5 Hal Seputar Kanker Payudara yang Ternyata Mitos

Jumat, 30 Desember 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Hal Seputar Kanker Payudara Yang Ternyata Mitos

Ilustrasi kanker payudara. (Special)

Ladiestory.id - Kanker payudara umumnya menyerang kaum wanita. Namun, bukan berarti kaum pria aman dari penyakit serius ini.

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kanker payudara. Namun, berbagai informasi yang beredar di masyarakat pun tidak sepenuhnya benar. Maka dari itu, kamu harus cerdas dan jeli dalam menyaring informasi terkait masalah kesehatan dan gejala penyakit kanker payudara. Nah, berikut lima mitos seputar kanker payudara yang perlu kamu ketahui.

Gunakan Bra dengan Kawat

Ilustrasi bra. (Special)

Banyak yang mengatakan jika menggunakan bra dengan bahan kawat dapat menimbulkan risiko terjadinya kanker payudara. Rupanya, informasi ini tidaklah benar, Ladies. Pasalnya, belum ada bukti ilmiah yang menunjukan kebenaran bahwa kawat dalam bra bisa berpotensi menyebabkan seseorang mengalami kanker payudara.

Banyak pula yang meyakini jika kawat yang terdapat dalam bra inilah menjadi penyebab untuk memicu munculnya cairan getah bening dan menyebabkan racun di sekitar area payudara. Justru, bagi sebagian orang menggunakan bra yang berkawat dapat menimbukan ketidaknyamanan yang dapat membuat kondisi payudara mengalami sakit, bengkak, bahkan nyeri. Namun hal ini tidaklah berisiko untuk menyebabkan gejala penyakit kanker payudara.

Faktor Keturunan atau Genetik

Ilustrasi penderita kanker. (Special)

Banyak yang meyakini jika kanker payudara dapat disebabkan oleh adanya faktor keturunan dari keluarga. Namun, ternyata hal ini pun tidaklah benar. Faktanya, hanya lima persen orang yang mengalami kanker payudara diakibatkan oleh faktor genetik atau keturunan.

Walaupun demikian, bukan berarti kanker payudara tidak dapat menyerang orang yang tidak memiliki faktor genetik terhadap risiko penyakit ini. Kamu harus tetap waspada dan berhati-hati serta selalu menjaga kesehatan payudaramu.

Paparan Radiasi Ponsel

Ilustrasi bermain ponsel. (Special)

Radiasi ponsel yang ditimbulkan dari gelombang elektromagnetik dan radio ponsel konon katanya dapat memicu terjadinya penyakit kanker payudara. Rupanya, informasi ini pun bisa dikatakan mitos, lho.

Ada yang mengatakan jika meletakkan ponsel di dekat area dada maka dapat menimbulkan risiko terjadinya kanker payudara. Faktanya, radiasi ponsel tersebut disebabkan oleh radiasi non-ion, sama halnya seperti radiasi cahaya maupun sinar inframerah. Namun, radiasi ini tidak dapat menyebabkan seseorang langsung berpotensi munculnya sel kanker.

Makan dan Minum dari Wadah Plastik

Ilustrasi minum air putih. (Special)

Mengonsumsi makanan dan minuman panas menggunakan bahan plastik dipercaya dapat memicu terjadinya kanker payudara.  Hal ini dikarenakan adanya zat kimia bisphenol (BPA) yang dapat menyebabkan interaksi antara suhu yang panas dengan wadah kemasan plastik. Ternyata, hal ini hanyalah mitos, lho. Mengonsumsi makanan dan minuman dengan wadah plastik tidak menyebabkan risiko besar yang dapat mengganggu kesehatan tubuh, khususnya mengalami kanker payudara.

Muncul Benjolan di Area Payudara

Ilustrasi payudara. (Special)

Ladies, jika muncul benjolan di sekitar area payudara kamu sebaiknya jangan langsung panik dan langsung mengidentifikasi jika dirimu menderita kanker payudara. Pasalnya, tidak semua orang yang mengalami gejala kanker payudara mengalami benjolan di area payudaranya.

Namun, kamu tidak boleh abai begitu saja. Sebaiknya, kamu memeriksakan kesehatan area payudaramu secara rutin untuk mencegah risiko terjadinya kanker payudara sejak dini.