Februari Bulan Vitamin A, Ini Manfaat dan Aturan Pemberiannya untuk Balita

Kamis, 17 Februari 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Februari Bulan Vitamin A, Ini Manfaat Dan Aturan Pemberiannya Untuk Balita

Ilustrasi pemberian vitamin A. (Special)

Ladiestory.id - Pemerintah Indonesia selalu melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satunya adalah dengan memastikan anak-anak Indonesia mendapatkan nutrisi dan gizi seimbang.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan setiap tahunnya selalu melaksanakan program rutin berupa pemberian Vitamin A dan obat cacing bagi balita. Program yang telah dijalankan sejak 1991 tersebut memiliki tujuan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak serta menjauhkan anak dari risiko stunting.

Pemberian suplementasi vitamin A dan obat cacing tersebut dilakukan selama dua kali dalam setahun, yaitu pada Februari dan Agustus. Para orang tua, khususnya orang tua milenial diharapkan tak abai dengan pemberian suplementasi tersebut. 

Ladies, ternyata kapsul vitamin A yang menjadi program pemerintah tersebut diberikan secara gratis untuk semua balita di Indonesia. Lalu seberapa pentingnya vitamin A tersebut? Bagaimana aturan pemberiannya? Ladiestory.id telah merangkumnya untukmu.

Mengenal Vitamin A

Ilustrasi sumber vitamin A. (Special)

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin A memiliki beragam manfaat bagi tubuh salah satunya adalah menjaga kesehatan mata.

Vitamin A atau yang memiliki nama lain retinol ini sebenarnya banyak terkandung dalam berbagai jenis makanan. Jenis makanan seperti ikan, telur, keju, susu, yoghurt dan juga hati memiliki kandungan vitamin A yang tinggi.

Pentingnya Vitamin A

Ilustrasi anak sehat. (Special)

Selain menjaga kesehatan mata, ternyata vitamin A juga memiliki segudang manfaat untuk balita. Salah satunya adalah membuat saluran pencernaan balita menjadi lebih sehat.

Dengan pemenuhan vitamin A yang cukup, maka balita tak akan mudah terserang penyakit. Terlebih penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Bahkan vitamin A juga mampu mengurangi risiko diare yang parah bagi anak.

Tak hanya itu, vitamin A juga memiliki peranan penting dalam pembentukan sistem imun anak. Sehingga anak tak akan mudah terserang penyakit.

Dengan beragam manfaat yang dimilikinya tersebut, WHO juga memberikan anjuran kepada negara di Asia Tenggara untuk memberikan suplementasi vitamin A secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya risiko defisiensi vitamin A pada balita.

Berdasarkan anjuran dari WHO tersebut, pemerintah Indonesia menetapkan Februari dan Agustus sebagai bulan pemberian kapsul vitamin A.

Penerima Kapsul Vitamin A

Ilustrasi pemberian vitamin A. (Special)

WHO memberikan rekomendasi bahwa yang berhak menerima suplementasi vitamin A adalah bayi yang berumur 6-11 bulan dan juga balita berumur 12-59 bulan. Dosis yang diberikan pun berbeda.

Pada bayi berusia 6-11 bulan diberikan vitamin A dengan dosis 100.000 IU. Kapsul vitamin A tersebut berwarna biru. Berbeda lagi dengan balita yang memiliki usia 12-59 bulan akan diberikan vitamin A dengan dosis 200.000 IU. Kapsul vitamin A yang diberikan berwarna merah.

Aturan Pemberian

Ilustrasi kapsul vitamin A. (Special)

Suplementasi vitamin A yang diberikan oleh pemerintah Indonesia adalah berbentuk kapsul lunak. Di dalam kapsul tersebut berisi cairan vitamin A.

Cara memberikannya kepada anak adalah dengan menggunting ujung kapsul dan isinya diminum oleh anak. Pemerintah Indonesia melalui menteri kesehatan juga telah menjamin bahwa kapsul vitamin A yang diberikan tersebut aman, memiliki manfaat dan juga bermutu.

Cara Mendapatkan Kapsul Vitamin A

Ilustrasi pemberian vitamin A. (Special)

Sesuai dengan program pemerintah Indonesia, vitamin A bisa didapatkan secara gratis pada Februari dan Agustus. Cara mendapatkannya pun cukup mudah, vitamin A bisa didapatkan di Puskesmas atau Posyandu.

Bahkan, bagi orang tua yang rajin membawa anaknya ke Posyandu, maka akan secara otomatis terdaftar sebagai penerima vitamin A. Walaupun suplementasi vitamin A telah diberikan kepada anak, namun para orang tua tetap harus memperhatikan asupan nutrisi anak.

Tetap berikan makanan dengan nutrisi dan gizi seimbang, termasuk makanan yang banyak mengandung vitamin A. Hal ini bertujuan agar anak tumbuh sehat dan terhindar dari risiko stunting.