Mudah Dilakukan, Begini 6 Tips Atasi Keringat Berlebih Penyebab Bau Badan

Senin, 17 Juli 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Mudah Dilakukan, Begini 6 Tips Atasi Keringat Berlebih Penyebab Bau Badan

Ilustrasi Keringat Bau Badan. (Special

Ladiestory.id - Menjalankan aktivitas yang sibuk dan padat kerap kali membuat seseorang menjadi berkeringat, keringat berlebih pada tubuh tak hanya dapat disebabkan baik beraktivitas didalam ruangan maupun diluar ruangan.

Munculnya keringat pada tubuh merupakan hal yang alami terjadi karena tubuh mengeluarkan racun melalui keringat bahkan tak jarang keringat yang keluar dalam tubuh memberikan aroma tak sedap, hal ini dikarenakan adanya bakteri dari dalam tubuh yang tercampur dengan keringat sehingga menimbulkan aroma yang tak sedap. Agar tubuhmu tidak menimbulkan aroma yang membuat orang sekitarmu merasa terganggu maka kamu bisa melakukan enam  tips berikut ini, simak yuk!

1. Jaga Kebersihan Tubuh dan Pakaian

Ilustrasi Kebersihan Tubuh dan Pakaian. (Special)

 

Ladies, pastikan kamu selalu memperhatikan kebersihan tubuh dan pakaian yang kamu gunakan setiap harinya. Mandilah dengan bersih dengan sabun pembunuh bakteri dan air mengalir agar kotoran pada kulit dapat terangkat dengan optimal.

Perhatikan pula kebersihan handukmu, sebaiknya gantilah handuk sebanyak tiga kali pemakaian setiap minggunya, hindari menggunakan pakaian berkali-kali pakai apalagi keringat dan kotoran pada tubuh menempel pada kain pakaian.

Pakaian yang kotor dan lembab akan mudah menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur, tak hanya memberikan aroma tak sedap bahkan kulitmu pun bisa menimbulkan beragam penyakit.

2. Keringkan Tubuh dengan Bersih Setelah Mandi

Ilustrasi Menggunakan Handuk Mandi. (Special)

 

Ladies, bagi kamu yang memiliki kebiasaan terburu-buru setelah mandi dan mengabaikan kulitmu menjadi basah dan lembap sebaiknya kebiasaan ini dapat segera kamu hentikan.

Kulit yang basah dan lembap akan mudah memicu terjadinya penyakit kulit. Oleh sebab itu, pastikan kamu telah mengeringkan seluruh tubuhmu menggunakan handuk bersih hingga kering. Perhatikan pula bagian tubuh yang sering berkeringat, hal ini bertujuan untuk mencegah bau keringat tak sedap yang bisa saja muncul sepanjang hari.

3. Menggunakan Pakaian Berbahan Katun

Ilustrasi Pakaian Katun. (Special)

 

Ladies, menggunakan pakaian berbahan katun ternyata mampu menyerap keringat lebih baik, lho. Tak hanya itu pakaian berbahan katun pun nyaman, lembut di kulit serta lebih cepat kering jika dibandingkan dengan bahan sintetis lainnya. Selain lembut di kulit, pakaian berbahan katun pun sangat sejuk digunakan sehingga kulitmu pun bisa tetap bernapas.

Tak hanya pakaian, sebaiknya kamu pun bisa memilih bra berbahan katun agar tidak menimbulkan keringat berlebih yang muncul dibawah payudara dan mencegah kulit dari biang keringat maupun jamur.

4. Gunakan Antipersipant dan Deodoran

Ilustrasi Menggunakan Deodorant. (Special)

 

Menggunakan parfum saja tidak cukup untuk membuat tubuhmu bebas bau keringat, oleh sebab itu selalu gunakan antipersipant dan deodoran diarea tubuh yang mudah berkeringat.

Hal yang perlu kamu perhatikan, bau badan tidak hanya muncul pada ketiak saja, lho. Kamu bisa menggunakan antipersipant diarea belakang lutut, bagian kaki maupun dibagian bawah payudara untuk mengurangi produksi minyak berlebih.

5. Gunakan Deodorant Wipes

Ilustrasi Deodorant Wipes. (Special)

 

Ladies, bagi kamu yang tidak mau ribet membawa antipersipant atau deodorant yang mencolok di tas atau ranselmu, kamu pun bisa membawa deodorant wipes dengan mini size untuk alternatif penghilang bau keringat. Bagi kamu juga yang tidak sempat mandi kamu pun bisa menggunakan deodorant wipes ini, lho. Yup, kamu bisa mengambil deodorant wipes kapanpun disaat kamu sedang membutuhkannya.

6. Gunakan Cuka Apel

Ilustrasi Cuka Apel. (Special)

 

Ladies, beauty hacks yang bisa kamu manfaatkan selanjutnya ialah dengan menggunakan cuka apel. Cuka apel sendiri tak hanya bermanfaat pada kecantikan namun juga bermanfaat bagi tubuh bahkan menghilangkan bau tak sedap akibat keringat. Kamu bisa mengambil sedikit cuka apel dan memulaskannya ke area ketiak sebelum mandi, cuka apel ini dapat bermanfaat untuk menurunkan level pH pada kulit untuk mencegah munculnya bakteri.