Mudah Terangsang Saat Menstruasi? Ini Penjelasan Medisnya!

Senin, 8 Januari 2024 | 17:59:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Mudah Terangsang Saat Menstruasi? Ini Penjelasan Medisnya!

Ilustrasi menstruasi. (Pexels.com/Sora Shimazaki)

Ladiestory.id - Saat dalam masa menstruasi, sering kali wanita merasakan dorongan seks yang begitu kuat. Tingginya dorongan seks yang dirasakan saat menstruasi dipengaruhi oleh libido, alhasil keinginan untuk bercinta dengan pasangan atau masturbasi pun makin kuat.

Sebagai informasi, menstruasi adalah waktu dalam sebulan ketika rahim melepaskan lapisan endometrium yang telah menumpuk selama 28 hari terakhir (bisa lebih atau kurang), yang tidak menciptakan lingkungan yang ideal bagi janin. Periode menstruasi ini ternyata tak hanya menimbulkan perubahan pada hormon perempuan, tapi juga untuk sistem kerja tubuh secara menyeluruh.

Bagaimana pengaruh menstruasi terhadap gairah seks?

Ilustrasi menstruasi dan gairah seks. (Pexels.com/cottonbro studio)

Meskipun ilmu pengetahuan belum menemukan jawaban pasti mengapa wanita merasakan dorongan yang kuat dalam seks, hal ini setidaknya disebabkan oleh hormon. Siklus menstruasi dapat memengaruhi libido karena fluktuasi hormonal.

Melansir dari Refinery Online, seorang dokter spesialis obgyn di Texas, Nicole Bullock,  menjelaskan bahwa selama siklus menstruasi normal, sebagian wanita akan merasakan lonjakan libido dan itu merupakan hal yang lumrah.

Ia juga menambahkan, sebelum ovulasi, seseorang yang sedang menstruasi memiliki tingkat estrogen tertinggi, yang membuat perempuan merasa nyaman.

Di sisi lain, seorang seksolog, Avril Louise Clarke menjelaskan bahwa estrogen berada pada tingkat rendah selama minggu menstruasi, begitu pula progesteron, hormon yang mempersiapkan tubuh untuk kehamilan. Jadi, masuk akal jika libido juga berada pada titik terendah sepanjang bulan selama menstruasi.

Kenapa perempuan menjadi mudah terangsang saat menstruasi?

Ilustrasi menstruasi dan gairah seks. (Pexels.com/Polina Zimmerman)

Meskipun secara teoritis tingkat estrogen dan progesteron rendah berpotensi menyebabkan penurunan gairah seks, banyak orang merasa sangat terangsang selama menstruasi.  Selain itu, tidak seperti saat seseorang mengalami menopause, tidak semua hormon berkurang selama menstruasi. Kamu sebenarnya mengalami sedikit lonjakan testosteron.

Meskipun testosteron secara stereotip dikenal sebagai hormon yang membuat pria ingin berhubungan seks sepanjang waktu, orang yang sedang menstruasi juga memiliki kadar testosteron yang rendah. Jadi sedikit peningkatan testosteron selama menstruasi dapat menyebabkan peningkatan libido bagi sebagian orang.

Bolehkah berhubungan seks saat menstruasi?

 

Ilustrasi menstruasi dan gairah seks. (Pexels.com/Sora Shimazaki)

Melansir dari Healthline, berhubungan seks saat menstruasi diperbolehkan dan sah-sah saja. Kendati demikian, ada beberapa efek samping yang menyertainya. Berhubungan seks saat menstruasi dapat meningkatkan risiko terserang infeksi menular seksual (IMS), misalnya HIV, herpes, sipilis, HPV, gonore (kencing nanah).

Ini karena mikroorganisme penyebab penyakit tersebut biasanya hidup di dalam darah, sehingga mikroorganisme tersebut bisa dengan mudah berpindah dan menyebar melalui kontak dengan darah menstruasi.

Maka itu, alangkah baiknya untuk mengesampingkan sebentar mengenai gairah seksual yang sedang dirasakan saat menstruasi, kemudian coba pertimbangkan dengan seksama beberapa hal penting jika ingin melakukan seks saat menstruasi.