5 Mitos Konsumsi Buah Pisang Malam Hari, Benarkah Bisa Bikin Gemuk?

Rabu, 22 September 2021 | 19:30:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Mitos Konsumsi Buah Pisang Malam Hari, Benarkah Bisa Bikin Gemuk?

Foto: Ladiestory.id

Buah pisang pasti sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang di Indonesia. Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang digemari banyak orang karena rasanya yang lezat, mengenyangkan, dan memiliki segudang manfaat.

Selain memiliki berbagai kandungan yang baik untuk tubuh seperti karbohidrat dan serat yang bisa mengisi energi instan, ternyata pisang bisa berubah menjadi buah yang membahayakan kesehatan apabila terlalu banyak dikonsumsi.

Mitos Konsumsi Pisang Saat Malam

Pisang salah satu buah yang kerap menjadi kontroversi di dunia kesehatan. Banyak mitosnya yang menyebabkan masyarakat ragu mengonsumsi pisang apalagi saat malan hari.

Karena pisang sendiri memiliki sifat terapeutik yang terkait dengan sejumlah masalah kesehatan. Maka dari itu, buah pisang ini tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan.

Berikut ini mitos efek memakan pisang sebelum tidur yang banyak beredar di masyarakat.

1. Tidak baik untuk penderita diabetes

Foto: Ladiestory.id

Buah ini mengandung indeks glikemik rendah, sehingga sangat direkomendasi untuk menstabilkan kadar gula darah. Faktanya, bukannya tidak baik untuk penderita diabetes, tetapi pisang aman untuk dikonsumsi siapa pun, sekalipun untuk penderita diabetes.

2. Tidak boleh dimakan orang hipertesi

Kemudian ada mitos yang mengatakan bahwa pisang tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh orang hipertesi. Nah nyatanya hal ini hanya mitos dan tidak benar.

Pisang merupakan sumber yang kaya vitamin B6, mineral dan serat dan sarat dengan kalium. Pisang tak mengandung kolesterol jahat dan lemak jahat yang berbahaya bagi orang hipertensi. Jadi baik orang hipertesi ataupun orang lain tak masalah memakan pisang.

3. Dapat menyebabkan sakit perut

Foto: Ladiestory.id

Kemudian ada juga mitos bahwa jika mengonsumsi pisang dapat menyebabkan sakit perut. Faktanya pisang tak bikin sakit perut jika dikonsumsi. Karena pisang kaya akan serat dan pektin. Ini membuat kamu mencegah kembung dan mengundang bakteri baik.

4. Memiliki kandungan gula yang tinggi

Kemudian ada mitos yang mengungkapkan bahwa pisang memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Ternyata, pisang kaya dengan fruktosa dan vitamin B.

Nutrisi itu merupakan sumber gula alami yang aman bagi siapa saja dan semua orang untuk makan. Jadi benar jika dikatakan pisang memiliki kandungan gula yang tinggi, tetapi itu gula alami yang aman untuk kita konsumsi.

5. Dapat menyebabkan perut buncit dan gemuk

Foto: Ladiestory.id

Mitos yang satu ini pasti yang paling sering kalian dengar. Mitos yang satu ini salah besar. Faktanya jika kamu makan pisang ini tidak akan membuat kamu jadi gemuk atau perut jadi buncit.

Pisang juga boleh dimakan orang saat diet menurunkan berat badan. Pisang mengandung lemak baik yang membuat tubuh tetap sehat dan mencegah kolesterol, sehingga tak usah takut jika ingin mengonsumsi pisang.

Selain itu ada juga manfaat memakan pisang saat malam hari. Jika Anda mengonsumsi pisang saat malam hari, akan membantu mengurangi rasa sakit perut bahkan maag dan juga dapat membantu tidur kita lebih nyenyak, lho.

Jadi bila Anda tidak dalam kondisi pilek atau batuk maka Anda bisa mengonsumsinya setiap waktu bahkan sebelum tidur. Tetapi perlu diketahui untuk tidak memakannya secara berlebihan. Semua yang dimakan secara berlebihan pasti memiliki efek samping yang bisa membahayakan tubuh.

Berita Terkait