Jangan Dibuang! 5 Kulit Mangga untuk Kesehatan

Rabu, 15 Juni 2022 | 00:01:00

Muna Alkatiri

Penulis : Muna Alkatiri

Jangan Dibuang! 5 Kulit Mangga Untuk Kesehatan

Ilustrasi mangga. (Special)

Ladiestory.id - Mangga merupakan salah satu buah tropis yang memiliki banyak penggemar. Tak hanya rasanya yang enak, kandungan buah ini juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bukan hanya daging buahnya, kulit mangga juga memiliki kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan, lho!

Setiap satu buah mangga mengandung setidaknya 15 sampai 20 persen kulit. Berdasarkan studi milik C.M. Ajila dan Prasada Rao, peneliti dari Central Food Technological Research Institute (CSIR), kulit mangga kaya akan senyawa fenolik, karotenoid, dan senyawa bioaktif.

Beberapa asam fenolik yaitu asam galat, asam siringat, asam protocatechuic, dan flavonoid berupa quercetin dan kaempferol. Senyawa lainnya adalah resveratrol, serat, vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium, magnesium, natrium, serta zat besi.

Ladies, apakah Kamu sudah tahu apa saja manfaat kulit mangga? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baik untuk Kesehatan Jantung

Ilustrasi kesehatan jantung. (Special)

Penelitian yang telah dilakukan oleh Farkhanda Arshad dan sejumlah peneliti lain dari Pakistan dan Saudi Arabia menunjukkan bahwa kulit mangga mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan dapat membantu melidungi dari penyakit, seperti penyakit jantung.

Senyawa antioksidan akan membantu melawan radikal bebas. Ia juga dapat memerangi masalah obesitas. Obesitas diketahui menjadi salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Dipercaya Memiliki Kandungan Pencegah Kanker

Ilustrasi pita kanker. (Special)

Berdasarkan penelitian dari Kah Min Yap dan sejumlah peneliti dari Malaysia dan Paris, kulit mangga memiliki kandungan yang dapat mencegah kanker, yaitu asam fenolik dan flavonoid. 

Kandungan tersebut dapat menghambat proliferasi sel, yang kemudian mencegah risiko tumor. Kulit mangga menunjukkan efek perlindungan terhadap berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker usus besar.

Baik untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi cek gula darah. (Special)

Serat dan antioksidan memiliki manfaat untuk mencegah diabetes. Dengan konsumsi kulit mangga, kadar gula pada tubuh yang tiba-tiba melonjak dapat dihindari. Tak hanya itu, kerusakan pankreas akibat stres oksidatif juga dapat dicegah dengan kulit mangga. 

Hal ini telah diuji melalui studi dari Liliana Serna, Estefania Garcia Gonzales, dan Chirtian Torres Leon. Studi mereka dimuat dalam jurnal berjudul "Food Reviews International". 

Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi menimbang berat badan. (Special)

Kulit mangga memiliki kandungan serat unik, yaitu pektin. Pektin berperan penting dalam penurunan risiko obesitas. Dengan mengonsumsi kulit mangga, Kamu akan merasa lebih kenyang dengan jumlah asupan kalori yang lebih sedikit. 

Studi milik beberapa peneliti dari Thailand dan India menunjukkan bahwa hasil konsumsi kulit mangga lebih baik dibandingkan dengan diet tinggi protein.

Baik untuk Sistem Imun

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Penelitian oleh Anitra C Carr dan Silvia Maggini, peneliti dari University of Otago dan Bayer Consumer Care Ltd., menunjukkan bahwa kulit mangga mengandung sekitar 18 sampai 257mg per gram vitamin C. Seperti diketahui, Vitamin C menjadi nutrisi yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. 

Nah, gimana nih Ladies? Masih mau buang kulit mangga begitu saja?

s