Memakai Daster saat WFH? Tidak Masalah, yang Penting Jaga Kesehatan dengan Cara Ini

Selasa, 24 Maret 2020 | 10:50:55

LS Health

Penulis : LS Health

Memakai Daster saat WFH? Tidak Masalah, yang Penting Jaga Kesehatan dengan Cara Ini

Apa kabarmu, Ladies? Bukan, bukan hanya apakah kamu sedang demam atau tidak--tapi juga kesehatan pikiran dan jiwa kamu? Di hari ini, kemungkinan kamu sudah hapal dan rajin untuk selalu mencuci tangan dan menutup mulut dan hidung ketika bersin dengan tisu (langsung buang) atau lengan (jika tisu tidak ada). Dan sekarang, mungkin tempat kerjamu sudah memberlakukan sistem bekerja dari rumah dan social distancing. Nah, #workfromhome ada enaknya (misalnya, bisa memakai daster dan tidak dandan sehari, kecuali saat ada video call) dan kurang enaknya (kasur dan Netflix adalah godaan terbesar). Terlepas dari semua itu, yang pasti kamu mesti menjaga kesehatan karena menjaga kekebalan tubuh adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memerangi virus. Hal sederhana apa yang bisa kamu lakukan? Berikut di antaranya--dan praktikkan dari sekarang dan sampai selamanya. 

Hindari Stress dan Overthinking

Kondisi stres akan memicu beberapa reaksi, seperti tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit, dan kamu pun akan bernapas lebih cepat. Hal ini disebabkan tubuh melepas hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon tersebut juga mampu meluapkan energi secara percuma sehingga kamu merasa mudah lelah.

Lakukan Olahraga Ringan dan Teratur

Pagi hari merupakan waktu yang sangat cocok untuk dihabiskan dengan berolahraga. Oleh karena tidak mungkin ke gim, maka lakukanlah latihan-latihan sederhana di rumah. Seperti, naik-turun tangga, atau manfaatkan aplikasi dan video-video olahraga di YouTube. 

Pastikan Tidur yang Cukup

Manfaat tidur cukup bagi kesehatan memang tidak boleh disepelekan. Tidur yang cukup memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh kamu. Walaupun kamu telah menerapkan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur, jika tidak diikuti dengan tidur yang cukup, maka semua itu akan sia-sia.

Konsumsi Sayuran, Buah dan Makanan Sumber Antioksidan

Antioksidan berfungsi untuk kesehatan tubuh, terutama untuk menangkal radikal bebas. Untuk memenuhi kebutuhan antioksidan, kamu bisa konsumsi  buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan seperti bayam, brokoli, kacang-kacangan, alpukat dan masih banyak lagi. 

Berjemur di Pagi Hari

Bukan hanya bayi, semua orang dari berbagai tingkat usia dapat memperoleh manfaat paparan sinar matahari pagi. Anjuran untuk berjemur di pagi hari, misalnya sambil berolahraga atau sekadar duduk di teras rumah, bukanlah tanpa alasan. Di samping meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh, ada beragam manfaat paparan sinar matahari pagi bagi kesehatan kamu.

Banyak Minum Air Putih

Kamu perlu banyak mengonsumsi air agar tubuh tidak dehidrasi atau kekurangan air, yang bisa menyebabkan tubuh lemas, otot lemah dan kram, tidak fokus, meningkatkan risiko kelelahan karena panas, dan bahkan stroke.

Ayo kita sama-sama jaga diri dan keluarga untuk tetap #dirumahaja! Sampai saat ini, #dirumahaja masih menjadi pilihan terbaik dan efektif untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19! Tetap jaga kesehatan tubuh dan mental ya, Ladies!

Sumber foto utama: Unsplash.com/ Jacqueline Kelly

Berita Terkait