7 Manfaat Minyak Eucalyptus bagi Tubuh dan Kecantikan Kulit

Sabtu, 25 Februari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Manfaat Minyak Eucalyptus Bagi Tubuh Dan Kecantikan Kulit

Minyak Eucalyptus. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, mungkin kamu sudah tak asing mendengar kandungan minyak eucalyptus pada kecantikan ataupun bahan alternatif kesehatan. Nah, tanaman yang berasal dari Australia dan tersebar di daerah Papua Nugini ini memiliki ciri khas tanaman dengan daun berbentuk oval dan panjang.

Tanaman ini pun sering digunakan sebagai obat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Nah, berikut ini tujuh manfaat minyak eucalyptus bagi tubuh dan kecantikan kulit yang telah dirangkum Ladiestory.id.

Atasi Tubuh Pegal-pegal

Ilustrasi pegal. (Special)

Dikenal memiliki sifat antibakteri, minyak eucalyptus ini ampuh mengatasi kondisi tubuh yang pegal. Hal ini dikarenakan tanaman eucaplyptus juga memiliki sifat analgesik serta anti-inflamasi, sehingga minyak ini dapat membantu merangsang sistem saraf tubuh dan mencari titik rangsangan berbahaya.

Nah, bagi kamu yang sering mengalami tubuh pegal-pegal, kamu pun bisa memanfaatkan minyak eucaplyptus ini dan mengusapnya ke titik tubuh yang terasa pegal dan nyeri. Tak hanya itu, minyak eucalyptus ini juga dapat membantu menghilangkan rasa stres serta sakit di area tubuh lainnya.

Redakan Batuk

Ilustrasi batuk. (Special)

Minyak eucalyptus juga bermanfaat untuk meredakan batuk serta menghilangkan lendir yang menempel di tenggorokan maupun dada.  Maka ,tak heran banyak kandungan eucalyptus dalam kemasan obat-obatan sebagai bahan utamanya.

Kamu pun bisa memanfaatkan minyak eucalyptus ini dengan cara mengoleskannya ke bagian dada ataupun bagian leher yang terasa gatal akibat batuk. Lama-kelamaan pun kamu akan merasakan khasiatnya.

Lancarkan Pernapasan

Ilustrasi perempuan rileks. (Special)

Jika kamu memiliki riwayat gangguan pernapasan dan asma, maka kamu dapat memanfaatkan minyak eucaplyptus ini sebagai obat alami untuk melancarkan pernapasan. Kamu dapat mencampur minyak eucalyptus ke dalam uap air hangat dan meghirup aromanya untuk membersihkan pernapasan akibat lendir.

Tingkatkan Kinerja Otak

Fungsi Otak (Special)

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dari minyak eucalyptus ini ialah dapat membantu meningkatkan kinerja dan fungsi otak. Minyak eucalyptus sering dijadikan sebagai obat terapi baik itu minyak maupun aromaterapi yang dapat merangsang fungsi otak untuk bekerja secara optimal.

Selain itu, eucalyptus ini memiliki sifat vasodilator yang dapat membantu meningkatkan aliran pembuluh darah sehingga tidak mengganggu kinerja jantung dalam memompa darah.

Rawat Kesehatan Mulut dan Gigi

Anak sakit gigi. (Special)

Minyak eucalyptus juga dapat bermanfaat untuk merawat kesehatan mulut dan gigi. Hal ini dikarenakan eucalyptus memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu merawat gigi berlubang, mengatasi radang pada gusi, plak gigi serta dapat menghilangkan bau mulut.

Sifat antibakteri ini juga diperkaya dengan bahan aktif yang sama seperti kandungan dalam pasta gigi. Selain itu, sifat antibakteri ini juga dapat mencegah munculnya infeksi pada gigi.

Bunuh Kutu Rambut

Ilustrasi kutu rambut. (Special)

Tak hanya merawat tubuh, minyak eucalyptus juga bermanfaat untuk membunuh kutu rambut, lho. Eucaplyptus pun diketahui sebagai salah satu tanaman yang dapat membasmi serangga dan pestisida alami, khsusnya dalam membunuh kutu rambut.

Selain itu, minyak eucaplyptus ini pun dapat bermanfaat untuk mengatasi ketombe dan masalah kulit kepala yang gatal.

Atasi Jerawat dan Bruntusan Kulit

Ilustrasi Wajah Berjerawat. (Special)

Bagi kecantikan, minyak eucalyptus berkhasiat untuk membantu mengatasi masalah jerawat dan bruntusan pada kulit. Kandungan antibakterinya pun dapat mempercepat proses penyembuhan infeksi untuk mengobati masalah jerawat.

Tak hanya itu, minyak eucaplyptus ini pun dapat mengatasi berbagai masalah kulit lainnya seperti eksim, sun spots, noda hitam di wajah, hingga penuaan dini. Kamu pun bisa memanfaatkan minyak eucalyptus dan minyak zaitun sebagai pelembap alami wajah serta sebagai penangkal untuk sinar UV.