Pertahankan Berat Badan Ideal, 7 Manfaat Kopi untuk Kesehatanmu

Sabtu, 23 Juli 2022 | 14:00:00

Pertahankan Berat Badan Ideal, 7 Manfaat Kopi Untuk Kesehatanmu

Ilustrasi Kopi (Pinterest.com)

Ladiestory.id - Minuman berkafein seperti kopi seringkali menjadi menu pilihan masyarakat, apalagi di tengah suntuknya kegiatan. Hal ini membuat banyak gerai yang berbondong-bondong menyediakan menu kopi enak dengan beragam variasi, yang diharapkan dapat semakin memikat penggemarnya.

Kabar baiknya, selain membuatmu bersemangat dan senang saat menyeruput, secangkir kopi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya studi demi studi yang menunjukkan bahwa kopi dipenuhi zat yang dapat membantu menjaga kondisi kesehatan, terlebih pada perempuan, termasuk penyakit Alzheimer dan penyakit jantung.

Berikut ini beberapa manfaat minum kopi untuk kesehatan.

Memelihara Kesehatan Liver

Ilustrasi Orang Sakit (Pinterest.com)

Terdapat beberapa penyakit yang dapat menyerang organ hati atau liver, seperti hepatitis, perlemakan hati, sirosis, dan kanker hati. Namun, seperti yang disebutkan dalam Journal of Clinical Gastroenterologi, dengan mengonsumsi kopi berpotensi mengurangi jumlah lemak pada hati.

Menjaga Kesehatan Jantung

Ilustrasi Orang Sakit Jantung (Pinterest.com)

Gagal jantung merupakan penyakit di mana jantung yang lemah mengalami kesulitan dalam memompa cukup darah ke tubuh. Hal ini dapat diatasi dengan meminum satu hingga dua cangkir kopi dalam sehari untuk menangkalnya. Namun, manfaat kopi untuk menjaga kesehatan dan melindungi penyakit masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Ilustrasi Orang Cek Gula Darah (Pinterest.com)

Umumnya, penyakit diabetes terjadi ketika pola makan dan pola hidup tidak baik. Hormon insulin pada tubuh juga kurang banyak sehingga tidak bisa mengikat dan mengatur gula di dalam darah.

Namun, kamu jangan khawatir, para peneliti di Harvard menemukan, bahwa meminum kopi sebanyak lebih dari satu cangkir per hari dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 sebanyak 11 persen. Namun, bagi orang yang mengurangi asupan kopi sebanyak satu cangkir per hari, justru meningkatkan risiko terkena diabetes sebesar 17 persen.

Lalu, pada sebuah studi terbaru yaitu pada 2018 menunjukkan, bahwa efek jangka panjang dari kopi dan kafein dapat dikaitkan dengan penurunan risiko pradiabetes dan diabetes.

Mencegah Penyakit Parkinson

Ilustrasi Deteksi Penyakit Parkinson (Pinterest.com)

Sebuah penelitian di Hawai, Amerika Serikat mengungkap, manfaat kopi untuk mencegah penyakit parkinson. Penelitian tersebut dilakukan pada 8 ribu partisipan yang dipantau selama 30 tahun. Hasilnya, ditemukan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko penyakit ini 20 tahun kemudian. Hal ini menunjukkan bahwa kafein yang terdapat dalam kopi dapat membantu mencegah penyakit parkinson. Tak hanya itu, mengonsumsi kopi juga diyakini berpotensi membantu penderita parkinson dalam mengontrol gerakan tubuh agar lebih baik.

Memelihara Kesehatan Otak

Ilustrasi Orang Memegang Secangkir Kopi (Pinterest.com)

Seiring bertambahnya usia, fungsi otak biasanya semakin menurun. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsi kopi untuk mengurangi risiko tersebut. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dan senyawa anti radang pada kopi akan mencegah peradangan sel-sel otak.

Selain itu, jurnal Practical Neurology menyebutkan, bahwa mengonsumsi kopi dapat mencegah penurunan fungsi kognitif otak, penyakit parkinson, dan penyakit alzheimer. Penyakit alzheimer sendiri diketahui menyebabkan daya ingat dan kemampuan berpikir akan semakin buruk serta memengaruhi perubahan perilaku dalam kegiatan sehari-hari.

Namun, sebaiknya kamu juga memenuhi asupan makanan bergizi yang berasal dari buah dan sayur, serta rutin berolahraga.

Mempertahankan Berat Badan Ideal

Ilustrasi Timbang Berat Badan (Pinterest.com)

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal, bahkan juga dapat menurunkan berat badan, loh. Salah satunya, studi yang dipublikasikan di European Journal of Clinical Nutrition yang mengamati perbandingan frekuensi minum kopi antara individu yang ingin menurunkan berat badan dan yang tidak.

Hasilnya, mereka yang ingin menurunkan berat badan dilaporkan minum lebih banyak kopi dan minuman berkafein daripada yang tidak. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi mampu mempercepat metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh.

Menambah Energi dan Meningkatkan Fokus

Ilustrasi Orang dan Kopi (Pinterest.com)

Kandungan kafein dalam kopi diketahui dapat meningkatkan hormon adrenalin, sehingga tubuh menjadi lebih berenergi. Selain itu, kafein juga dipercaya dapat membangun sel-sel dalam otak agar lebih fokus.

Meski kopi memiliki berbagai manfaat dalam kesehatan, kamu tetap harus membatasi konsumsi kopi dalam jumlah banyak agar tidak menimbulkan dampak buruk. Selain itu, kamu juga bisa menghindari konsumsi kopi menjelang tidur malam agar tidak insomnia.