Baik untuk Kesehatan Mental, Intip 5 Manfaat Piknik

Senin, 18 Juli 2022 | 20:15:00

Baik Untuk Kesehatan Mental, Intip 5 Manfaat Piknik

Ilustrasi keluarga sedang piknik. (Special)

Ladiestory.id - Traveling, piknik atau berwisata adalah kegiatan menyenangkan, terutama jika sebelumnya kamu berada di tengah kesibukan yang sangat menyita waktu. Kegiatan piknik atau wisata saat ini bukan hanya sebuah kebutuhan tapi tren masa kini. Pasalnya, gaya liburan seseorang dapat dieskpresikan lewat media sosial.

Piknik saat ini juga sudah semakin berkembang, dari tujuan, lokasi, apa yang akan dilakukan, hingga budget yang bisa disesuaikan. Piknik pun bisa dinikmati sendiri alias solo traveler maupun bersama teman, keluarga hingga orang terkasih. 

Kebutuhan piknik juga bisa disesuaikan dengan gaya kamu dalam beraktivitas, Ladies. Misalnya, jika kamu suka gaya sporty, kamu bisa melakukan piknik ke tempat adventure ke alam terbuka, seperti naik gunung, melihat danau ataupun berenang di laut. Sedangkan, bagi kamu yang suka arsitektur bangunan yang unik, kamu bisa mengunjungi tempat bersejarah, seperti kota tua ataupun museum.

Lalu mengapa seseorang harus meluangkan waktu untuk piknik? Ternyata, jika kamu tidak piknik dalam jangka waktu yang lama, kamu bisa stres, lho. Lantas, apa saja manfaat piknik bagi kesehatan kamu? Ladiestory.id merangkum beberapa manfaat piknik, terutama bagi kesehatan mental.

Tidak Gampang Emosi

Ilustrasi Emosi. (Shutterstock/wayhome studio)

Dilansir Forbes, gejala awal yang bisa kamu dapati ketika tidak rutin piknik adalah mudah sekali untuk marah atau emosi. Hal ini karena kepenatan atau kejenuhan yang melanda di tengah kesibukan kamu, baik dalam pekerjaan maupun sekolah. Selain itu, ramainya kendaraan dan kemacetan bisa menambah rasa jenuh dan penat kamu.

Untuk itu, kamu perlu melakukan piknik untuk melepas rasa penat. Dengan piknik, maka kamu bisa lebih bahagia dan tidak mudah marah dan emosi.

Tidak Mudah Tersinggung

Ilustrasi tersinggung. (Special)

Mengutip Online Library Wiley, gampang tersinggung atau bawa perasaan (baper) merupakan gejala lain dari kurang piknik. Hal ini karena dunia kamu hanya itu-itu saja dan tidak ada lagi warna yang bisa memberikan suasana baru dalam hidupmu. Itulah kenapa jika kamu rutin untuk piknik atau wisata maka akan membuat kamu lebih bahagia dan tidak mudah tersinggung. 

Lebih Bijaksana

Ilustrasi bijaksana. (Special)

University of Nottingham mengungkapkan bahwa dengan rutin piknik atau berwisata dapat membuat perasaan dan hati lebih lapang. Dengan menghirup udara yang segar atau melihat tempat dan suasana baru, pastinya membuat diri kamu akan fresh lagi. Sehingga, kamu akan lebih bijaksana dalam melihat permasalahan yang mungkin ada dan mengganggu pikiran.

Dengan rutin untuk melakukan piknik bersama keluarga atau orang terkasih, kamu pun bisa lebih bijaksana dalam memaksimalkan quality time, lho.

Lebih Ikhlas dan Pasrah

Ilustrasi Ikhlas. ( Shutterstock / yellowj )

Jika kamu rutin piknik, maka kamu telah menikmati hidup. Hal ini bisa membuatmu lebih menghargai hidup, sehingga kamu akan lebih ikhlas dan pasrah, terutama saat mempunyai masalah yang mungkin sulit dilewati.

Sehatkan Tubuh dan Psikis

Ilustrasi menyehatkan fisik dan psikis. (Instagram.com/my_life.travel)

Melansir Forbes, piknik juga dapat menyehatkan tubuh, jiwa dan psikis. Piknik ke tempat favorit bersama orang terdekat bisa membuat tubuh kamu lebih sehat, apalagi jika disertai melakukn aktivitas fisik. Hal ini pun dapat membuat mental lebih sehat.

Apakah kamu sudah punya rencana piknik, Ladies?