Panduan Lengkap Jika Kamu Ingin Melakukan Digital Detox

Kamis, 2 April 2020 | 18:27:21

LS Health

Penulis : LS Health

Panduan Lengkap Jika Kamu Ingin Melakukan Digital Detox

Mengecek berita dan media sosial setiap lima menit, memang membuatmu tahu berita terbaru seputar Covid-19. Akan tetapi di sisi lain, statistik mengenai jumlah korban terinfeksi dan meninggal di berbagai belahan dunia bisa jadi membuatmu semakin panik. Alhasil, kamu semakin pusing, susah tidur, sulit berpikir positif dan terancam mengalami stres. Dan kamu tahu bahwa stres tidak baik untuk kesehatan karena juga bisa mengurangi kekebalan tubuh. Adakah jalan tengah agar kamu tetap tahu apa yang terjadi di luar sana tanpa merasa seperti tercekik? Para ahli kesehatan menyarankan untuk membatasi waktu dan frekuensi membaca berita, serta hanya membaca dari sumber berita yang terpercaya. Cara lain yang bisa kamu lakukan akhir pekan ini: digital detox

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard pada 2017 menemukan bahwa media sosial memberikan efek negatif yang signifikan pada hubungan sosial, kepercayaan diri, kesuksesan akademis, dan kesehatan mental secara keseluruhan. Dan studi ini juga menyimpulkan bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan juga bisa menyebabkan depresi dan kecemasan berlebih. Oleh karena itu, kamu membutuhkan digital detox. Pastinya, tentukan kamu akan melakukan ini dan berapa lama digital detox ini akan berlangsung. Sudah tahu kapan akan melakukan digital detox? Yuk, baca terus untuk mengetahui panduan simpel untuk melakukan digital detox

1. Matikan notifikasi, suara dan vibrasi di ponselmu. Dalam durasi waktu tertentu nonaktifkan segala sesuatu yang membuatmu bisa melirik ponsel dan buru-buru menegceknya. 

2. Saat sedang makan bersama keluarga, letakkan ponselmu di tengah meja. Ini mungkin terdengar aneh, tapi aturan permainannya adalah: siapa pun yang meraih ponsel pertama kali, bertugas mencuci piring atau membersihkan toilet seminggu atau membayar tagihan makan (bila kamu makan di luar). 

3. Aktifkan alat pengatur waktu. Pastikan kamu mengatur durasi digital detox. Atau, jika hal ini kamu lakukan setiap hari (terutama di era pandemik) ini, pastikan kamu mengaktifkan sistem yang membatasi kamu membaca secara digital. Konsistenlah dalam hal ini; milikilah kontrol atau ponselmu. 

4. Jadikan menikmati digital sebagai hadiah. Pertama-tama lakukan hal yang tidak kamu suka, dan setelah menyelesaikannya berikan hadiah kepada dirimu sendiri. Yakni, waktu berselancar di dunia digital. 

5. Gunakan prinsip bagi tiga. Bagi tiga waktu harianmu: 8 jam untuk bekerja, 8 jam untuk tidur, dan 8 jam melakukan hal-hal lain. Selama bekerja, silahkan menggunakan ponsel untuk mengecek hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Lalu, selama 15 menit setelah berhenti bekerja dan melakukan pengecekan terakhir. Kemudian, letakkan ponselmu dan nikmati waktumu dengan melakukan hal-hal lain yang benar-benar membuatmu merasa senang dan rileks. 

Sumber foto utama: Rawpixel.com