Muncul di "The Last of Us", Ini 6 Manfaat Jamur Cordyceps

Kamis, 2 Februari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Muncul Di "The Last Of Us", Ini 6 Manfaat Jamur Cordyceps

Ilustrasi jamur Cordyceps. (Special)

Ladiestory.id - Serial "The Last of Us" yang diproduksi oleh HBO Amerika Serikat, belakangan menjadi sorotan publik. Selain karena keterlibatan dua aktor dan aktris Indonesia, yaitu Yayu Unru dan Christine Hakim, serial ini juga menyajikan alur cerita yang menarik.

Dalam serial ini diceritakan bahwa terjadi wabah zombie dalam suatu wilayah yang disebabkan karena adanya infeksi dari jamur Cordyceps. Jenis jamur ini merupakan golongan jamur parasit dan tumbuh dalam larva serangga.

Meskipun dalam serial tersebut diceritakan bahwa jamur Cordyceps membahayakan, namun ternyata jamur ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, lho. Nah, Ladiestory.id telah merangkum enam manfaat jamur Cordyceps bagi kesehatan tubuh. 

Tingkatkan Kinerja Tubuh

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Manfaat pertama dari jamur Cordyceps adalah dapat membantu meningkatkan kinerja tubuh. Pasalnya, jamur ini dapat membantu meningkatkan produksi ATP atau adenosin triphosphate. Sehingga, dengan adanya jamur Cordyceps, maka proses penyaluran energi ke otot menjadi lebih mudah. Selain itu, jamur Cordyceps juga dapat membantu dalam proses penyerapan oksigen ke dalam tubuh terutama saat kamu berolahraga. 

Anti Penuaan

Ilustrasi tanda penuaan. (Special)

Manfaat jamur Cordyceps selanjutnya adalah untuk membantu meminimalisir penuaan dini. Pasalnya, dalam jamur ini terdapat kandungan zat antioksidan. Zat antioksidan ini sangat bagus untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit dan penuaan.

Selain itu, Jamur Cordyceps juga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Cina. Fungsinya adalah untuk mengurangi kelelahan serta mampu membantu meningkatkan gairah seksual. 

Anti Tumor

Ilustrasi simbol tumor payudara (Special)

Adanya zat antioksidan yang ada dalam jamur Cordyceps dapat membantu tubuh dalam melawan sel kanker maupun sel tumor. Jamur Cordyceps juga telah terbukti dapat membantu menghambat proses pertumbuhan banyak jenis sel kanker manusia. Seperti misalnya, kanker paru-paru, usus besar, kulit dan hati. Selain itu, jamur Cordyceps juga sangat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel tumor limfoma maupun melanoma.

Jamur Cordyceps juga dipercaya mampu untuk menghilangkan efek samping dari pengobatan tumor dan kanker. Jamur ini juga bisa mengurangi kemungkinan adanya komplikasi terkait dengan pengobatan kanker.

Kelola Diabetes Tipe 2

Ilustrasi diabetes. (Special)

Dalam jamur Cordyceps juga terdapat kandungan gula. Gula yang terkandung dalam jamur ini diyakini dapat membantu mengobati diabetes tipe dua. Jamur Cordyceps berfungsi untuk menjaga kadar gula darah dalam sehingga tetap stabil. Selain itu, jamur Cordyceps juga berperan menyerupai insulin yaitu mengangkut glukosa ke dalam sel. Sehingga, glukosa di dalam darah tidak terlalu tinggi. 

Jaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi Kesehatan Jantung. (Special)

Jamur Cordyceps ternyata juga memiliki kandungan adenosin. Fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Jadi, dengan adanya jamur Cordyceps yang mengandung adenosin, maka dapat membantu mengurangi risiko cedera jantung. Cedera jantung sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan terjadinya gagal jantung.

Selain itu, jamur Cordyceps juga memiliki manfaat yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol LDL jahat dalam darah. Kolesterol LDL jahat merupakan salah satu penyebab terjadinya penumpukan kolesterol di arteri yang dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner. 

Lawan Peradangan

Ilustrasi saat sesak nafas dan nyeri dada ( Orami )

Jamur Cordyceps juga dipercaya membantu melawan peradangan. Jamur ini berfungsi sebagai suplemen atau obat anti-inflamasi yang berguna mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Sehingga, jamur ini dianggap sangat bermanfaat dalam terapi pengobatan asma. 

Ladies, itulah beberapa manfaat dari jamur Cordyceps yang viral melalui serial "The Last of Us". Penelitian tentang manfaat jamur Cordyceps masih berlanjut hingga sekarang.

Oleh karena itu, kamu perlu berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter ketika akan memanfaatkan jamur ini. Dokter akan memberikan dosis yang tepat sehingga jamur ini dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu.