Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Shiso Merah untuk Kesehatan

Senin, 3 Januari 2022 | 00:01:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Daun Shiso Merah Untuk Kesehatan

Daun shiso merah atau perilla. (Special)

Ladiestory.id - Daun shiso merah atau yang sering disebut juga dengan daun perilla, menjadi salah satu daun yang memiliki banyak khasiat. Sangat populer di Jepang, daun yang memiliki ciri khas berwarna merah ini tidak hanya digunakan untuk kebutuhan kuliner saja. Namun, juga diketahui sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Daun shiso merah (Perilla frutescens var. crispa) masih satu keluarga dengan daun mint. Di beberapa negara, penyebutan nama untuk daun ini cukup beragam. Namun yang cukup dikenal di banyak kalangan adalah daun shiso merah.

Manfaat Daun Shiso Merah untuk Kesehatan

Daun shiso merah atau perilla. (TVC Zen Body Soap)

Daun shiso merah sudah digunakan oleh orang Asia sejak berabad-abad lamanya. Hingga kini tamanan shiso merah masih terus dibudidayakan di beberapa wilayah di Asia. Di Jepang dan Korea, daun ini banyak digunakan terutama untuk kebutuhan kuliner. Daun shiso merah biasanya ditambahkan dalam olahan makanan maupun minuman.

Jika selama ini banyak diketahui sebagai bahan kuliner, nyatanya daun shiso merah juga memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan tubuh. Hal ini lantaran daun ini mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti asam lemak Omega 3, 6, dan 9. Selain itu juga mengandung kalsium, kalium, zat besi, yodium, dan berbagai macam vitamin.

Berkat kandungan nutrisi yang dimilikinya tersebut membuat daun shiso merah memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari daun dengan warna ungu agak kemerahan ini sebagai berikut.

1. Membantu Menyembuhkan Peradangan pada Tubuh

Kandungan Omega 3 di dalam daun shiso merah sangat bermanfaat untuk menyembuhkan peradangan. Jika Kamu mengonsumsinya, maka bisa menurunkan produksi senyawa tertentu yang menjadi sebab peradangan. Selain itu mengonsumsi daun shiso merah dalam bentuk minyak juga bagus sebagai obat antiradang pada penderita rematik.

2. Mencegah dari Kanker

Daun shiso merah atau perilla. (Special)

Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan yang sangat ditakuti. Agar terhindar daro penyakit berbahaya ini, Kamu perlu melakukan tindakan pencegahan. Selain menjalankan gaya hidup sehat, tidak ada salahnya jika memanfaatkan bahan alami dari daun shiso merah. Hal ini lantaran daun yang satu ini mengandung berbagai nutrisi dan senyawa antioksidan yang bagus untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

3. Mencegah Alergi

Manfaat lain yang bisa Kamu dapatkan dari daun shiso merah adalah untuk menangani kondisi alergi. Terutama untuk alergi yang berhubungan dengan pernapasan. Kandungan nutrisi dalam daun shiso merah bisa mengurangi sensitivitas tubuh yang mudah bereaksi ketika terpapar alergen.  

4. Bagus untuk Kesehatan Kulit

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

Di zaman modern, daun shiso merah banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat-obatan maupun kosmetik. Untuk kebutuhan kosmetik, kandungan asam rosmarinic di dalamnya bisa mencegah reaksi alergi hingga inflamasi kulit. Sehingga, bisa dikatakan jika daun shiso merah memang bagus untuk kesehatan kulit.

5. Menyehatkan Organ Jantung

Asam lemak Omega 3 dan 6 dalam daun shiso merah sangat bagus untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Tak heran jika daun yang satu ini sangat disarankan untuk dikonsumsi. Kandungan asam lemak Omgea 3 dan 6 di dalamnya akan membantu meminimalkan risiko terkena penyakit jantung koroner dan penyumbatan pembuluh darah.