6 Manfaat dari Pasta Gigi, Tak Hanya untuk Kebersihan Mulut

Selasa, 18 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Manfaat Dari Pasta Gigi, Tak Hanya Untuk Kebersihan Mulut

Ilustrasi pasta gigi. (Special)

Ladiestory.id - Pasta gigi umumnya digunakan sebagai penunjang untuk membersihkan kotoran dan plak pada gigi, setelah mengonsumsi makanan dan minuman. Selain itu, pasta gigi juga berfungsi untuk melindungi gigi dari masalah gigi berlubang, bakteri dan kotoran yang akan menyerang kondisi pada gigi.

Namun, selain digunakan sebagai alat kebersihan mulut, pasta gigi juga memiliki enam manfaat untuk membantu membersihkan barang rumah tangga. Nah, Ladiestory.id merangkum beberapa manfaat pasta gigi untuk barang rumah tangga maupun keseharian.

Bersihkan Sepatu

Ilustrasi membersihkan sepatu dengan pasta gigi. (The Sun)

Salah satu manfaat yang dapat digunakan dari pasta gigi ialah dapat membersihkan sepatu. Jika sepatumu penuh dengan noda dan kotor, kamu bisa memanfaatkan pasta gigi di rumah untuk mengembalikan kebersihannya.

Kamu bisa mengoleskan pasta gigi di area sepatu yang kotor atau terkena noda. Kemudian, lap hingga bersih permukaan sepatu dengan kain yang lembap.

Bersihkan Noda di Karpet

Ilustrasi karpet bersih. (Special)

Selain sepatu, kamu juga bisa membersihkan kotoran dan noda yang menempel di karpet dengan menggunakan pasta gigi, lho. Gunakan pasta gigi secukupnya, kemudian ambil sikat gigi atau spons untuk membersihkan kotoran dan noda tersebut.

Setelah itu, kamu bisa membersihkan kembali menggunakan kain lembap untuk menghilangkan sisa bekas pasta gigi. Lakukan kegiatan ini sesuai kebutuhan hingga noda dan kotorannya terangkat maksimal.

Bersihkan Noda pada Gelas

Ilustrasi gelas dan piring. (Special)

Manfaat dari pasta gigi selanjutnya ialah membersihkan bekas noda yang menempel pada gelas atau cangkir bekas teh dan kopi. Jika kamu memiliki gelas atau cangkir dengan sisa noda membandel berwarna cokelat atau kuning yang susah hilang, maka kamu bisa menggunakan pasta gigi untuk menghilangkannya.

Caranya mudah, ambil pasta gigi secukupnya kemudian oleskan ke permukaan gelas atau cangkir yang memiliki noda membandel. Setelah itu, gosok dengan spons hingga nodanya terangkat dan bilas hingga bersih.

Bersihkan Catokan Rambut

Ilustrasi catokan. (Specail)

Catokan rambut yang sering digunakan juga bisa kotor dan membuat kondisi rambut kusam. Nah, kamu enggak usah khwatir karena pasta gigi dapat membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada catokan rambut tanpa merusak bagian permukaan keramik.

Caranya, oleskan pasta gigi ke catokan rambut secara merata. Kemudian bersihkan bekas pasta gigi tadi menggunakan kain lembap.

Bersihkan Noda Krayon di Dinding

Ilustrasi noda krayon di dinding. (Special)

Anak-anak dengan segala aktivitasnya kerap melakukan hal-hal yang membuat ibu di rumah menjadi kecolongan. Mereka kerap membuat gambar hingga mencoret-coret permukaan dinding dengan krayon atau pensil warna, sehingga dinding menjadi kotor.

Tak perlu khawatir untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan pasta gigi non-gel untuk membersihkan noda krayon yang menempel di permukaan dinding dengan menggunakan kain lap dan gosok perlahan. Setelah itu, ibu bisa membilas kain dengan air bersih dan dinding kembali bersih kembali

Atasi Rasa Gatal

Ilustrasi gatal. (Special)

Pasta gigi juga bisa digunakan sebagai bahan alternatif untuk mengatasi rasa gatal akibat gigitasn serangga. Kandungan mentol dari pasta gigi memiliki sensasi dingin yang dapat membuat permukaan kulit menjadi lebih rileks.

Caranya, kamu bisa mengambil sedikit pasta gigi, kemudian oleskan ke permukaan kulit yang gatal. Setelah itu, diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih.