Baik untuk Kesehatan, 7 Manfaat Jalan Santai yang Perlu Kamu Ketahui

Minggu, 19 Juni 2022 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Baik Untuk Kesehatan, 7 Manfaat Jalan Santai Yang Perlu Kamu Ketahui

Ilustrasi jalan santai. (Special)

Ladiestory.id - Jalan kaki merupakan salah satu aktivitas sehari-hari yang baik untuk kesehatan. Walau tergolong aktivitas fisik ringan, jalan kaki dapat memperlancar peredaran darah.

Aktivitas ini menjadi alternatif olahraga yang mudah dan murah. Lantas, apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari jalan santai? Berikut Ladiestory.id telah merangkum beberapa manfaat dari jalan santai.

Bantu Tingkatkan Kualitas Berpikir

Ilustrasi berpikir. (Special)

Saat seseorang berjalan atau berlari, tekanan yang terjadi pada kaki justru dapat meningkatkan suplai darah ke otak. Hal ini sangat berguna untuk dilakukan mengingat darah merupakan media yang mengangkut makanan dan oksigen ke seluruh organ tubuh, termasuk otak.

Peningkatan suplai darah ke otak juga meningkatkan jumlah makanan dan oksigen yang diterimanya. Hal inilah yang memungkinkan otak berfungsi secara optimal.

Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Ilustrasi manfaat jalan santai. (Special)

Sindrom metabolik, yaitu penumpukan lemak di sekitar perut dan pinggang, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, serta kadar gula darah tinggi adalah salah satu efek terburuk dari gaya hidup tidak sehat. Kondisi ini dapat berkembang menjadi diabetes, penyakit jantung, bahkan kematian.

Oleh sebab itu, olahraga jalan kaki dapat menjadi solusinya. Menurut sebuah penelitian dalam "Nigerian Medical Journal", perkembangan sindrom metabolik dapat dikurangi sebanyak 29 persen secara minimal dengan berjalan selama satu jam per hari.

Pencernaan Lancar

lustrasi pencernaan sehat. (Special)

Sebuah studi pada 2008 di Jerman menemukan bahwa berjalan santai setelah makan dapat mempercepat pergerakan makanan ke seluruh tubuh. Artinya, makanan yang baru saja Kamu konsumsi bisa dicerna lebih cepat dari biasanya.

Jaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi Kesehatan Jantung. (Special)

Sejauh ini sudah cukup banyak penelitian yang menunjukkan bahwa jalan kaki memiliki manfaat yang besar bagi jantung. Salah satunya terjadi pada 2013, ketika peneliti dari California mengumpulkan 33.060 pelari dan 15.045 pejalan kaki untuk penelitian.

Setelah enam tahun berlari, peneliti menemukan bahwa berlari secara teratur atau sekadar berjalan kaki dapat menurunkan risiko serangan jantung, stroke, kolesterol, dan diabetes.

Perkuat Tulang

Ilustrasi tulang kuat. (Special)

Rajin berjalan mengurangi risiko pengeroposan tulang. Ternyata, tidak hanya osteoporosis, olahraga sederhana ini juga bisa mencegah patah tulang dan pengecilan tulang, lho.

Para peneliti dari American Bone Health Association setuju. Mereka pun menjelaskan bahwa, berjalan kaki secara teratur, setidaknya selama enam bulan, dapat memiliki efek positif yang signifikan pada kepadatan tulang.

Bantu Hilangkan Stres

Iluatrasi perempuan bahagia. (Special)

Apakah Kamu mengalami stres karena suatu masalah? Mungkin Kamu bisa meredakannya dengan berjalan kaki. Bagaimana bisa? Hal ini dikarenakan hormon endorfin akan muncul jika Kamu berjalan. Hormon ini membuat suasana hatimu terasa lebih baik dan dapat mengurangi kecemasan serta depresi.

Tingkatkan Sirkulasi Darah

Ilustrasi manfaat jalan santai. (Special)

Sudah diketahui bahwa jalan pagi efektif dalam meningkatkan sirkulasi darah. Mirip dengan jogging, saat berjalan, detak jantung menjadi lebih cepat dan darah dipompa ke seluruh tubuh. Hal ini membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Tidak hanya itu, wajah juga akan tampak lebih berseri apabila peredaran darah lancar.

Dengan rutin melakukan kegiatan sederhana seperti ini, Kamu sudah mendapatkan banyak manfaat yang bisa memperkuat metabolisme tubuh. Bahkan, Kamu tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk mendapatkan manfaat-manfaat di atas, lho!

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi, lakukan satu langkah sederhana untuk menangkal penyakit yang dapat menghinggapi tubuh dengan jalan santai.

s