BAB Lancar, Yuk Konsumsi 5 Minuman Kaya Serat Ini!

Rabu, 12 Januari 2022 | 09:30:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Bab Lancar, Yuk Konsumsi 5 Minuman Kaya Serat Ini!

Ilustrasi perempuan minum jus. (Special)

Ladiestory.id - Lama berada di toilet tapi sulit buang air besar (BAB) menjadi salah satu tanda sembelit atau konstipsi. Berdasarkan sebuah studi oleh Mayo Clinic pada 2015 lalu, sembelit mempunyai prevalensi sekitar 20 persen di populasi dunia pada biasanya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Kamu susah buang air besar. Sembelit biasanya terjadi karena ada masalah pada saluran pencernaan, pola makan rendah serat, sampai malas bergerak.

Jika dibiarkan, maka dapat menyebabkan sejumlah komplikasi, seperti wasir atau ambeien, hingga pembengkakan dinding anus. Sebagai salah satu solusi, telah banyak obat pencahar atau laksatif yang dapat mengatasi sembelit.

Namun, ada baiknya Kamu menggunakan cara alami untuk atasi sembelit. Hal yang bisa Kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya serat dan zat gizi.

Serat berfungsi mempermudah pencernaan ketika makanan terdapat di dalam usus. Dengan mengonsumsi makanan atau minuman tinggi serat, gangguan pencernaan seperti sembelit pun bisa dihindari. Untuk bantu atasi sembelit, Ladiestory.id merangkum beberapa minuman kaya serat dan gizi yang bisa Kamu buat di rumah.

1. Smoothie Buah Berry

Ilustrasi smoothie buah berry. (Special)

Kelompok buah dari jenis berry, baik itu blueberry, strawberry, ataupun raspberry, mengandung serat yang cukup tinggi. Pada segelas strawberry segar misalnya, dapat memberikan serat sebanyak delapan gram bagi tubuh Kamu. Rasanya yang lezat diikuti dengan sedikit asam menjadikan buah-buahan ini terasa lebih nikmat ketika dikonsumsi langsung ataupun dibuat minuman.

2. Jus Buah Plum Kering

Ilustrasi jus buah plum kering. (Special)

Buah plum pun dikenal mengandung serat yang sangat tinggi, baik plum segar maupun yang telah dikeringkan. Pada buah plum ada kandungan nutrisi, seperti magnesium, kalium, dan sorbitol, yang dapat membantu meningkatkan kinerja pada usus besar. Sehingga, pencernaan jadi lebih sehat dan memperlancar buang air besar. Kamu bisa mengonsumi buah plum secara langsung atau mengolahnya menjadi jus.

3. Air dan Jus Lemon

Ilustrasi jus lemon. (Special)

Sudah bukan rahasia lagi bila lemon mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain mempunyai kandungan antioksidan dan kaya akan vitamin C, lemon juga mengandung serat yang tinggi. Perasan air atau jus lemon dapat mencegah tubuh dari kekurangan cairan maupun dehidrasi.

4. Smoothie Pisang

Ilustrasi banana smoothie. (Special)

Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan lokal yang juga mempunyai manfaat cukup banyak bagi kesehatan. Pada satu buah pisang sendiri rata-rata mempunyai kandungan serat sebanyak 1,9 gram. Buah dengan warna kuning ini pun terasa lezat dan manis jika dikonsumsi secara langsung ataupun diolah menjadi minuman lain, misalnya smoothie pisang.

5. Jus Apel

Ilustrasi jus apel. (Special)

Apel biasanya dikenal sebagai salah satu buah yang mempunyai jumlah serat tinggi, dan mampu melancarkan sistem pencernaan tubuh. Dalam satu buah apel memiliki kandungan serat sebanyak 2,6 gram serta kalsium vitamin A dan juga vitamin C. Buah ini bisa Kamu konsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus apel. 

Selamat mencoba!