Bagus untuk Diet, 8 Manfaat Rebung bagi Kesehatan

Jumat, 6 Januari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Bagus Untuk Diet, 8 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan

Ilustrasi rebung. (Special)

Ladiestory.id - Rebung adalah salah satu bahan yang kerap diolah menjadi berbagai macam masakan. Rebung yang bisa dikonsumsi berasal dari tunas bambu muda, yaitu jenis Phyllostachys edulis atau Bambusa vulgaris atau bambu kuning. Rebung memiliki cita rasa dan bau yang khas.

Bau khas yang dimiliki oleh rebung membuat sebagian orang merasa enggan untuk mengonsumsinya. Namun, di balik cita rasa dan bau khas rebung, ternyata terdapat manfaat baik bagi kesehatan. Nah, berikut Ladiestory.id telah merangkum delapan manfaat rebung bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. 

Jaga Tekanan Darah

Ilustrasi pereiksa tekanan darah. (Special)

Rebung memiliki kandungan mineral, salah satunya adalah kalium atau potasium. Kalium atau potasium tersebut bermanfaat untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Sehingga, dengan mengonsumsi rebung dapat menghindarkan kamu dari risiko hipotensi maupun hipertensi. 

Bagus untuk Diet

Ilustrasi Jaga Berat Badan (Special)

Rebung diketahui memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Dalam rebung terdapat kandungan lemak, gula, dan sodium. Kandungan tersebut sangat bagus bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Selain itu, terdapat juga kandungan serat yang cukup tinggi pada rebung. Kamu akan merasa lebih cepat kenyang ketika mengonsumsi rebung sehingga dapat mengurangi porsi makan. 

Lindungi Jantung

Ilustrasi Kesehatan Jantung. (Special)

Manfaat rebung selanjutnya bagi kesehatan adalah dapat melindungi jantung. Rebung memiliki kandungan fitosterol dan fitonutrien. Kedua kandungan tersebut dapat membantu melarutkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Sehingga, akan mengurangi risiko terjadinya serangan jantung dan membuat jantung menjadi lebih sehat. 

Tingkatkan Imun

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Mengonsumsi rebung ternyata juga dapat membantu meningkatkan sistem imun, lho. Daya tahan tubuh perlu dijaga, terutama di musim penghujan seperti sekarang agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin serta mineral, sehingga rebung bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, rebung juga memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas.

Sehatkan Pencernaan

Ilustrasi pencernaan sehat. (Special)

Kandungan serat dalam rebung yang cukup tinggi selain bagus untuk program diet juga bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan, serat merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk melancarkan proses pencernaan.

Jadi, jika kamu mengonsumsi makanan yang cukup serat seperti rebung, maka kamu akan terhindar dari risiko sembelit atau susah buang air besar.

Atasi Gangguan Pernapasan

Ilustrasi saat sesak nafas dan nyeri dada (Special)

Rebung sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi gangguan pernapasan. Cara memanfaatkannya adalah dengan mencampur air rebusan rebung dengan madu. Larutan tersebut bisa kamu konsumsi untuk mengurangi rasa sakit akibat adanya gangguan pernapasan. 

Turunkan Kolesterol

Ilustrasi Kolesterol (Special)

Manfaat selanjutnya yang akan kamu dapatkan dengan mengonsumsi rebung adalah kadar kolesterol jahat dalam darah akan turun. Pasalnya, rebung memiliki kemampuan untuk melarutkan kolesterol jahat.

Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu juga perlu memperhatikan cara pengolahan rebung yang tepat. Jika rebung diolah dan dimasak dengan santan atau minyak yang berlebih, maka akan menyebabkan manfaat ini berkurang. 

Cegah Kanker

Ilustrasi kanker. (Special)

Manfaat terakhir rebung bagi kesehatan adalah dapat mencegah kanker. Adanya kandungan fitosterol di dalam rebung memiliki sifat antikanker. Sehingga, dengan mengonsumsi rebung dapat membantu mencegah terjadinya beberapa jenis kanker, seperti kanker paru, kanker lambung, kanker payudara, dan kanker ovarium.