Menguntungkan, 3 Tanaman Buah Yang Paling Bermanfaat

Friday, 16 Jul | 12:40:25

LS Health

Penulis : LS Health

Menguntungkan, 3 Tanaman Buah Yang Paling Bermanfaat

Foto: Website/orami

Berkebun atau bercocok tanam menjadi sesuatu hal yang menyenangkan. Apalagi ketika sudah tiba masa panen. Memelihara tumbuhan ternyata memang memiliki daya tarik tersendiri. 

Bicara mengenai tumbuhan, sebenarnya ada berbagai jenis. Salah satunya adalah tanaman buah. Secara umum, tanaman buah adalah tumbuhan yang menghasilkan buah sehingga dapat dikonsumsi oleh mahkluk hidup lain. 

Asal mula buah berawal dari proses penyerbukan dari putik dan benang sari. Biasanya tanaman buah merupakan tumbuhan tahunan yang memiliki sumber vitamin pada buah.

Meskipun demikian, tanaman buah mulai dibedakan menjadi beberapa jenis. Apabila dilihat dari fungsinya, ada yang bisa dimakan namun ada juga yang punya fungsi berbeda. Faktanya, ada berbagai jenis buah yang dapat ditemukan di sekitar kita dari hasil tanaman buah. 

Dalam bidang ekonomi dan bisnis, ada beberapa Tanaman Buah Yang Menguntungkan. Pengelompokkan ini diliht melalui tingkat kebutuhan masyarakat dan peluang yang besar pada buah-buahan itu.

Akhirnya, manfaat itu tidak hanya dirasakan oleh pengusaha atau penjual buah saja. Tapi keuntungan besar dapat diperoleh para petani buah-buahan. Biasanya proses pemanfaatan yang dilakukan dengan cara budidaya sehingga mendapatkan keuntungan yang besar. 

Faktanya, tidak semua buah menguntungkan. Ini adalah deretan tanaman buah yang menguntungkan.

Foto: Website/sehatq

1. Mangga

Alasan buah mangga menguntungkan karena memiliki banyak manfaat, mudah ditanam dan banyak disukai oleh masyarakat. Selain itu untuk mengelola buah ini dapat dikatakan mudah dan bisa dijadikan apa saja.

Foto: Website/agrotek.id

 

2. Nanas

Salah satu buah yang menjadi komoditas tanaman sering dimnfaatkan sebagai makanan. Buah berwarna kuning juga digemari oleh masyarakat.

cara menikmati nanas bisa dimakan secara langsung dan diolah dalam berbagai jenis makanan. Hal ini yang membuat beberapa perusahaan dan pabrik besar membutuhkan pasokan buah nanas pada skala besar.

Tidak hanya itu, nanas dapat dijadikan sebagai keripik, selai, sirup, sari buah dan olahan lainnya. Buah nanas dapat dikatakan peluang usaha budidaya yang menjanjikan.

Foto: Website/dijelas.in

3. Pisang

Buah yang sangat familiar dan rasanya tidak asing di telinga kita. Pisang dapat dikatakan sebagai buah untuk segala usia dari anak-anak hingga orang tua.

Selain popular, buah ini dapat dijadikan bahan makanan yang diolah menjadi berbagai sajian makanan dan minuman. 

Penggemar buah pisang dapat dikatakan tinggi. Hal ini yang membuat budidaya pisang banyak dilakukan. Dari berbagai jenis pisang, sala satu contohnya adalah pisang ambon.

Peluang usaha budidaya pisang ambon memang menjanjikan dan budidaya pisang ambon dikatakan tidak sulit.

Budidaya pisang ambon dilakukan dengan mudah tanpa teknik secara khusus. Selain itu, pisang ambon dapat ditanam pada berbagai tempat selama tanahnya subur.

Masa tanam atau budidaya pisang ambon hanya sebentar sehingga kita mudah memetik hasil panennya.