Tak Hanya Nikmat, Ini 5 Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatan

Jumat, 12 Agustus 2022 | 00:01:00

Tak Hanya Nikmat, Ini 5 Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan

Ilustrasi orang mengonsumsi makanan pedas. (Allkpop)

Ladiestory.id - Makanan pedas menjadi salah satu makanan yang digemari banyak orang. Bahkan, tak sedikit acara mukbang yang membuat konten dengan jumlah sambal yang banyak.

Tak hanya nikmat dan menggugah selera saat makan, ternyata makanan pedas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja? Berikut Ladiestory.id merangkum lima manfaat makanan pedas untuk kesehatan.

Tingkatkan Metabolisme

Ilustrasi orang berperut buncit. (Special)

Makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh. Pasalnya, jika kamu konsumsi makanan pedas, temperatur tubuh meningkat dan membantu membakar lebih banyak kalori yang dapat menghambat penyimpanan lemak.

Kandungan capsaicin, yang dapat menghasilkan rasa pedas dan panas, dalam cabai akan mengurangi lemak di tubuh. Menurut penelitian, makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme hingga lima persen.

Selain itu, metabolisme ynag meningkat secara tidak langsung akan memengaruhi nafsu makan. Sementara, makanan pedas dapat meningkatkan metabolisme yang lebih cepat. Hal ini akan menyebabkan diet yang lebih cepat berhasil.

Cegah Penyakit Jantung

Ilustrasi kesehatan jantung. (Special)

Melansir laman WebMD, mengonsumsi makanan pedas akan membantu mencegah penyakit jantung. Pada sebuah studi, capsaicin yang terkandung dalam cabai akan mengurangi peradangan dan menurunkan kemungkinan penyakit jantung.

Rasa panas yang dirasakan di lidah karena capsaicin berguna untuk menurunkan kolesterol. American Chemical Society menjelaskan, kandungan capsaicin selain mengurangi penumpukan kolestrol juga meningkatkan aliran darah menghambat arteri di jantung.

Baik untuk Pencernaan

ilustrasi sakit perut. (Special)

Makan-makanan pedas tidak selalu berdampak buruk bagi pencernaan. Makanan pedas juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

Meskipun begitu, kamu tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas. Karena, rasa pedas cabai yang berasa; dari kombinasi asam, saat masuk dalam sistem pencernaan akan meningkat kadar asamnya. Dampak yang terjadi adalah gangguan pada lambung.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Ilustrasi tubuh sehat. (Special)

Manfaat lain mengonsumsi makanan pedas adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari penyakit yang menyerang. Karena, cabai dan paprika banyak kandungan vitamin C dan A yang baik untuk daya tahan tubuh.

Atasi Hidung Tersumbat

Ilustrasi hidung tersumbat. (Special)

Terakhir, manfaat dari zat pedas cabai juga dapat mengatasi masalah hidung tersumbat atau ingusan. Karena, kandungan capsaicin dan allyl isothiocyanate yang masuk ke mulut akan mengiritasi selaput lendir.

Lendir yang mengakibatkan hidung ingusan bisa disebabkan jamur, bakteri dan virus. Oleh sebab itu, kamu bisa coba dengan mengonsumsi makanan pedas.

Selain itu juga kamu perlu perbanyak istirahat dan cukupi kebutuhan cairan agar sistem imun dalam tubuh dapat bekerja secara efektif untuk melawan dari berbagai penyakit.

Semoga bermanfaat!