daun, hingga bunganya sendiri. Dari beberapa bagiannya, bunga rosella sendirilah yang memiliki paling banyak manfaat.

Bunga rosella bukan hanya dimanfaatkan sebagai sumber bahan pewarna alami pada produk pangan, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Menurutmu, apa saja manfaat yang ada dalam tanaman bunga rosella? Berikut beberapa manfaat penting dari bunga merah ini bagi kesehatan. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Turunkan Tekanan Darah

Tekanan Darah Rendah. (Special)

Di dalam kelopak bunga rosella, terkandung senyawa aktif asam organik dan flavonoid. Di mana keduanya itu dapat membantu dalam menurunkan viskositas darah. Apabila viskositas darah menurun, maka kerja jantung juga bisa lebih ringan. Sehingga, tekanan darah pun akan turun. 

Cegah Kerusakan Sel

Ilustrasi kerusakan sel. (Special)

Selain mengandung senyawa aktif asam organik dan flavonoid, kelopak bunga rosella juga mengandung flavanol dan pigmen antosianin. Antosianin adalah senyawa yang memiliki sistem ikatan rangkap terkonjugasi yang biasanya berperan dalam mencegah kerusakan sel akibat paparan sinar UV yang berlebih. Sehingga, penggunaan kelopak bunga rosella dalam pembuatan tabir surya sangat memungkinkan.  

Sebagai Antioksidan

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Kadar antioksidan yang tinggi dalam kelopak bunga rosella ternyata juga bisa menghambat radikal bebas. Semakin pekat warna merah pada kelopak bunga rosella, maka rasanya semakin asam dan kandungan antosianin (sebagai antioksidan) semakin tinggi.

Akan tetapi, bila bunga mengalami proses pemanasan dan pengeringan dengan menggunakan oven, maka kadar antioksidan yang ada akan berkurang. Namun, bila dikonsumsi dalam bentuk kering karena sinar matahari, maka kadar antioksidan berada pada tingkat tertinggi.

Jaga Kesehatan Organ Hati

Ilustrasi jaga kesehatan hati. (Special)

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata ekstrak dari tanaman rosella juga dapat melindungi liver dari kerusakan, seperti steasis dan fibrosis. Kandungan yang ada dalam rosella ini sangat berperan dalam memperbaiki jumlah glutathione yang berkurang, serta menghambat peningkatan jumlah peroksida lemak akibat injeksi penyakit hati. 

Cegah Osteoporosis

Cara Mengatasi Ambeien agar Tidak Kambuh. (Special)

Untuk mencegah osteoporosis, diperlukan kalsium. Dalam rosella, terkandung kalsium yang cukup tinggi, sehingga membantu dalam mencegah osteoporosis. Kalsium yang ada dalam tulang mempunyai dua fungsi, yakni sebagai bagian integral dari struktur tulang dan sebagai tempat penyimpanan kalsium.

Kalsium dan fosfor menjadi unsur utama dalam struktur tersebut, sehingga keduanya harus berada dalam jumlah yang cukup di cairan yang mengelilingi matriks tulang. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi produk olahan dari bunga rosella, maka akan membantumu mencegah osteoporosis.

Selain manfaat-manfaat di atas, Rosella juga memiliki manfaat lain, seperti menjaga kesehatan ginjal, mengurangi gejala batuk yang disertai dengan dahak, menjadi obat untuk program diet, menghaluskan kulit untuk kecantikan wajah, anti kejang (antispasmodik), mengobati cacingan (antelmintik), serta sebagai anti bakteri.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari rosella. Ternyata, tanaman semak kecil yang biasa dijumpai ini memiliki berjuta manfaat bagi kesehatan tubuh ya. Jika dimanfaatkan dan diolah, rosella juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi di pasaran. Rosella sendiri biasa dijual di pasaran dalam bentuk sirup, teh, ataupun selai.