5 Manfaat Infused Water, Tak Hanya Segar Tetapi Juga Sehat

Selasa, 25 Januari 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Manfaat Infused Water, Tak Hanya Segar Tetapi Juga Sehat

Infused water. (Special)

Ladiestory.id - Infused water masih populer dan diminati oleh banyak orang. Minuman yang berisikan potongan buah, sayur ataupun rempah-rempah ini terasa sangat menyegarkan. Selain itu, minuman ini juga dianggap sebagai pelengkap dalam gaya hidup sehat. Infused water dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Cara membuat infused water pun cukup mudah. Ladies, Kamu hanya perlu menyiapkan air mineral dan juga bahan-bahan yang Kamu inginkan. Misalnya potongan buah, sayur ataupun bisa juga rempah-rempah tergantung dengan keinginan.

Kemudian campurkan bahan tersebut dalam botol. Setelah itu diamkan kurang lebih 1-12 jam di dalam kulkas. Setelah didiamkan maka sari bahan akan keluar dan Kamu bisa menikmati manfaatnya.

Dalam infused water terdapat sebagian kandungan dari bahan yang digunakan, yang tentunya memiliki manfaat bagi tubuh. Ladiestory.id telah merangkum beragam manfaat infused water bagi tubuh sebagai berikut.

1. Menjaga Berat Badan

Ilustrasi menimbang berat badan. (Special)
Ilustrasi menimbang berat badan. (Special)

Bahan yang sering digunakan untuk infused water adalah lemon atau jeruk nipis. Buah-buahan tersebut merupakan andalan bagi orang yang sedang melakukan diet penurunan berat badan. Penurunan berat badan tidak terjadi secara langsung. Karena minuman ini hanya berfungsi untuk membantu mengurangi asupan kalori harian.

Dengan minum infused water, Kamu akan merasa kenyang dan tidak tertarik lagi untuk makan secara berlebihan. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral dalam buah lemon dapat membantu menjaga kesehatan tubuhmu.

2. Mencegah Penuaan Dini

Ilustrasi kulit wajah sehat. (Special)
Ilustrasi perempuan dengan kulit wajah sehat. (Special)

Buah-buahan yang sering digunakan untuk infused water seperti jeruk, stroberi, kiwi dan apel mengandung banyak Vitamin C dan antioksidan. Kedua kandungan ini dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit.

Dengan konsumsi infused water dengan buah-buahan tersebut secara rutin, maka bisa membuat kulit menjadi lembap, kencang dan juga sehat. Tentunya juga disertai dengan pola hidup sehat dan perawatan kulit yang tepat.

3. Membuang Racun

Ilustrasi minum infused water. (Special)
Ilustrasi orang minum infused water. (Special)

Banyak orang yang percaya bahwa infused water dapat membantu proses detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh. Namun, pada kenyataannya infused water tidak bisa mendetoks secara langsung. Akan tetapi dengan meminum infused water, maka asupan cairan dalam tubuh semakin banyak, sehingga dapat meringankan kerja ginjal. Atau bisa juga dikatakan memudahkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh.

4. Memperoleh Asupan Vitamin

Ilustrasi makan sehat. (Special)
Ilustrasi perempuan mengonsumsi makan sehat. (Special)

Rasa buah jeruk atau lemon yang masam, terkadang membuat orang enggan menyantapnya. Apalagi dengan sayur seledri yang memiliki bau dan rasa yang menyengat.

Padahal bahan-bahan tersebut memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bagus bagi tubuh. Namun, Kamu akan tetap memperoleh berbagai kandungan vitamin dan mineral dengan mengolah bahan-bahan tersebut menjadi infused water.

Rasa dari infused water tidak sekuat dengan rasa bahan yang asli, selain itu juga terasa menyegarkan. Bahkan kandungan Vitamin C dan Vitamin B kompleks yang biasanya terdapat pada buah-buahan akan keluar dari buah dan larut dalam infused water.

5. Melancarkan Pencernaan

Ilustrasi sakit perut. (Special)
Ilustrasi perempuan sakit perut. (Special)

Kandungan Vitamin B kompleks yang ada dalam sayur atau buah-buahan yang digunakan untuk infused water dapat membantu meringankan kinerja usus. Hal ini dikarenakan kandungan tersebut mampu memecah karbohidrat, protein, dan lemak dari makanan. Selain itu, asupan air yang didapat dari infused water akan mengurangi kemungkinan terjadinya konstipasi atau sembelit.