7 Manfaat dari Kunyit Asam bagi Tubuh, Tak Hanya Lancarkan Haid

Jumat, 14 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Manfaat Dari Kunyit Asam Bagi Tubuh, Tak Hanya Lancarkan Haid

Ilustrasi kunyit asam. (Special)

Ladiestory.id - Kunyit asam merupakan bahan racikan herbal alami yang dipercaya membantu mengatasi masalah kesehatan, salah satunya melancarkan haid. Kunyit asam juga mengandung kurkumin yang dapat memproduksi hormon prostaglandin untuk mengurangi rasa sakit. 

Selain melancarkan haid, rupanya kunyit asam juga memiliki tujuh manfaat lain yang berkhasiat bagi tubuh. Apa saja?

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi tubuh sehat. (Special)

Kunyit asam mengandung antioksidan dan vitamin C, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga, dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan virus serta bakteri yang mengancam kesehatan. Selain itu, kunyit asam juga dapat digunakan untuk bahan alami meredakan gejala flu serta menghangatkan tubuh kala cuaca dingin.

Sehatkan Kulit

Ilustrasi perempuan berkulit sehat. (Special)

Masyarakat mempercayai bahwa kunyit asam juga dapat digunakan sebagai bahan alami kecantikan, khususnya untuk menyehatkan kulit. Kandungan antioksidannya disebut mampu menangkal radikal bebas dan melawan garis-garis halus, serta kerutan pada kulit.

Lancarkan Pencernaan

lustrasi pencernaan sehat. (Special)

Kunyit asam juga digunakan sebagai bahan herbal tradisional untuk melawan beragam gangguan kesehatan, di antaranya sembelit, asam lambung, gangguan empedu hingga mengobati penyakit cacingan pada anak. Selain itu, kunyit asam pun dinilai dapat membantu menurunkan berat badan, karena memiliki kandungan zat asam hidroksitikit atau HCA, yang bisa menurunkan kadar lemak tubuh.

Tak hanya itu, kunyit asam juga memiliki manfaat lainnya yakni dapat mengatasi nyeri akibat haid, serta dapat mengatasi penyakit maag atau ulu hati yang kronis. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin dari kunyit asam berperan mengendalikan produksi asam lambung serta empedu yang berlebih.

Atur Gula Darah

Ilustrasi tes gula darah. (Special)

Kunyit asam memiliki kandungan kurkumin yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, kunyit asam juga dapat membantu meningkatkan fungsi insulin serta mengatasi diabetes yang disebabkan oleh peradangan. Racikan obat herbal tradisional dari kunyit asam ini juga dapat mengontrol gejala penyakit gula darah dan diabetes.

Atasi Nyeri Sendi

Ilustrasi nyeri sendi. (Special)

Merasa lelah dan sakit di area sendi juga dapat diatasi dengan mengonsumsi kunyit asam. Kandungan analgesic kurkumin dari jamu kunyit asam juga dapat mencegah rasa sakit akibat nyeri sendi. Selain itu, dengan mengonsumsi jamu kunyit asam juga dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi.

Tingkatkan Fungsi Otak

Ilustrasi berpikir. (Special)

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan fungsi otak dan kemampuan mengingat ialah dengan mengonsumsi kunyit asam. Hal ini dikarenakan kunyit asam memiliki kandungan kurkumin yang juga dapat berperan meningkatkan fungsi otak, khususnya untuk mengingat dan kemampuan untuk berkonsentrasi. Selain itu, mengonsumsi minuman kunyit asam disebut mampu mengurangi depresi dan penyakit alzheimer.

Bantu Atasi Komplikasi Jantung

lustrasi jantung sehat. (Special)

Mengonsumsi jamu kunyit asam juga baik untuk kesehatan tubuh, salah satu manfaatnya ialah dapat mengatasi komplikasi jantung. Kandungan kurkumin pada kunyit asam dapat bekerja sebagai antioksidan dan juga anti radang.

Minuman yang identik berwarna kuning ini lebih baik disajikan dalam keadaan hangat. Agar rasa lebih nikmat, tambahkan dengan asam jawa.

Untuk memperoleh manfaat jamu kunyit asam, sebaiknya kamu mengonsumsinya secara rutin, tapi tidak berlebihan. Selian itu, ada baiknya berkonsultasi dengan ahli sebelum mengonsumi jamu kunyit asam.