Merasa Gatal Saat Stress Melanda, Ketahui Penjelasan Medisnya!

Rabu, 29 November 2023 | 14:17:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Merasa Gatal Saat Stress Melanda, Ketahui Penjelasan Medisnya!

Ilustrasi gatal. (Special)

Daftar isi

Ladiestory.id - Semua orang tentu pernah merasakan dan mengalami stress. Dan pada saat merasakan stress, reaksi yang ditimbulkan setiap individu sangat bermacam-macam.

Ada individu yang menangis tersedu-sedu saat merasa stress, ada individu yang diam seribu bahasa serta tidak menunjukkan ekspresi apapun saat merasa stress, dan yang biasa ditemui adalah individu yang merasa gatal saat stress.

Dan merasa gatal saat stress rupanya adalah hal yang wajar, dan ada penjelasan medisnya. Bukan tanpa alasan, saat merasa stress hormon-hormon yang ada pada tubuh meningkat.

“Sebenernya stress itu secara psikis akan mempengaruhi hormonal kita. Secara hormonal sendiri itu kita harus melampiaskan itu ke sesuatu yang ada, kita itu merasa bahwa kulit itu hal yang paling pertama dicapai,” jelas dr. Amelia S. Soebyanto, Sp. DV, di kawasan Jakarta Pusat pada Rabu (22/11/2023).

Saat merasa stress, hormon-hormon tubuh meningkat salah satunya adalah hormon kortisol. Otak bereaksi dengan melepaskan hormon kortisol sebagai reaksi tubuh untuk mempertahankan diri dari ancaman.

“Sampai sekarang ini mekanisme kenapa sih stress itu menyebabkan gatal tuh masih belum diketahui secara pasti, cuman ada beberapa penelitian yang menghubungkan kalau stress itu biasanya hormon-hormon meningkat, salah satunya adalah hormon kortisol,” ungkap dr. Eko Prakoso Wibowo.

“Hormon kortisol ini adalah hormon yang akan dikeluarkan bila tubuh sedang stress. Hormon kortisol ini nantinya akan meningkatkan pengeluaran dari media-media pro inflamasi, yang menyebaban peradangan yang akan berakhir pada gatal itu sendiri,” tambahnya.

Selain itu melansir dari hellosehat, sebuah studi dalam Neuroscience & Biobehavioral Reviews (2018) menemukan bahwa stress juga bisa menyebabkan kondisi gatal kronis pada pengidap psoriasis, eksim, dan urtikaria (biduran) semakin parah.

Cara Mengobati

Terdengar sangat klise, namun, cara mengobati rasa gatal pada saat stress adalah dengan cara belajar mengelola stress itu sendiri.

Kondisi tersebut juga bisa diatasi dengan perawatan rumah. Namun, bisa juga mengatasinya dengan mengonsumsi antihistamin yang dijual

Selain itu, terdapat beberapa anjuran yang dapat dilakukan apabila merasakan kulit gatal-gatal, yang di antaranya adalah:

  • Tidak menggaruk daerah kulit yang gatal karena makin digaruk, kulit bisa semakin gatal.
  • Jaga kuku jari tetap pendek untuk mencegah luka pada kulit akibat menggaruk berlebihan.
  • Mengompres dengan kain dingin dan basah untuk menenangkan kulit yang meradang.
  • Mandi air hangat dan hanya gunakan sabun ringan tanpa pewarna atau pewangi agat tidak menyebabkan iritasi kulit.
  • Hindari zat-zat yang memicu iritasi atau reaksi alergi, seperti perhiasan, parfum, produk kulit, kosmetik, atau pembersih yang mengandung pewangi.
  • Gunakan pelembap atau oleskan salep antigatal untuk mengurangi sensasi kulit gatal.
  • Oleskan krim kortikosteroid untuk menenangkan peradangan. Namun, ingat, Anda perlu konsultasi dokter untuk memperoleh dosis lebih tinggi pada kasus yang lebih berat.