Menimpa Anne Heche Usai Kecelakaan, Apa itu Mati Otak?

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 17:55:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Menimpa Anne Heche Usai Kecelakaan, Apa Itu Mati Otak?

Potret Anne Heche. (Special)

Ladiestory.id - Aktris kenamaan Anne Heche beberapa waktu lalu mengalami kecelakaan mobil di Los Angeles, Amerika Serikat. Kala itu, Anne mengendarai mini cooper biru, yang kemudian menabrak sebuah rumah di Walgrove Avenue, West Los Angeles.

Anne Heche dikenal publik melalui karya-karyanya, seperti film "Donnie Brasco" (1997), "Volcano" (1997), "Six Days, Seven Nights" (1998) dan "Return to Paradise" (1998). Kecelakaan tersebut mengakibatkan Anne harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Ia pun mengalami koma, hingga akhirnya dinyatakan dengan status mati otak.

“Tidak ada harapan untuk selamat,” tutur pihak keluarga, dilansir dari People pada Jumat (12/8/2022).

Anne diketahui mengalami cedera pada otak anoxic parah. Hal ini mengakibatkan otak tidak bisa mendapat aliran oksigen sehingga memicu terjadinya kematian pada otak. Lalu, sebenarnya apa mati otak itu?

Pengertian Mati Otak

Ilustrasi mati otak. (Special)

Mengutip dari Verywellhealth, seseorang yang mengalami mati otak cenderung memiliki jantung yang masih berdetak. Dada sang pasien juga akan naik turun saat bernafas dengan bantuan ventilator. 

Bahkan, kulit sang pasien memungkinkan untuk terasa hangat saat disentuh. Penderita mati otak cenderung terlihat seperti orang yang sedang beristirahat. Hal ini disebabkan lantaran terjadinya kerusakan pada bagian otak yang tersembunyi, bukan di bagian yang mudah terlihat.

Mati otak dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari stroke, serangan jantung atau cedera pada bagian kepala. Sehingga, penderita mati otak tidak mengalami regenerasi sel-sel dalam otak secara aktif. Keadaan semacam ini juga sangat sulit untuk kembali pulih.

Keluarga Anne menyampaikan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu dan mengirimkan doa atas kesembuhan Anne.

“Terima kasih kepada staf dan perawat yang telah berdedikasi selama merawat Anne di Grossman Burn Center. Namun, sayangnya karena kecelakaan ini Anne mengalami otak anoxic parah dan koma dalam kondisi kritis. Ia sepertinya tidak dapat bertahan hidup,” tutur perwakilan keluarga Anne.

Penyebab Mati Otak

Ilustrasi mati otak. (Special)

Mati otak bisa terjadi jika suplai darah atau oksigen ke otak terhenti. Sehingga, jaringan otak pun menjadi mati dan tidak bisa berfungsi. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti gangguan fungsi jantung (misalnya: henti jantung dan serangan jantung), stroke, cedera kepala yang parah, perdarahan otak, infeksi pada otak, tumor otak, dan herniasi otak.

Tanda Mengalami Mati Otak

Ilustrasi mati otak. (Special)

Seseorang dapat dinyatakan mengalami mati otak jika mengalami beberapa tanda tertentu. Pertama, berada dalam kondisi koma yang tidak bisa disadarkan. Ketika menentukan kondisi apakah seseorang bisa sadar atau tidak, dokter akan mencari penyebabnya.

Meski sangat jarang terjadi, ada beberapa kondisi yang membuat seseorang seolah-olah mengalami mati otak padahal tidak, seperti hipotermia, gangguan metabolik, keracunan atau overdosis hingga kondisi vegetatif.

Kedua, tidak ada refleks, seperti mata tidak terpaku pada wajah pemeriksa ketika kepala digerakkan ke kiri dan ke kanan. Pupil mata tidak mengecil ketika disinari cahaya hingga tidak adanya refleks batuk atau muntah.

Terakhir, tidak ada napas. Dokter biasanya akan mengecek beberapa alat vital, seperti denyut nadi atau detak jantung. Seseorang yang dinyatakan mati otak biasanya ditandai dengan tidak bisa bernapas sendiri serta jantungnya tidak berdetak dan tidak ada denyut nadi.

Itulah penjelasan mengenai mati otak yang di alami oleh aktris Anna Heche. Semoga, ia diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan. Selamat jalan Anne, karyamu selalu terkenang.