6 Manfaat Konsumsi Cokelat bagi Ibu Hamil

Rabu, 12 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Manfaat Konsumsi Cokelat Bagi Ibu Hamil

Cokelat Hitam (Special)

Ladiestory.id - Mengonsumsi cokelat ternyata memiliki manfaat yang baik, salah satunya dapat meningkatkan fungsi dan kinerja plasenta pada ibu hamil dan janin. Namun, saat hamil pun, tidak semua ibu bisa merasakan nikmatnya camilan cokelat ketika dikonsumsi.

Bahkan, ada mitos yang beredar di masyarakat bahwa ibu hamil dilarang untuk mengonsumsi cokelat. Namun, tahukah bumil? Mengonsumsi cokelat dapat memberikan 6 manfaat baik seperti berikut ini, loh?

Kurangi Stres

Bumil. (Special)

Pada saat hamil, tentunya setiap wanita akan merasakan perubahan hormon dan mood yang berbeda-beda. Bumil akan mudah merasa lelah, emosi, bahkan sedih hingga menangis. Perubahan suasana hati ini juga dapat diatasi dengan mengonsumsi cokelat.

Mengonsumsi cokelat dapat mengurangi hormon kortisol akibat stres. Selain itu, manfaat mengonsumsi cokelat saat hamil pun dapat berpengaruh pada perkembangan janin dalam kandungan.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Bumil. (Special)

Ibu hamil dapat mengonsumsi dark chocolate yang memiliki kandungan baik bagi ibu dan janin dalam kandungan. Kandungan nutrisi pada dark chocolate juga membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Hal ini dikarekanan cokelat mengandung zat besi dan magnesium yang dapat membantu mengurangi anemia serta dapat meningkatkan sel darah merah.

Kaya Antioksidan

Bumil. (Special)

Cokelat juga mengandung antioksidan dan flavonoid yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, sangat disarankan jika bumil memilih kandungan atau bahan cokelat dengan kandungan rendah gula, bahkan bebas dari bahan pengawet.

Selain mengonsumsi cokelat batangan atau camilan cokelat, bumil juga dapat mengonsumsi ice cream yang tentunya dapat disesuaikan dengan selera bumil.

Cegah Preeklamsia

Bumil. (Special

Preeklamsia merupakan suatu gejala yang dapat menyebabkan bayi lahir prematur. Selain itu, gejala preeklamsia juga dapat ditandai dengan tekanan darah tinggi saat kehamilan berlangsung.

Bumil juga dapat menyiasatinya dengan mengonsumsi camilan cokelat dengan takaran yang tepat dan juga tidak terlalu berlebihan agar janin dalam kandungan juga bisa mendapatkan nutrisi, protein, dan energi utama dari makanan dan minuman sehat lainnya.

Cegah Penyakit Jantung

Ilustrasi Kesehatan Jantung. (Special)

Kandungan antioksidan dari cokelat hitam atau dark chocolate juga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Hindari pemilihan cokelat mousse, karena cokelat jenis ini sangat tidak disarankan bagi ibu hamil dan juga bayi dalam kandungan.

Hal ini dikarenakan cokelat mousse memiliki kandungan telur mentah yang dapat mengakibatkan toksoplasmosis serta dapat membawa bakteri salmonella pada janin dalam kandungan. Bumil juga dapat mengonsumsi dark chocolate, semakin tinggi tingkat kualitas dark chocolate, maka sangat baik bagi ibu dan janin.

Atur Tekanan Darah

Ilustrasi pereiksa tekanan darah. (Special)

Kandungan theobromine dalam cokelat juga dapat mengatur laju tekanan darah khususnya bagi ibu hamil. Selain itu, theobromine juga dapat membantu menjaga aliran darah yang sehat kepada janin dalam kandungan. Oleh karenanya, mengonsumsi cokelat bagi ibu hamil juga sangat disarankan, namun dalam kapasitas atau komposisi yang wajar dan tidak berlebihan.

Itulah ke 6 manfaat dari mengonsumsi cokelat yang baik bagi ibu hamil dan juga janin dalam kandungan. Alangkah lebih bijak jika bumil dapat mengontrol asupan cokelat setiap harinya sebagai camilan pendukung.

Namun, bumil tidak boleh mengabaikan dalam mengonsumsi makanan dan minuman sehat utama yang menghasilkan sumber gizi, nutrisi, protein ,dan energi yang baik bagi ibu dan juga janin dalam kandungan.

Memanjakan diri dengan mengonsumsi cokelat saat kehamilan sah-sah saja, bumil juga harus menjaga asupan kafein yang terkandung dalam cokelat agar tidak menyebabkan efek samping yang bisa terjadi pada ibu dan janin. Semoga bermanfaat.