Mulai Bisnis Bareng Sahabat? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini

Rabu, 28 Desember 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Mulai Bisnis Bareng Sahabat? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini

Ilustrasi bercerita ke sahabat. (Special)

Ladiestory.id - Bagi kamu yang ingin memulai bisnis bersama sahabat, tentunya perlu mempersiapkan rencana yang matang. Selain itu, kamu juga harus memikirkannya secara tepat pula, apalagi tujuan berbisnis adalah untuk menghasilkan laba atau keuntungan.

Keuntungan ini pun harus dibagi secara adil dan rata serta menghindari adanya konflik dan kesalahpahaman di antara rekan bisnis. Nah, apabila kamu berniat memulai bisnis bersama sahabat, maka kamu dapat memperhatikan lima hal berikut ini.

Pilih Orang yang Tepat

Ilustrasi bercerita ke sahabat. (Special)

Hal ini dapat menjadi salah satu pertimbangan khusus yang harus kamu pikirkan. Dalam memulai bisnis, memilih rekan yang tepat dapat didibaratkan dengan jodoh agar bisnismu dapat terus langgeng. Sahabat pertemanan dan sahabat dalam dunia bisnis terdengar cukup berbeda.

Ada di antara mereka yang hanya cocok untuk menjadi sahabat dalam mendengarkan dan memberi solusi soal kehidupan, percintaan, maupun teman asyik saat nongkrong. Namun, ada pula sahabat yang bisa diajak menjadi rekan untuk masa depan, seperti membangun bisnis karena memiliki passion yang sama. 

Maka dari itu, pilihlah sahabat yang dapat menyeimbangi kelebihan dan kekuranganmu, khusunya dalam dunia bisnis. Selain itu, sahabat yang bisa kamu ajak untuk berbisnis ini harus memiliki mental yang tangguh, jiwa enterprenurship, jujur, terbuka, dan memiliki komitmen dalam hal bisnis.

Bicarakan dan Rencanakan Tujuan dari Bisnis

Ilustrasi bercerita ke sahabat. (Special)

Ketika hendak memulai bisnis bersama sahabat, tentunya kamu dan sahabat perlu komunikasi serta keterbukaan di dalamnya. Bicarakan apa yang harus direncanakan dan goals yang kamu inginkan dari memulai bisnis ini. 

Tentunya, kamu dan sahabat harus berada dalam satu visi, misi, dan tujuan yang sama. Apabila ada ketidaksamaan, maka kamu bisa mencari solusi dan jalan keluarnya bersama. Jika kamu dan sahabat sudah saling berkomitmen, menentukan rencana, serta tujuan ini dari awal, maka merintis suatu usaha bukanlah suatu halangan.

Jujur dan Terbuka

Ilustrasi bersama sahabat. (Special)

Sama halnya dalam menjalin hubungan persahabatan, menjain hubungan bisnis juga perlu adanya kejujuran dan keterbukaan. Hal itu karena di antara kamu memiliki peran masing-masing di dalamnya. Maka dari itu, dalam menjalankan suatu bisnis ,memanglah bukan perkara yang mudah, perlu persiapan dan komitmen, salah satunya adalah modal usaha.

Mengingat uang adalah hal yang sensitif, maka kamu bisa saling jujur dan terbuka sejak awal memulai bisnis. Jika kamu memiliki modal yang terbatas, maka kamu dapat membicarakan hal ini dengan sahabatmu.

Tentukan Peran Masing-masing

Ilustrasi bersama sahabat. (Special)

Membangun bisnis bersama sahabat tentunya harus dilakukan bersama-sama, jangan sampai salah satu di antara kamu hanya menikmati hasil akhirnya saja. Perlu kerja sama, dukungan, dan kepercayaan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab atas keputusan yang telah diambil sebelumnya.

Dalam membangun bisnis, kamu pun dapat menentukan peran masing-masing. Misalnya, kamu bertanggung jawab untuk memegang promosi dan strategi pemasaran, sedangkan sahabatmu bertanggung jawab untuk menentukan ide produk dan penjualan. Maka, kamu dapat fokus menjalankan peran dan tugas masing-masing demi memperlancar bisnis bersama.

Hindari Urusan Bisnis dan Pribadi

Ilustrasi bersama sahabat. (Special)

Supaya bisnis yang kamu jalankan bersama sahabat dapat terus langgeng dan konsisten, cobalah untuk menghindari mencampurkan urusan bisnis dan masalah pribadi . Dalam menjalankan bisnis, kamu dapat fokus kepada bisnisnmu. Jangan bawa masalah emosional dan percintaan pribadi ke dalam hubungan bisnismu.

Hal ini dapat menimbulkan keretakan dan konflik. Bersikaplah profesional untuk menyeimbangkan antara hubungan bisnis dan masalah pribadi.