6 Manfaat Puasa bagi Kesehatan, Bantu Turunkan Berat Badan

Senin, 4 April 2022 | 20:25:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

6 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Bantu Turunkan Berat Badan

Ilustrasi buka puasa. (Special0

Ladiestory.id - Puasa merupakan ibadah yang wajib dilakukan umat Islam saat Ramadan. Selain memberikan nilai ibadah, puasa yang dijalankan secara benar juga dapat memberi manfaat bagi kesehatan. 

Tak hanya untuk kesehatan fisik, puasa juga dapat menyehatkan mental, Ladies. Lantas apa saja manfaat puasa untuk kesehatan? Nah, Ladiestory.id telah merangkum beberapa manfaat puasa bagi kesehatan.

Turunkan Berat Badan

Ilustrasi menimbang berat badan. (Special)

Kebiasaan tidak sehat seperti makan terlalu banyak atau tidak teratur bisa dihilangkan saat berpuasa. Pasalnya, tubuh akan menerima makanan pada waktu yang sama setiap harinya. 

Kondisi ini dapat mengoptimalkan proses pembakaran lemak. Alih-alih menggunakan gula, tubuh berpeluang menggunakan lemak sebagai sumber energi.

Agar berat badan turun secara efektif, sebaiknya kontrol jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sebisa mungkin, pilihlah makanan sehat, seperti buah dan sayur. 

Detoks 

lustrasi pencernaan sehat. (Special)

Selama berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman selama beberapa waktu. Kondisi ini membuat sistem pencernaan beristirahat sejenak, sehingga dapat membuang kotoran dan racun dalam tubuh. Proses detoksifikasi ini membuat metabolisme tubuh lancar dan mengoptimalkan fungsi organ. 

Turunkan Risiko Penyakit Jantung

lustrasi jantung sehat. (Special)

Menurut salah satu penelitian, berpuasa baik untuk kesehatan jantung. Bahkan, berpuasa secara teratur diyakini dapat menurunkan risiko penyakit jantung.  

Hal ini pun turut berdampak pada menurunya risiko diabetes dan kadar kolesterol dalam tubuh. Tentunya, manfaat ini dapat Kamu rasakan jika mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka. 

Kontrol Kadar Gula Darah

Foto: Ladiestory.id

Puasa bermanfaat untuk mengurangi resistensi terhadap insulin serta kadar gula darah berlebih. Pasalnya, insulin mengolah glukosa dalam darah secara efektif dan menjadikannya sebagai sumber energi.

Perbaiki Fungsi Otak

Ilustrasi perempuan berpikir. (Special)

Menurut pendapat para ahli, berpuasa bermanfaat untuk memperbaiki fungsi otak. Hal ini dikarenakan, puasa merangsang pelepasan BDNF (brain-derived neurothropic factor) di otak. 

Diketahui, kondisi ini dapat meningkatkan fungsi kerja otak dan memproduksi lebih banyak sel-sel. Selain itu, BDNF pun berguna untuk melindungi sel-sel otak, mengurangi depresi, serta risiko demensia atau pikun.

Sehatkan Mental

Ilustrasi perempuan bahagia. (Special)

Berpuasa juga memiliki dampak positif bagi kesehatan mental. Menurut sebuah studi, tubuh dapat memproduksi endorfin atau hormon yang membuat bahagia lebih banyak saat puasa. 

Jika hormon ini bertambah, maka mood bahagia juga meningkat. Sehingga, dapat mencegah depresi dan dan meminimalkan kecemasan.