Perbedaan Mugwort dan Kenikir yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Minggu, 12 September 2021 | 06:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Perbedaan Mugwort dan Kenikir yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Foto: Ladiestory.id

Apa itu Mugwort? Apakah kamu salah satu orang yang mengira bahwa mugwort adalah kenikir? mugwort merupakan jenis tanaman herbal yang sering digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan.

Di Indonesia sendiri mugwort dikenl dengan nama daun baru Cina. Tanaman ini dapat tumbuh hingga sepanjang 1-2 meter. Daun mugwort memiliki bentuk memanjang dengan pertulangan yang menyirip.

Perbedaan Mugwort dan Kenikir

Sebenarnya kedua tanaman ini berbeda. Memang bentuk daun dari mugwort dan kenikir mirip.

 

Foto: Ladiestory.id

Adakah Tanaman Mugwort di Indonesia? 

Mugwort adalah tanaman herbal yang sering disebut juga sebagai daun baru Cina. Mugwort merupakan tanaman yang akhir-akhir ini populer dijadikan bahan skin care asal Korea Selatan. Selain itu, tanaman ini memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan, seperti mengatasi gangguan menstruasi, pencernaan, hingga psikologis.

Mugwort berasal dari Eropa utara dan Asia. Di Indonesia, mugwort dikenal dengan nama daun baru Cina. Dulunya, daun ini  digunakan oleh tentara Romawi untuk meredakan nyeri pada kaki dengan meletakkannya di dalam sepatu. Tanaman ini bisa tumbuh dengan panjang sekitar 1-2 meter.

Daun mugwort bentuknya memanjang dengan pertulangan yang menyirip. Permukaan bawah daun berwarna keputih-putihan karena terdapat bulu yang cukup lebat.

Manfaat Mugwort Bagi Kesehatan

Mugwort dinilai berkhasiat bagi kulit berkat kandungan senyawa antibakteri, antijamur, dan antiradang di dalamnya. Tanaman ini juga mengandung berbagai jenis vitamin dan antioksidan yang dapat memperkuat lapisan pelindung kulit. Nah, berikut ini beberapa manfaat mugwort bagi kesehatan.

1. Meredakan gatal pada penderita luka bakar

Seiring pemulihan, luka bakar akan menimbulkan rasa gatal yang mengganggu. Hampir setiap orang yang mengalami luka bakar akan merasakan gatal pada area luka, tepi luka, atau bagian kulit yang menempel dengan kulit donor pada luka bakar yang parah.

Salah satu penelitian yang dimuat dalam Rehabilitation Nursing Journal menemukan bahwa losion mugwort berpotensi meredakan gatal pada penderita luka bakar. Losion tersebut dibuat dari ekstrak mugwort, mentol, etanol murni, dan air suling.

2. Melancarkan menstruasi dan mengatasi masalahnya

Foto: Ladiestory.id

Mugwort dipercaya mampu melancarkan menstruasi, membuat siklus menstruasi lebih teratur, hingga mengatasi keluhan sakit akibat menstruasi.

Daun baru Cina juga dianggap memiliki senyawa yang mampu membuat rahim berkontraksi. Itulah yang membuatnya bermanfaat dalam melancarkan menstruasi dan membantu proses persalinan.

3. Memperkuat lapisan pelindung kulit

Kulit terlindungi oleh lapisan pelindung yang tersusun dari beberapa jenis protein, di antaranya filaggrin dan loricrin. Produksi kedua protein ini dipengaruhi oleh gen tertentu dalam tubuh. Jika produksinya menurun, kulit dapat menjadi kering dan sensitif.

Sebuah penelitian dalam International Journal of Molecular Science menemukan bahwa ekstrak mugwort memiliki manfaat dalam melindungi kulit. Tanaman ini mengaktifkan gen yang memproduksi filaggrin dan loricrin sehingga lapisan pelindung kulit tetap kuat.

Apa itu Kenikir?

Foto: Ladiestory.id

Bagi masyarakat Indonesia, daun kenikir bukanlah hal yang asing. Daun ini sering diolah sebagai lalapan, campuran untuk menu pecel, atau bisa juga ditumis. Namun, selain digunakan untuk menemani makan kita, daun kenikir juga dikenal sebagai tanaman obat karena khasiatnya yang baik bagi kesehatan.

Daun yang memiliki nama latin Cosmos caudatus ini memiliki kandungan berupa karbohidrat, protein, hingga zat besi, yang pastinya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jadi jangan heran apabila tanaman yang berasal dari Amerika Latin ini cukup digemari oleh sebagian masyarakat.

Daun kenikir sendiri merupakan tumbuhan tropis. Tumbuhan kenikir juga kerap dijadikan sebagai penghias pagar karena adanya bunga-bunga yang indah.

Manfaat Kenikir Bagi Kesehatan

Sama seperti mugwort, kenikir juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat kenikir.

1. Mencegah Hipertensi

Daun ulam raja atau daun kenikir diyakini mampu menurunkan risiko penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Research in Medical Sciences. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa ekstrak daun ulam raja dapat menghambat peningkatan frekuensi detak jantung pada hewan uji coba.

Hal ini karena daun kenikir memiliki efek diuretik yaitu kemampuan untuk meningkatkan pembuangan garam dari dalam tubuh. Sehingga kelebihan garam dalam darah yang menjadi penyebab hipertensi dapat dicegah dengan mengonsumsi sayuran yang satu ini.

Menurut hasil uji coba, efek diuretik yang dimiliki oleh daun kenikir hampir setara dengan efek diuretik dari obat-obatan antihipertensi.

2. Atasi Diabetes

Foto: Ladiestory.id

Daun kenikir juga berkhasiat untuk mengatasi diabetes. Kenikir memiliki efek antidiabetes. Dalam sejumlah penelitian, kenikir dinilai memiliki enzim yang mampu menghambat penyerapan glukosa dalam sistem pencernaan. Kenikir juga memiliki kemampuan untuk mengatasi hiperglikemia atau kadar gula tinggi dalam darah.

Kenikir juga mampu menetralkan kadar insulin pada penderita diabetes tipe-2. Selain itu, kenikir juga dapat menghambat alpha-glukosidase, enzim yang memecah karbohidrat yang lebih besar menjadi molekul glukosa yang lebih kecil.

Dengan menghambat alpha-glukosidase, tubuh akan melepaskan glukosa lebih lambat ke aliran darah, sehingga dapat mengatur ketersediaan glukosa dengan insulin.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Khasiat daun kenikir selanjutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tanpa sistem kekebalan yang baik, tubuh dapat terserang bakteri, virus, parasit, dan banyak lagi. Daun kenikir memiliki kandungan vitamin C dan B yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Sifat antibakteri pada daun kenikir dinilai juga mampu melindungi tubuh dari berbagai macam bakteri. Selain itu, vitamin C juga akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Secara umum, 100 gram daun kenikir mengandung 2,9 g protein, 0,6 g karbohidrat, 0,4 g lemak, dan 93,1 g air. Tanaman ini juga mengandung 64,6 mg vitamin C, 3568 μg beta-karoten, 0,13 mg vitamin B1, dan 0,24 mg vitamin B2.

Jadi mugwort itu beda dengan kenikir. Namun, kedua tanaman sama-sama memiliki manfaat bagi kesehatan.