Jadi Pendamping Sarapan, Intip 5 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

Kamis, 7 Juli 2022 | 12:05:00

Siti Juliyanti

Penulis : Siti Juliyanti

Jadi Pendamping Sarapan, Intip 5 Manfaat Minum Kopi Di Pagi Hari

Ilustrasi minuman kopi. (Special)

Ladiestory.id - Kopi merupakan salah satu minuman yang dikonsumsi oleh miliaran orang di seluruh dunia. Memiliki beberapa cita  rasa dan jenis, tak heran jika banyak orang menjadikan minuman satu ini sebagai yang terfavorit. 

Tidak hanya enak dikonsumsi,  ternyata kopi juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh lho, Ladies. Apalagi lagi ketika meminumnya di pagi hari.

Setidaknya ada 5 manfaat yang bisa didapatkan dengan minum kopi di pagi hari. Lalu apa saja manfaatnya? Berikut Ladiestory.id akan merangkumnya untuk kamu. 

Membangun Energi untuk Menjalani Hari

Ilustrasi manfaat minum kopi di pagi hari. (Special)

Para pecinta kopi mungkin tahu rasanya jadi berenergi setelah minum secangkir kopi. Dilansir dari ScienceDaily.com, menunjukkan fakta dari beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa minum kopi akan membuat sebagian orang merasa tenang dan terjaga. Oleh karena itu, tidak heran jika orang-orang selalu membiasakan minum kopi sebelum menjalani hari.

Meningkatkan Penurunan Berat Badan

Ilustrasi manfaat minum kopi di pagi hari. (Special)

Kandungan kafein dalam kopi kerap dikaitkan dengan penurunan berat badan. Dikutip dari ScienceDaily.com, terdapat fakta dari penelitian di University of Georgia bahwa wanita yang mengonsumsi kafein saat menjalankan diet akan mengalami peningkatan energi. Hal inilah yang menyebabkan menurunnya rasa lapar saat sedang diet. Penelitian ini bukan tanpa alasan, lantaran telah dilakukan pada populasi orang yang mengkonsumsi kafein.

Jadi buat kamu yang sedang menjalankan diet, kafein dalam minuman kopu bisa dikonsumsi untuk meningkatkan penurunan berat badan. Namun pastikan kamu meminumnya dalam jumlah yang wajar ya, Ladies! Sebab mengonsumsi kafein secara berlebihan bisa menimbulkan reaksi tidak menyenangkan bagi tubuh. 

Meningkatkan Fungsi Otak 

Ilustrasi manfaat minum kopi di pagi hari. (Special)

Selain kafein, kopi juga diketahui mengandung antioksidan dan nutrisi lain yang mana kerap dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak. Dilansir dari ScienceDaily.com, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat membantu meningkatkan rentang perhatian dan konsentrasi.

Dengan kata lain, minum kopi bisa membantu kamu untuk fokus dan tetap penuh perhatian. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan memori jangka pendek dan mencegah penurunan kognitif.

Melindungi Organ Jantung

Ilustrasi manfaat minum kopi di pagi hari. (Special)

Kopi dapat melindungi jantung kamu dengan menurunkan tekanan darah. Sebuah studi baru-baru ini yang dilaporkan di situs resmi National Institue of Health (NIH), menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang minum kopi tanpa kafein.

Selain itu, tinjauan dari studi klinis menemukan bahwa minum kopi dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit arteri koroner. Namun, untuk bagian tepatnya kopi bisa melindungi organ jantung masih belum jelas.

Meskipun demikian, para ahli percaya bahwa kopi dapat bekerja dalam menurunkan volume darah.

Meningkatkan Stabilitas dan Keseimbangan 

Ilustrasi manfaat minum kopi di pagi hari. (Special)

Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan minum kopi di pagi hari adalah bisa digunakan sebagai senjata untuk menstabilkan kesehatan mental. Bukan tanpa sebab, kafein dalam minuman kopi mampu membantu tubuh agar tetap tenang saat merasa stress atau cemas.

Selain itu, kafein juga bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi, yang mana dapat berguna untuk tetap fokus pada pekerjaan maupun studi kamu. Dikutip dari ScienceDaily.com, penelitian tersebut merupakan temuan dari studi di situs National Institue of Health (NIH).